Monday, 20 April 2009

Resep puding lapis tape ketan hijau



Bahan :

2 bungkus agar agar putih
250 gr gula pasir (atau sesuai selera)
750 ml santan kental (aku pakai Kara) - revised 6/1/2011
1100 ml air
5 sendok makan pasta pandan (aku pakai merk MOM)
1 cup (250gr) tape ketan hijau tiriskan airnya, bagi 2, satu untuk dasar, satu untuk hiasan
½ sdt garam

Cara membuat :

- Campur agar agar dengan air,santan dan gula pasir, masak dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.
- Ambil 5 sdm agar agar, campurkan dengan 1 bagian tape ketan, taruh di dasar cetakan, tunggu sampai agak beku
- Bagi sisa agar agar menjadi 2 bagian.
- Beri 5 sdm pasta pandan pada 1 bagian
- Setelah pudding hangat, tuangkan pelan pelan agar agar warna hijau dan putih secara berselang seling sampai habis (tunggu sampai lapisan sebelumnya agak beku)
- Hias atasnya dengan sisa tape ketan (tanpa campuran agar agar) dan potongan daun pandan

Untuk 15 cup ukuran sedang
Tips yang perlu diperhatikan kalau memasak dengan menggunakan santan (terutama pudding) adalah **kayak pakar pudding aja aku ngomong ya..qiqiqi..tapi ini based on pengalaman aja kok..** :

- Beli tape ketan yang pas matangnya (kalau beli dalam cup biasanya ada tanggal kadaluarsa, pilih yang tengah tengah, jangan terlalu matang atau mentah)

- Selama memasak jangan ditinggal tinggal dan harus terus diaduk pelan pelan

- Begitu mendidih panci harus langsung diangkat dari kompor dan terus diaduk pelan pelan sampai uap panasnya habis. Mendidihkannya pun tidak perlu sampai terlalu bergolak, cukup sampai keluar gelembung2nya saja supaya santan tidak pecah.

- Kalau sisa agar agar di panci sudah membeku sebelum dipakai, beri sedikit air dan masak lagi dengan api sangat kecil sambil diaduk pelan sampai mencair.

- Kalau menggunakan pasta atau essence, bubuhkan pada saat cairan agar agar sudah tidak panas lagi (tapi belum beku) supaya baunya tidak 'ngabar'

- Jangan menggunakan panci yang terlalu kecil untuk memasak cairan agar agar yang menggunakan santan atau susu, karena begitu mendidih, agar agar cepat sekali naiknya.

- Kalau dapatnya gula pasir yang nggak putih bersih, sebelum dituangkan sebaiknya agar agar disaring dulu, kalau tidak ntar kotorannya mengambang ke permukaan pudding sehingga puddingnya nggak cantik.

7 comments:

cikmanggis said...

wah sungguh enak..tapi saya tak tahu apa itu tape ketan hijau,adakah nama lain selain dari nama itu?saya teringin untuk mencubanya.Terima kasih.

Keluarga Cinta said...

Cik Manggis, tape ketan hijau adalah fermented green glutinous rice. Warna hijau didapat dari daun pandan. Rasanya manis dan sour.

beong said...

mbak...saya copas resep2na ya..sepertina enak...
makasih banyaaaaaaaaaaakkkk

Keluarga Cinta said...

Monggo... :)

Anonymous said...

Salam Mba Hanna, mau nanya.. puding ini tahan berapa hari ya.. kalo bikinnya hari sabtu sore untuk acara minggu malam kira2 masih ok nggak Mba? terimakasih banyak sebelumnya... --ikka--

Keluarga Cinta said...

@ Ikka : maksimal 2 hari, lebih dari itu rasanya sudah beda karena santannya..sabtu sore untuk minggu malam masih OK.

Anonymous said...

Mbak Hanna, santan kara kental itu beneran santan kara yg dikemasan tanpa di tambahin air? Kental banget gitu ya mbak? Terimakasih banyakkk