Friday, 29 May 2009

Eureka !! Eureka !! Cara mengatasi kebocoran pada loyang JCC





Jadi ceritanya, tadi malam aku baking (rencananya) 2 whole Japanese Cheese Cake pesenan teman kantor.


Mulai siap siap jam 8:30 malam, hanya 1 resep dulu, karena sorenya nyari loyang bongkar pasang di Arvian yang diameter 20cm nggak ada. Niat hati gantian aja bakingnya. Acara bungkus loyang untuk au bain marie, perasaan sudah manut sama caranya bu Fatmah, rapet banget. Ternyata waktu sudah jadi, masih ada kebocoran, jadi bawahnya masih ada air yang merembes masuk, cakenya jadi basah, walaupun cuma sedikit. Jadi nggak napsu nglanjutin malam itu. Tenger tenger....masa sih nggak ada cara lain selain membungkus pakai aluminium foil dan masih bocor aja.




Sambil melamun agak agak blue, tiba tiba..'jrrrrenngggg'...satu benda yang sering aku pakai tergambar jelas dipikiranku. Apa itu?? Loyang alumium foil !!! Pertimbanganku, kalau selama ini dibungkus pake kertas alfoil boleh, pasti nggak masalah kalau ditempatkan dibahan yang serupa walaupun beberapa mili lebih tebal. Yang penting loyang bongkar pasangnya nggak kerendam air langsung kan. Akhirnya semangatku bangkit lagi. Aku cari persediaan loyang aluminumku yang paling besar. Ternyata ada 1 loyang alfoil kotak yang sama dengan loyang pastel tutup yang aku bawa waktu acara potluck dan kopdar temen temen NCC Surabaya kapan hari. Aku ukur lebarnya agak kurang lebar dikit dikit...nggak masalah, loyang alfoil kan empuk ya, jadi aku 'benggang' aja dikit. Siapin bahan untuk JCC ke dua, baking au bain marie lagi tapi dengan cara yang beda. Loyang bongpas hanya aku alasi kertas roti saja. Untuk loyang tempat air, bisa aku isi air agak banyakan karena sudah tidak kuatir rembes lagi. Dan...saudara saudara...ternyata berhasil !! Cakenya nggak ada basah basah salahnya lagi. Pfuiihhhhh....leganya. Kenapa kok nggak kepikiran dari dulu dulu ya.




Berhasil dengan cara ini, langsung aku nyiapin bahan untuk buat 1 resep lagi nggantiin yang tadi basah. Cream cheese habis, langsung inget cerita temen temen tentang cream cheese gadungan. Buat ! Dan sukses. Rasanya ternyata lebih mantap yang pakai cream cheese gadungan, lebih gurih dan kerasa kejunya. Baking lagi dengan penuh percaya diri. Hasilnya? Bagus juga...aaaahhhh.........senengnya..



Jadi, buat yang masih bermasalah dengan kebocoran loyang bongpas, terutama waktu bikin JCC, silakan dicoba. Kalau masih ada waktu, beli loyang alfoil yang ukurannya cocok dengan loyang bongpas. Selain aman nggak bocor, bisa ngirit juga, nggak perlu beli kertas alfoil yang hanya sekali pakai itu. Loyang alfoil ini kan bisa dipakai berkali kali.


Hhhmmmmm..........rasanya pengen senyum senyum terus nih...heheh...Thank God It's Friday !!




4 comments:

jengipee said...

weiii ide cerdas, Mbak. aku jadi ada semangat mo bikin JCC, soale dari kemarin, bayangin bungkus2 loyangnya dah ilfil to males hehehe. thanks, sista.

Anonymous said...

Bu,,, Cream cheese gadungan gimana bikinya? udah ada ditulis di blognya ya?

oya, boleh saran ga?
setiap resep yang ditulis, boleh tau harganya sekalian ga?
kalo ga per bahan, mungkin total, jadi bisa juga buat pertimbangan buat yang dagang hehehe

pasti berguna banget buat yang mau dagang tu seperti saya hehe

Keluarga Cinta said...

KEJU KRIM GADUNGAN I

Bahan:
- Keju Cheddar 125 gram, parut
- Whipped cream 125 ml

* KEJU KRIM GADUNGAN II

Bahan:
- Keju Cheddar 150 gram, parut
- Susu cair 100 ml

Cara Membuat:
1. Panaskan whipped cream/susu cair, masukkan keju parut, aduk rata hingga halus, angkat

*Note: Untuk keju krim 250 gram

salam,

Anonymous said...

Salam kenal mba, klu loyang utk adonan pake loyang biasa (bukan loyang bongpas) bisa gak ya mba?.. kira2 airnya rembes gak ke adonan?...
Makasih sbelumnya, by afit.