Monday, 2 January 2012

Home Made Lasagna a la Keluarga Cinta

01lasagna7

Aku suka Lasagna (dibaca : leh-zahn-yah - huruf 'h' tidak ditekan, jadi seperti "lezhaniya").

Sayangnya seleraku tentang Lasagna tidak seperti yang dijual orang. Aku suka Lasagna yang mengandung unsur sedikit manis dan gurih, jadi kalau beli di resto masih harus repot nambahin saus tomat selain saus sambal tentunya.

Karena selama ini nggak nemu yang  cocok dengan lidahku, liburan akhir tahun kemarin aku coba buat sendiri, Lasagna a la Keluarga Cinta. Di kulkas kebetulan masih punya saus Spaghetti, jadi tinggal  bikin saus putih, alias Bechamel Saucenya.

Dan Bechamel Sauce a la aku adalah :

3 sdm margarine/butter
2 sdm terigu
750 cc susu tawar
1 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt merica
1/3 sdt pala  bubuk

Cara membuat :

Lelehkan margarine/butter, masukkan terigu sekaligus sambil diaduk cepat, setelah tidak ada terigu kering, tuangi susu, dan bumbu lainnya aduk terus sampai mengental.


01lasagna1


Nah, yang dibutuhkan untuk membuat Lasagna di loyang 24cm adalah :

750 gr Lasagna Instant (mau direbus dulu atau langsung dipakai bisa saja) *
500 gr Saus Bolognese/saus daging spaghetti
750 cc saus Bechamel/saus putih
150 - 200 gr keju Mozarella parut kasar
150 - 200 gr keju Cheddar parut kasar

Cara membuat  :

Oles loyang yang telah dilapisi dengan aluminium foil dengan margarine. Tata 2 lembar Lasagna Instant *, tuangi saus Bolognese (saus Spaghetti), tutup dengan 2 lembar Lasagna, tuangi saus putih beri parutan keju Cheddar dan keju Mozarella, tutup dengan 2 lembar Lasagna, tuangi dengan saus Bolognese, dan seterusnya sampai  Lasagna dan saus Bolognese habis


             01lasagna2 01lasagna3 01lasagna4

Paling atas tuangi saus putih dan parutan keju.... Banyakin Mozarellanya...

01lasagna5


Oven selama 45-50 menit dengan suhu 180 derajat celcius, lakukan test tusuk dengan tusuk sate kalau perlu, kalau tusuk sate keluar sudah kering, berarti sudah matang.

01lasagna9


Sajikan panas..

01lasagna8


Rasanya ? Tuuuooooopppp, paling tidak menurutku, suamiku dan keluarga suamiku yang main ke rumah waktu akhir tahun kemarin... :D


* Notes :

Kalau pakai Lasagna instant, bisa kering kering langsung dipakai, tapi pastikan semua bagian terendam dengan saus jadi bisa empuk. Kalau tidak yakin, rebus sebentar dengan air mendidih yang diberi margarine/minyak sehingga tidak saling lengket. Kalau sudah terlanjur lengket, rendam dalam air biasa sebentar, lalu pisahkan lembar demi lembar.

No comments: