Wednesday, 22 August 2018

Asinan Nanas

Ini segar....

Hanya nanas matang yang dilumuri dengan garam, lalu cuci bersih dan tiriskan.  Potong potong, campur dengan ulekan garam,  cabe dan sedikit cuka. Aduk rata.  Simpan dalam kulkas sebentar.  Nikmati...

#resepkeluargacinta
#asinannanas

Asinan Nanas

Ini segar....

Hanya nanas matang yang dilumuri dengan garam, lalu cuci bersih dan tiriskan.  Potong potong, campur dengan ulekan garam,  cabe dan sedikit cuka. Aduk rata.  Simpan dalam kulkas sebentar.  Nikmati...

#resepkeluargacinta
#asinannanas

Ayam Barbeque

AYAM BBQ ala Lily Chan
=====================
Resep by 'Lily Chan's kitchen
Recooked by Hanna @resepkeluargacinta

Sejak lihat sharing resep Ayam BBQ cik @lilychans.kitchen aku sudah menduga pasti rasanya enak banget dan tambah jatuh cinta karena simple sekali cara masaknya. 

Dan, malam ini aku masak,  hasilnya bener bener memuaskan,  cocok dengan selera keluargaku.  Ayamnya manis,  gurih,  sedikit pedas dan smokey. Kalau di resep,  ayam di marinate minimal 1 jam,  tapi kalau aku tadi marinatenya hampir 12 jam. Pagi di marinate,  masuk kulkas,  malam sepulang kerja baru aku masak. Dan aku memasaknya hanya secukupnya untuk 1 kali makan biar fresh.

Bisa dinikmati dengan sayur dan kentang atau dengan nasi putih saja.

Untuk bumbu bumbunya,  perbandingannya 1:1:1.

Cik Lily, ijin share ya dan terimakasih untuk resepnya yang yummy 😋

Ini resepnya cik Lily,  aku modify hanya di jumlahnya saja. Untuk caranya,  aku copas persis resep Cik Lily.

Bahan :

750gr paha ayam fillet , potong2 sesuai selera. Aku potong agak besar, sekitar 4x4cm.  Kulitnya juga aku masukkan.
6 sdm kecap manis
6 sdm saus tiram
6 sdm saus tomat
saus sambal botolan (kalau mau pedas)
1 sdm gula pasir
sedikit garam kalau mau agak asin,  tapi aku tadi nggak pakai
200 ml air

Cara :
- Campur semua saus dan ayam , aduk rata , diamkan minimal 1 jam dalam lemari es. Keluarkan menjelang dimasak hingga ke suhu ruang.
- Panaskan wajan teflon , masukkan ayam , aduk2 hingga berubah warna lalu masukkan air dan gula, masak hingga air hampir menyusut seperti syrup (kental) , tuang saus yang seperti syrup tadi ke dalam mangkuk kecil. Lalu lanjutkan memasak ayam hingga timbul tanda bakaran. Matikan api lalu siram sisa saus yang tadi disisihkan. Sajikan.

#recook
#resepkeluargacinta
#chickenbarbeque

Cumi Saus Padang

Cumi Saus Padang

Resepnya Hanna @hannakeluargacinta232

Tadi pagi waktu ke pasar sebenarnya aku pengen beli cumi hitam kesukaan kami sekeluarga tapi ternyata sudah kehabisan.

Waktu mau pulang, melewati penjual frozen seafood dan kok ya ndilalah ditawari cumi frozen. Cuminya sudah putih bersih dan ada keratan di satu sisinya.  Sampai rumah mikir mikir mau dibumbui apa... Kalau digoreng tepung,  aku kuatir alot.  Akhirnya masuk kulkas dulu.  Sore baru dapat ide, dimasak saus padang saja dan inilah hasilnya.

Bahan :
500 gr cumi,  bersihkan selaput hitamnya lalu potong potong sesuai selera. Aku pakai yang sudah siap pakai.
4 sdm saus tiram
4 sdm saus tomat
2 sdt munjung pasta sambal Korea (gochujang) atau saus sambal biasa, sesuai selera pedas masing masing
1 bawang bombay kecil iris kotak kotak
4 bawang putih cincang
Sedikit air (kurleb 100 cc lah)
Sejumput garam/kaldu bubuk
Sejumput merica
1 cm jahe geprak
2 lembar daun jeruk purut,  sobek sobek
3 cabe hijau besar,  iris tipis dan serong
1 - 2 sdm gula pasir
1 jeruk nipis ambil airnya
Sejumput garam (lagi)

Cara membuat :
Remas remas cumi dengan garam dan air jeruk nipis.  Sisihkan
Tumis bawang bombay,  bawang putih, jahe dan daun jeruk sampai wangi
Masukkan cumi,  tumis sebentar
Masukkan semua bumbu dan air
Cicipi rasanya, kalau sudah enak,  masukkan cabe hijau dan angkat.
Memasak cuminya jangan lebih dari 5 menit supaya tidak alot.
Sajikan panas panas...

**Kalau mau sausnya banyak,  buat 2 kali resep saus ya..

#resepkeluargacinta
#cumisauspadang

Daging Masak Paprika

Daging Masak Paprika

Resepnya Hanna @hannakeluargacinta232

Resep ini pernah aku tulis di blogku :
http://resepkeluargacinta.blogspot.co.id/2011/05/daging-masak-paprika-la-keluarga-cinta.html?m=1

Hari ini,  aku masak lagi,  tetap merefer ke resep di blog tapi lebih aku tambahkan parutan nanas dan tanpa minyak wijen.  Gampang banget, anak kost juga bisa masak di kostnya nih,  karena bahan dan alat yang dipakai nggak macem macem 😉😉. Parutan nanas,  selain membuat daging lebih empuk juga lebih lezat. Ingat ya,  jangan terlalu lama merendam daging dengan nanas,  cukup 10 menit saja. Kalau kelamaan jadi hancur.

Ini aku tulis resep yang aku pakai hari ini ya :

Ini resepnya :

500 gr daging has dalam, dalam keadaan setengah beku iris tipis melintang serat
1 bawang bombay besar rajang kasar
4 sdm saus teriyaki (merk Saori)
4 sdm saus tiram (merk Saori juga)
1 sdm gula pasir
1 cm jahe, kupas, parut dengan parutan keju
1 sdt vetsin
1 sdm minyak goreng biasa 
1 sdt merica hitam bubuk
2 paprika hijau , potong potong sesuai selera
1/4 nanas besar,  parut dengan parutan keju
1/2 gelas air
minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Campur daging yang sudah diiris tipis dengan  jahe, saus teriyaki, saus tiram, gula pasir, vetsin, merica dan minyak goreng. Simpan dalam kulkas selama 2 - 3 jam. Aku,  seperti biasa, marinate pagi,  masaknya pulang kerja. 😄 10 menit sebelum dimasak,  masukkan parutan nanas lalu aduk rata.

Tumis bawang bombay sampai agak layu dan harum, sisihkan.
Panaskan sisa minyak. Masukkan daging , tumis sampai matang dan mengeluarkan juice
Tambahkan 1/2 gelas air, masak lagi sampai matang dan air tinggal sedikit.
Masukkan bawang bombay dan paprika, masak sampai tingkat kematangan paprika yang dimaui. Sajikan.

Salad :

Bahan :
1 wortel (import) kupas, potong korek api
1/4 whole kubis, iris tipis
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt cuka masak
Mayonese secukupnya, beri saus tomat dan saus sambal.

Cara membuat salad :

Campur wortel dan kubis dalam wadah, beri 1/2 sdt garam, remas remas sebentar, cuci bersih, tiriskan
Beri gula pasir dan cuka masak, aduk rata, simpan dalam kulkas sampai waktu disajikan.

#resepkeluargacinta
#dagingmasakpaprika

Oseng Kentang Daging

Oseng Kentang Daging

Resepnya @yunitaanwar
Recook by  @hannakeluargacinta232

Tadi sore aku cari ide masak buat makan malam di IG.  Nemu resep ini di IGnya @linagui.kitchen...dari fotonya kelihatannya enak banget. Dan beliau share resep asli dari buku resep Yunita,  yang sampai sekarang belum sempat aku beli bukunya karena terakhir aku ke toko buku belum tersedia.

Check bahan dan aku punya persediaan 500 gr daging giling di freezer,  yang kalau sudah di thawing tidak boleh dimasukkan freezer lagi,  jadi aku masak saja semuanya. Bawang merahnya aku ganti dengan bawang bombay dan aku tambahkan sedikit air dan saus tiram. Masaknya nggak lama dan yang pasti : Enak! 😋😋😋

*Bahan :*

500 gr daging sapi giling
2 kentang besar
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
2 sdm saus tiram
1 sdm gula pasir
1 sdt merica
1/2 sdt garam/kaldu bubuk (adjustable)
1/2 gelas air
1 bawang bombay besar, rajang kasar
4 bawang putih cincang
Minyak untuk menggoreng kentang dan menumis

*Cara membuat :*

Kupas,  potong potong lalu goreng kentang sampai kekuningan dan matang,  sisihkan

Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Bubuhi merica 

Masukkan daging, aduk aduk sampai berubah warna dan mengeluarkan juice

Masukkan bumbu lainnya dan air. Masak sampai mendidih dan matang. Cicipi rasanya.

Terakhir masukkan kentang, aduk sampai air tinggal sedikit

Sajikan dengan nasi hangat.

#buat aku,  air untuk memastikan bumbu tercampur rata dan daging benar benar matang

#resepkeluargacinta
#daginggiling

Menghilangkan Rasa Pahit Pare

*Menghilangkan Pahit Pare*

Ada orang yang suka pare dan kuat menikmati rasa pahitnya.  Ada orang yang suka pare tapi hanya mau rasa pahitnya tipis tipis saja. Ada juga yang suka pare kalau nggak ada rasa pahitnya sama sekali. Semuanya normal normal saja.

Aku termasuk golongan ke 2, suka pare dengan kadar kepahitan yang rendah..😊

Idealnya memilih pare adalah yang muda, warna hijau cerah (bukan hijau tua banget) , dan yang benjolan kulitnya besar besar. Kalau tidak ada pilihan, ada tips menghilangkan, atau at least, mengurangi rasa pahit pare. Yaitu,  setelah pare dibuang bagian tengah yang seperti kapas, aku biasanya pakai sendok yang ujungnya tipis,  dirajang,  lalu diremas remas dengan garam dan gula pasir. Iya,  gula pasir !  Remas remas sampai keluar airnya banyak,  lalu bilas sampai bersih dan peras sisa airnya, lalu masak sesuai selera.  Takarannya,  untuk 3 pare ukuran agak besar,  dibutuhkan 1 sdm garam dan 2-3 sdm gula pasir kasar.

Dan aku paling suka makan pare dengan bumbu minimalis.  Hanya bawang putih cincang dan merica ditumis,  lalu masukkan parenya.  Beri sedikit air dan kaldu bubuk, lalu masak sampai air habis. Jangan lama lama biar pare tetap crunchy. Udah gitu aja...

#resepkeluargacinta
#menghilangkanpahitpare
#pare

Udang Goreng Saus

Udang Goreng Saus

Ini menu asal cemplung tadi pagi. Niatnya masakin anak wedok yang sedang libur.  Tapi ternyata waktu bangun tidur dia mintanya makan sama nugget...karena sedang suka banget sama nugget Godstar Ya udah,  jadi menu orang tuanya.. 😚😚😚

Bahan :

500 gr udang besar,  belah punggungnya
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis pedas Bango
1 sdm saus Inggris
1/2 sdt kaldu bubuk (adjustable)
Seujung sendok teh merica bubuk
Minyak untuk menggoreng
4 bawang putih cincang
1/2 butir bawang bombay rajang kasar

Cara :

Goreng udang sampai matang,  angkat
Sisakan minyak di wajan kira kira 5 sendok makan
Tumis bawang putih, bawang bombay dan merica sampai harum
Masukkan saus, kaldu bubuk dan kecap
Masukkan udang,  aduk aduk sampai bumbu meresap. Angkat.

#kalau mau berkuah,  tambah 1/3 gelas air dan masak sampai agak kental.

#resepkeluargacinta
#udanggoreng

Sambal Goreng Semarangan

Sambal Goreng Semarangan

Orang Semarang pasti familiar dengan menu ini.  Karena di Semarang sambal goreng ini adalah pelengkap menu lontong opor, baik rumahan maupun restaurant/warung. Bahkan ada rumah makan terkenal di Semarang yang lontong opornya hanya berisi suwiran ayam, kuah opor dan sambal goreng ini, dengan telur, hati,  ampela ayam. Tanpa lodeh terong atau rebung..dan laris...

Berbeda dengan sambal goreng Jawa Timur yang bumbunya diulek,  sambel goreng ini semuanya hanya dirajang.

Kapan hari waktu telpon Mami,  menanyakan resepnya,  beliau kasih tapi diajarin hanya bahan dan caranya saja,  takarannya suruh kira kira sendiri, karena Mami biasanya masaknya banyak sedangkan aku hanya mau masak untuk 3 orang.  Baiklah... 😁

Lebaran kali ini,  aku sengaja bikin karena Cinta tidak suka sambal goreng kentang hati dan telur petis tapi ingin lontongnya berkuah pedas, dan setelah matang, puji Tuhan dia suka. Rasanya manis dan gurih,  khas masakan Semarang.

Bahan :

1 ons cabe merah besar, buang bijinya,  rajang tipis menyerong.  Bisa lebih banyak kalau mau. (Punyaku kurang tipis karena nggak telaten😄)

1 ons udang kupas

10 bawang merah rajang tipis

5 bawang putih rajang tipis

1 cm lengkuas, geprak

2 lembar daun salam

2 sdm gula merah

2 gelas air

75 cc santan siap pakai

1 sdt kaldu bubuk/garam

Cara membuat:

Kukus cabe merah yang telah dirajang selama 10-15 menit

Tumis bawang merah,  bawang putih,  lengkuas,  daun salam

Masukkan cabe tumis sampai cabe menjadi merah tua

Masukkan udang,  tumis sampai berubah warna

Masukkan telur,  aduk aduk

Tambahkan air,biarkan mendidih

Masukkan gula dan kaldu bubuk/garam . Masak sampai meresap dan telur kecoklatan

Terakhir masukkan santan,  masak selama 10 menit dengan api kecil

Notes:
*mengukus cabe membuat warnanya makin cantik
*jangan ganti gula merah dengan gula pasir, karena kita butuh warna kecoklatannya
*kalau mau kuahnya berlimpah, tambahkan air dan bumbu bumbu lainnya.
*bisa menggunakan telur puyuh/ hati sapi/hati dan ampela ayam,  tapi harus direbus terpisah sampai empuk, lalu potong potong. Masukkan setelah cabe ditumis

#resepkeluargacinta
#sambalgorengsemarangan
#lebaran2018

Koloke a.k.a Ayam Asam Manis

Koloke / Ayam Asam Manis

Jujur, aku jarang sekali pesan menu koloke kalau sedang makan di luar, kecuali di Chinese resto yang memang terkenal enak. Karena biasanya potongan ayamnya kecil, diberi tepung tebal, jadinya keras dan sausnya bening transparant, kadang warnanya pink karena pakai saus yang "itu", kentalnya juga kurang Ok karena penggunaan tepung kanji dan rasanya cenderung flat. Jadi,  aku prefer bikin Koloke sendiri, bisa customize.

Kali ini aku share resep Kolokeku.  Gunakan tepung maizena atau tapioka ya,  bukan terigu.

Bahan :

500 gr paha ayam fillet,  potong kotak @3 cm (termasuk kulitnya)
1/2 butir jeruk nipis,  ambil airnya
1 sdt peres kaldu bubuk
1/3 sdt merica bubuk
1 butir putih telur kocok lepas
5-6 sdm tepung maizena
Minyak untuk menggoreng

Bahan saus:

2 butir bawang putih cincang
1/2 butir bawang bombay rajang kotak besar
1/2 butir nanas potong potong
1/2 butir paprika potong kotak besar
5-6 sdm saus tomat
2 sdm gula pasir
1 sdt peres kaldu bubuk
1 - 2 sdt cuka
Sedikit minyak untuk menumis
1 gelas air

Cara membuat :

Bumbui ayam dengan jeruk nipis (supaya tidak amis),  merica dan kaldu bubuk.  Aduk rata,  simpan di kulkas minimal 1 jam

Buat sausnya dengan menumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.  Masukkan saus tomat air dan bumbu bumbu lainnya.  Biarkan sampai mendidih dan mengental. Koreksi rasa.  Masukkan paprika dan nanas,  aduk aduk sebentar.  Matikan api.

Saat mau menggoreng ayam,  masukkan putih telur ke dalam mangkuk ayam,   aduk rata,  lalu masukkan maizena dan aduk lagi.

Goreng satu satu dengan minyak panas dan api kecil sampai matang dan kecoklatan. Tiriskan.

Panaskan lagi sausnya sampai mendidih,  lalu masukkan ayam dan aduk sebentar saja, sampai seluruh permukaan ayam terselimuti saus.  Sajikan segera.

*Koloke paling enak dimakan langsung sampai habis karena kalau disimpan, gorengan ayam menjadi tidak renyah lagi. Bahasa Jawanya "njebeber"😁
*Saus dimasak dulu supaya gorengan ayam tidak menunggu terlalu lama sehingga resikonya jadi melempem
*Kalau mau sausnya pedas,  tambahkan saus sambal.
*Ayam bisa diganti dengan udang atau jamur tiram.

#resepkeluargacinta
#koloke
#ayamasammanis

Soto Ayam Bening

Soto Ayam Bening

Ini menu masakanku kemarin. Soto ayam yang sederhana banget bumbunya, tapi gurih dan enak. Awalnya aku kuatir suami dan anakku nggak mau, karena mereka terbiasa dengan soto a la Surabaya atau Lamongan yang banyak bumbunya. Tapi ternyata suka malah bilang enak dan segar.

Resepnya hasil ngintip IG mbak @bunda_didi dan aku hanya sesuaikan jumlahnya saja.

Soto Ayam Bening
Resep : Diah Didi
Recook : Hanna @keluargacinta

Bahan :

Aku : +/- 750 gram ayam
800 ml kaldu ayam bening dari 1 ekor ayam pejantan.  (aku pakai kaldu ayam bubuk)
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk (aku 1 sdm kaldu bubuk)
garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan kecap manis (aku nggak pakai)

Bumbu halus :
3 butir bawang merah (aku 6)
2 siung bawang putih (aku 4)
1/4 sendok teh merica butiran (aku 1/2)
2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.

Cara membuat :

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Susun bahan2 pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto.

Aku : tumis bumbu halus, daun jeruk,daun sereh, lengkuas, kunyit hingga harum, masukkan ayam, aduk sebentar. Tambahkan air +/- 3 liter, kaldu bubuk dan garam, rebus sampai empuk dan meresap. Angkat ayam, lalu goreng. Kuahnya diberi potongan daun bawang. Sajikan dengan soun,rebusan taoge, cabe rawit, seledri, jeruk nipis dan bawang goreng.

#sotoayambening
#resepkeluargacinta

Pindang Ikan Patin a la Palembang

Pindang Patin (a la) Palembang
by @hannakeluargacinta232 😊

Pindang ikan patin ini seger banget.. Gurih,  asem, pedas dan manis tipis. Tambahan nenas dan daun kemangi membuatnya makin sedap...

Resep ini pas untuk 2 kg ikan,  kalau mau membuat kurang dari 2 kg,  dikurangi saja bumbu bumbunya. Untuk gula dan garam,  masukkan sedikit sedikit saja dan sesuaikan dengan selera masing masing.

Bahan :

2 kg Ikan Patin
1 buah Nanas, potong potong
2 Tomat ukuran besar,  potong potong
2 ikat Daun Kemangi, ambil daunnya saja
Cabe rawit utuh
2 belimbing wuluh besar,  potong potong
2 Jeruk nipis
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas,  memarkan
2 batang sereh,  memarkan
4 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
3 lembar daun salam
2 sdt Garam (adjustable)
2 sdm gula pasir (adjustable)
Gula pasir
Minyak untuk menumis
2 lt air

Haluskan:
15 butir bawang merah
8 butir bawang putih
Cabe merah besar
Cabe rawit
1 sdt terasi
2 cm kunir/kunyit

Cara membuat:

Cuci bersih ikan patin,  potong potong,  lumuri dengan air jeruk nipis,  biarkan 15 menit

Tumis bumbu halus, daun salam,  daun jeruk,  sereh,  lengkuas dan jahe dengan api kecil sampai matang

Masukkan air,  biarkan sampai mendidih.

Masukkan garam dan gula

Masukkan ikan, belimbing wuluh dan cabe rawit utuh. Masak sampai bumbu meresap, sesekali diaduk pelan.

Masukkan tomat,  nenas, biarkan mendidih dan agak layu, terakhir tambahkan daun kemangi, dan matikan api segera. 

Sajikan. 

#resepkeluargacinta
#pindangikanpatin
#pindangikanpatinpalembang

Oseng Oseng Kikil Lombok Ijo

Oseng Oseng Kikil Lombok Ijo
@hannakeluargacinta232

Di Surabaya, khususnya di pasar tradisional, mudah sekali untuk menemukan kaki sapi. Biasanya dipakai untuk sop kikil atau masakan padang. Kadang dijual dan diletakkan di meja bakulnya masih dalam bentuk utuh sekuku kukunya dan bikin rada geli geli gimana gitu 😁

Kalau di pasar langgananku, biasanya sudah dipotong potong dan dijual per 500 gram. Nah tadi pagi aku beli dan aku masak oseng oseng pedas dicampur tahu dan pete. Enak bangettt...

Bahan :

500 gr kikil (kaki sapi) bersihkan
4 potong sedang tahu, potong kecil kecil, goreng kering
12 bawang merah rajang tipis
6 bawang putih rajang tipis
6 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
1 cm lengkuas, geprak
5 sdm kecap manis (adjustable)
Petai
Cambah ale secukupnya
Cabe merah potong potong
Cabe hijau potong potong
Cabe rawit potong potong
2 gelas air
1 sdt kaldu bubuk/garam
1 sdm gula pasir

Cara membuat :

Cuci bersih kikil, kerik dan buang lendir dan sisa bulu, lalu potong potong, rebus dengan air secukupnya selama 10 menit

Tiriskan kikil, cuci lalu rebus lagi dengan 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam dan sedikit garam sampai empuk. Angkat dan tiriskan. Kalau masih bau prengus, ulangi sekali lagi.

Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai wangi

Masukkan kikil, kecap dan air, masak sampai mendidih

Masukkan tahu goreng, kaldu bubuk/garam dan gula pasir.Masak sampai meresap dan air tinggal sedikit, koreksi rasa lalu masukkan cabe, petai dan cambah ale.

Didihkan lagi sambil dioseng oseng sebentar sampai air hampir habis (nyemek nyemek).

*Kalau suka (dan punya), beri potongan belimbing wuluh biar tambah sedap.
*kikil bisa diganti dengan cingur atau lidah sapi

#resepkeluargacinta
#kikilsapi
#osengosengkikil

Ikan Masak Taoco

Ikan Masak Taoco

Mamiku menyebutnya Ikan Coan Coan. Ada yang menyebutnya Ikan Ceng Coan. Aku rasa sama saja,  tapi lebih mudah aku menyebutnya Ikan Masak Taoco.  Masakan Cina peranakan yang sangat kaya rasa.  Ikannya bisa pakai tengiri, cukil (a.k.a kakap putih) , kakap merah atau ikan apa saja, tapi sebaiknya yang berdaging tebal dan tidak terlalu banyak durinya 😊

*Ikan Masak Taoco*
Resepnya @hannakeluargacinta232

Bahan :

2 ekor cukil/kakap putih (kurleb 1,4 kg) , bersihkan,  potong sesuai selera
7 bawang putih ukuran besar,  geprak dan cincang
1 bawang bombay ukuran sedang,  rajang kasar
1 ruas jempol jahe, kupas, geprak
1 sdm munjung taoco (aku pakai yang salted)
3 sdm saus tiram
5 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam (adjustable)
1 sdm gula pasir (adjustable)
Cabe besar iris serong
Cabe rawit biarkan utuh
2 tomat ukuran besar potong potong
6 gelas air
2 jeruk nipis ambil airnya
Sedikit garam untuk melumuri ikan
Minyak goreng

Cara membuat :

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan 15 - 20 menit. Lalu goreng sampai matang dan kering

Tumis jahe,  bawang putih,  bawang bombay dan merica sampai wangi

Masukkan kecap manis,  taoco,  saus tiram,  tumis sebentar lalu tuangkan air

Biarkan sampai mendidih.  Masukkan garam,  gula, cabe dan ikan, masak sampai meresap dan mengental dengan api agak besar.  Terakhir masukkan tomat dan segera angkat.

*Jangan terlalu lama memasak karena ikan mudah hancur.

#resepkeluargacinta
#ikancengcoan
#ikancoancoan
#ikanmakantaoco

Sup Ayam Bakso

Sup Ayam Bakso
Resepnya @hannakeluargacinta232

Di rumahku,  sup ayam bakso ini favorite.  Segar, gurih dan ringan.  Kami kurang suka sup yang bumbunya ditumis karena ada minyak yang mengambang dan rasanya kurang segar. Ini selera masing masing ya..

Kalau supku ini hanya menggunakan bawang putih utuh yang dikeprek,  direbus agak lama sampai bau bawangnya wangi baru bahan bahan lain dimasukkan. Sayurnya hanya wortel dan sawi putih,  tanpa kubis (karena gassy) atau buncis (karena gampang nyunyut) . Bisa juga ditambahkan sosis kaleng kalau suka dan punya.

Bahan :
500 gram paha ayam fillet, potong sesuai selera
1 bungkus bakso sapi,  potong sesuai selera (aku pakai Bernardi)
2,5 - 3 liter air
7 siung besar bawang putih, kupas,  keprek (tidak perlu dicincang)
1 sdm kaldu ayam bubuk
1/3 sdt merica
1/3 sdt pala bubuk
Garam sesuai selera
Wortel potong potong
Sawi putih,  potong potong
Daun seledri sesuai selera

Cara membuat :

Rebus air sampai mendidih,  lalu masukkan bawang putih.  Rebus sampai bau bawang tercium wangi. Air akan berkurang lumayan banyak,  tambah lagi kalau perlu.
Masukkan ayam, rebus sampai empuk dengan api kecil.
Masukkan bumbu bumbu dan bakso. Rebus lagi sampai mendidih.
Masukkan wortel, tunggu sampai empuk.
Terakhir, besarkan api,  masukkan sawi putih dan seledri.  Tunggu sampai mendidih lagi dan matikan api. Jangan terlalu lama memasak kalau sawinya sudah dimasukkan supaya tidak terlalu lembek.  Setelah api mati proses pematangan masih berjalan.
Bisa juga ditambah potongan tomat kalau mau. Sajikan dengan sambal kecap atau sambal apa saja sesuai keinginan.

#resepkeluargacinta
#supayambakso

Tuesday, 1 May 2018

Cake Tape a la Just Try and Taste


Cake tape,  salah satu cake kesukaanku.  #ternyata banyak bener cake yang aku suka ya 😂

Cakenya wangi,  lembut dan enak. Sebenarnya aku sudah punya resep cake andalan tapi kali ini aku mau resep yang beda. Seperti biasa,  browsing resep via google dan salah satu top result adalah cake tape resepnya mbak Endang JTT.  Mbak Endang adalah salah satu blogger favoritku karena tulisan beliau tidak melulu resep. Banyak ilmu dan cerita seru yang ditulis di sana.  Buat aku yang suka membaca (bahkan cuilan koran pembungkus cabe kalau beli di pasar aja aku baca 😂), blog beliau sangat menarik. Apalagi sekarang mbak Endang juga aktif di FB dan IG,  tambah suka..apalagi beliau selalu menyertakan syep by stepnya.  Memuaskan mata dan batin.

Back to cake tape, aku agak kesulitan mencari tape yang bagus.  Di pasar kecil dekat rumah yang ada tape kecil kecil dan lembek.  Di Superindo tapenya bagus,  keset dan manis tapi harganya lumayan,  IDR 35,000 per 500 gram.  Untuk gambaran (kali aja posting ini baru dibaca 5 tahun kedepan 😁), saat ini USD 1 sama dengan IDR 13,700an. Dan tidak ada pilihan lain,  aku beli di Superindo. Gulanya aku pakai gula pasir halus (bukan gula bubuk) yang sekilo sekitar IDR 45,000. Butternya aku pakai Wysmann yang saat ini sekilo sekitar IDR 250,000 dan bikin baker mewek.. Memang pakainya nggak banyak tapi kalau kita beli bahan kan juga nggak bisa eceran. Jadi kalau mau dijual,  tau sendiri kan, jangan kaget kalau nggak bisa murah walaupun "sekedar" cake tape.  Eh, kok malah curhat... wkwkw.. Ya udah yuk,  lihat resepnya

Cake Tape
Resep by Endang Just Try and Taste
Rebaked by Hanna@resepkeluargacinta

http://www.justtryandtaste.com/2015/07/resep-cake-tape-belanda.html?m=1

"Bahan I:

- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein sedang
- 2 sendok teh baking powder double acting *)
- 50 gram susu bubuk full cream merk apapun
- 1/4 sendok teh garam

Bahan II:

- 340 gram mentega (bisa di mix dengan margarine dengan perbandingan 1 : 1)
- 2 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanilli essens atau vanili bubuk 
- 250 gram tape singkong + 3 sendok makan susu kental manis
- 300 gram gula pasir
- 6 butir telur suhu ruang
- 2 butir kuning telur (optional)
- 100 gram keju cheddar parut (optional)

*) Baca info baking powder double acting di Mengenal Baking Powder, Baking Soda dan lainnya.   

Cara membuat:
Siapkan loyang bundt (lubang di tengah), olesi dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu. Balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Sisihkan.

Siapkan oven, set disuhu 170'C, gunakan api atas dan bawah jika anda menggunakan oven listrik. Gunakan api bawah saja jika menggunakan oven gas. Karena oven saya pendek maka saya meletakkan rak pemanggang di bagian paling bawah, dan saya alasi rak dengan sehelai loyang tipis untuk memanggang kue kering. Tujuannya agar bagian dasar cake tidak mudah gosong dan membuat panas oven lebih stabil. 

Siapkan mangkuk, masukkan tape singkong yang telah dibuang serat-seratnya, hancurkan dengan sendok hingga lumat. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan I, aduk rata. Sisihkan.  

Siapkan  mangkuk mikser, masukkan mentega dan vanilla ekstrak, kocok dengan kecepatan sedang hingga kembang dan warnanya berubah pucat. Tambahkan tape singkong, mikser hingga mengembang dan tercampur baik.

Masukkan gula pasir, kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur baik. 

Masukkan sebutir telur, mikser dengan kecepatan sedang hingga tercampur dengan baik dan adonan menjadi pekat (tidak ada cairan/basah), tambahkan telur berikutnya dan kocok dengan baik. Lakukan hingga semua telur dan kuning telur habis.

Note: mengocok telur dengan adonan mentega merupakan bagian yang paling krusial, untuk mencegah mentega pecah karena terlalu banyak cairan maka masukkan telur satu persatu dan pastikan telur dikocok dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya. 

Jika adonan sudah tercampur baik dan pekat, tuangkan tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan. Masukkan tepung dan keju parut secara berselang-seling, bergantian dalam 3 tahapan.

Aduk perlahan dengan teknik aduk balik, hanya hingga adonan tercampur baik saja. Jangan berlebihan mengaduk, segera hentikan jika adonan sudah tecampur dengan baik. Over mixing ketika tepung telah dimasukkan akan membuat cake menjadi bantat.

Adonan yang terbentuk pekat dan kental. Tuangkan adonan ke loyang. 

Ratakan permukaan adonan dengan spatula hinggasmooth. Panggang selama 45 menit atau hingga permukaan cake tampak kecoklatan dan ketika lidi  ditusukkan ke tengah cake maka tidak ada adonan yang menempel. 

Keluarkan cake dari oven, diamkan selama 10 menit di loyang agar uap panasnya hilang. Balikkan cake di permukaan rak kawat. Diamkan hingga benar-benar dingin. Cake harus dalam kondisi dingin ketika dipotong agar tidak beremah. Siap disantap. Yummy!"

Hooh,  asli yummy,  apalagi pada hari kedua dan ketiga(kalau masih ada). 

Cornflakes cookies

Waktu kapan hari menghadap boss,  di meja beliau ada kukis kecil kecil dengan bentuk yang tidak mulus.  Mirip kue sagu keju tapi ada serpihan kasar yang aku nggak tau apa. Ketika dicicipin oleh beliau,  dan diberitahu kalau itu pakai cornflakes aku langsung jatuh cinta dan browsing resepnya sana sini pakai google.  Lalu dapat resep dari blog Moengilcake ini,  aku tertarik karena simpel.

Waktu Cinta libur,  aku ajak bikin.  Dia excited sekali dan mau melakukan semua sendiri, nggak mau dibantuin kecuali ketika mencetak adonan.  Awalnya semangat membulatkan adonan, tapi setelah setengah jalan,  dia mulai bosen dan diserahkan ke Maminya... 😊

Aku bikin sekaligus 2 resep,  niat mau ditinggal separoh di rumah,  separoh bawa ke kantor buat camilan.  Hasilnya enak,  nggak terlalu manis dan renyah.  Gunakan api kecil waktu memanggang ya.  Dan membulatkan adonannya jangan terlalu besar supaya matang sempurna. 

Oiya,  karena malas mengeluarkan oven,  aku hanya pakai whisker. Hasilnya kukis tidak mleber. Begitu matang dan agak hangat,  Cinta cemilin terus dan terus.  Nggak bisa berhenti,  katanya 😘

Aku share resep yang aku ambil dari :
http://moengilcake.blogspot.co.id/2012/07/crunchy-cornflakes-cookies.html?m=1

Cornflakes cookies
Resep by Moengilcake
Rebaked by Hanna @resepkeluargacinta

Bahan  

100 gr margarin
25 gr mentega
50 gram gula halus
1 kuning telur
1 sdm tepung custard (bisa diganti maizena atau susu bubuk)
180 gr tepung terigu protein sedang (misal: segitiga biru)
50 gram cornflakes

Cara membuat 

Campur terigu dan tepung custard. Lalu ayak.Kocok margarin, mentega, dan gula halus sampai tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama karena adonan akan melebar saat dipanggang.

Masukkan kuning telur, aduk rata

Masukkan campuran terigu dan tepung custard, aduk rata

Masukkan cornflake, aduk rata.Bentuk bulat adonan dengan menggunakan 2 sendok teh, taruh adonan ke atas loyang tanpa dioles margarin, lalu pipihkan.

Panggang sampai bawahnya agak kecoklatan. Angkat, kemudian dinginkan.

*kalau sudah dingin,  simpan dalam toples kedap udara.

Onbijtkoek Resep Pak Sahak


Mumpung libur dan nganggur,  update blog biar nggak mati suri 😚😚

Beberapa hari craving makan cake ini.  Tapi baru terlaksana semalam.  Salah satu cake yang aku suka karena rasa rempahnya dan nuansa nostalgia akan cake jadul buatan Mami waktu kami masih kecil.

Dulu aku pernah bikin cake ini dengan resep yang nggak pakai butter/margarine. Enak sih, cuma seret.  Tapi sebenarnya cake ini memang sering diasosiasikan dengan keseretan 😁

Kali ini aku pakai resep yang di share oleh Pak Sahak Pribadi,  seorang pengajar dan chef yang sangat murah hati membeberkan resep resep cake, dijamin berhasil kalau sesuai dengan resep dan petunjuknya.

Cara membuatnya menggunakan metode all in one, alias semua bahan dicampur jadi satu kecuali butter/margarine dan di mixer cepat.  Adonan jadi cepat kental dan pada saat matang tinggi menjulang cantik. Aku gunakan terigu protein rendah merk Kunci,  campuran butter dan blueband. Nggak pakai kisnis,  hanya kenari saja.  Sebagian dicampur di adonan sebelum masuk loyang,  sebagian ditaburkan di atas adonannya. Kalau mau cakenya gelap,  gunakan gula aren bubuk yang gelap.

Ini resepnya,  barangkali ada yang mau coba :

ONTBIJTKOEK
Resep by Pak Sahak Pribadi
Rebaked by Hanna @resepkeluargacinta

Bahan :
10 butir kuning telur
6 butir putih telur
100 gram gula palm (aku 150 gram)
150 gram gula pasir (aku 100 gram)
1 sdm emulsiefier
1 sdm bumbu spekuk
1 sdt bubuk jahe
(aku tambahkan 1/3 sdt pala bubuk)
300 gram tepung terigu
50 gram maizena
50 gram susu bubuk
200 gram margarin cair (aku mix butter dan blue band)

Taburan :
Kismis secukupnya (aku nggak pakai)
Kacang kenari/almond secukupnya

Cara membuat :
- Campur semua bahan jadi satu kecuali margarin cair kocok hingga mengental kurang lebih 5 menit kecepatan tinggi.
- masukan margarin cair aduk rata,
- Tuang keloyang tulban ukuran 25 cm yang telah dioles dengan margarin dan ditabur dengan tepung terigu
- Taburi dengan kismis dan kacang almond/kenari.
- Panggang selama 30 menit atau sampai matang dengan panas api 180 derajat api bawah. Kemudian lanjut pemanggangan dengan api atas agar permukaan cake kering kurang lebih 10 menit atau sampai keringlah...

Enak.. Enak.. Enak.. 😇

Monday, 1 January 2018

Cara menghangatkan lumpia


Satu tips lagi,  kalau menghangatkan lumpia,  tidak perlu pakai minyak atau digoreng lagi ya.  Karena seringnya pecah dan menyerap minyak banyak sekali.

Cukup letakkan lumpia di atas wajan anti lengket,  hangatkan dengan api kecil dan beberapa kali dibolak balik sampai rata termasuk ujung ujungnya. Kalau kulit lumpia dingin yang awalnya lemas,  sudah mulai kaku,  berarti sudah siap dinikmati lagi.

#tipskeluargacinta
#keluargacintamotretdanmakandoang
#lumpiasemarang

Cara menyimpan lumpia


Sebagai penggemar berat lumpia Semarang,  saya seringkali kalau mudik atau ada teman ke Semarang beli beberapa besek untuk dinikmati sewaktu waktu. Semua harus lumpia goreng karena lebih awet dan lebih enak menurutku.

Lumpia goreng punya ketahanan yang lumayan lama sebenarnya. Penyimpanannya bisa di freezer untuk jangka waktu lama atau di chiller untuk waktu dekat.

Nah,  lumpia ini dalam 3 hari kulitnya akan lengket/menempel pada lumpia di sebelahnya karena penataan yang rapat dan minyaknya mulai membeku. Ketika akan diambil seringnya sobek walaupun sudah hati hati. Kalau sudah sobek,  isinya semburat keluar.. Nggak seru kan, makan lumpia yang kulitnya terpisah dari isinya 😚

Solusinya,  sebelum disimpan di kulkas,  masukkan masing masing lumpia ke dalam kantong plastik kecil lalu masuklan kembali ke besek dan simpan.

Sedikit effort tapi dijamin aman. Waktu beli,  jangan lupa minta lumpia ditata dalam posisi tidur supaya bentuknya tetap bagus.

#tipskeluargacinta
#lumpiasemarang