Wednesday, 22 July 2009

Chiffon Cake Keju


Beberapa waktu terakhir di milis NCC hangat membahas Chiffon Cake. Banyak yang mengeluh kenapa permukaan Chiffonnya pecah. Banyak tips dan trick yang diberikan oleh teman teman, intinya, membuat Chiffon cake harus menggunakan panas oven 150 - 160 Derajat Celcius saja, selama 75 - 90 menit. Tapiiiiiii.....ya masih banyak juga yang datang dengan persoalan yang sama : permukaan pecah... :)


Seperti biasa, aku juga jadi penasaran dan ikut ikutan latah pengen praktek waktu long weekend Minggu 19 July 2009. Tadinya mau bikin yang Chiffon Pandan, tapi karena kuatir nggak ada yang makan di rumah - karena Cinta dan Babanya kurang suka cake yang nggak ada unsur coklat - aku bikinnya yang Chiffon Keju. Seandainya toh mereka nggak suka, aku pasti akan suka karena unsur kejunya itu. Ini resep dan photo photonya, barangkali teman teman mau nyobain ya.


Cari cari resep, dapat dari blognya Riana.



Resep Chiffon Keju
Source: Seri Masak Femina Primarasa - Cake Istimewa Semua Yummy

Bahan:


150 g terigu protein rendah, ayak
100 g keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 g gula kastor
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @ 70 g)
7 putih telur (dari telur @ 70 g)
1/2 sdt cream of tartar (optional)

Olesan & Taburan (aku nggak pake):


200 gr mentega/margarine
200 gr keju cheddar, parut




itu baskom bukan sembarang baskom loh...memang khusus buat bikin kue.. :D


Cara Membuat:

Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm. Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. Jangan olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin. (my note: sebaiknya alasnya dialasi kertas roti biar gampang ngelepas cakenya kalau sudah matang. Supaya adonan tidak meluber waktu dituang, karena dasar loyangnya nggak rapet, panaskan dulu loyang di dalam oven selama 10 menit)

Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campura tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.




Kocok putih telur dengan mikser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat (my note : jangan terlalu kaku).




Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak. Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (lk 75 menit). Tandanya tidak ada sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi (my note : dan kalau dipegang permukaannya membal)

Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (lk 1 1/2 jam) (my note : aku tumplekin di atas botol syrup). Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang.



Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. Olesi seluruh permukaan kue dengan mentega/margarin, lalu taburi keju parut (my note : aku nggak pake, soale sudah cape dan males...heheh).


Hasilnya, setelah menuruti semua petunjuk teman teman di milis, permukaan cakeku nggak pecah. Cakenya lembut di dalam, gurih di luarnya. Seperti sudah diingatkan Riana, memang rasanya nggak terlalu ngeju, tapi OK lah. Dan di luar perkiraanku, ternyata Cinta dan Baba mau !.

5 comments:

fitri said...

keknya enak,,tapi kok ribet ya bikinnya? huhuhu
selama ini problemku kalo bikin cake adalah bantat,bantat en bantat. kenapa ya?
btw gula kastornya bisa diganti gula biasa mbak?

Keluarga Cinta said...

@Fitri,

pengalamanku (karena dulu dulu juga sering gagal :D) :
biasanya bantat itu disebabkan oleh
1. pengadukan adonan yang tidak rata (antara adonan telur dan butter/margarine).
2. waktu mengocok adonan telur, belum 'prima', belum cukup kental tapi sudah ditambah bahan lain
3. over mix, atau terlalu lama pengocokan/pengadukannya
4. oven yang kepanasan atau kurang panas
5. emulsifier yang sudah mati

Gula kastor bisa diganti gula pasir biasa, tapi diblender dulu sebentar ya..

Coba lagi dan jangan putus asa, ya..semua baker pasti pernah gagal kok :)

puji lestari said...

mbak,aku ko kalo bikin bolu atasnya pasti basah yah, ga bisa kering atau garing kaya gitu,salahnya di mana yah?

Keluarga Cinta said...

@ Puji Lestari :

Kalau permukaan basah, kemungkinan besar waktu panggangnya kurang lama. Coba di tambah sekitar 5 menit lagi, lebih bagus lagi kalau ada api atas. Pakai api atasnya 5 - 7 menit saja. Atau pindahkan loyang ke rak atas sebentar sebelum diangkat dr oven, tapi pastikan cakenya sudah matang ya.

Good luck :)

carpet said...

ommo ~

gimana cranay biar ga bantet ya ? hehe aku kalo bikin bantet --"