Monday 27 July 2009

Sup cream penghangat pagi yang dingin..




Sabtu kemarin cuaca pagi agak agak mendung dan dingin, padahal ini sudah musim kemarau ya... Nunggu tukang sayur langganan belum lewat juga, padahal kami sekeluarga mau keluar rumah pagi pagi. Nyari nyari bahan yang ada di rumah, ketemu roti tawar, smoke beef, sedikit daging ayam, sosis kaleng, jamur kaleng dan jagung manis kaleng...dasar keluarga kaleng..heheheh..


Hmmmm....kalau gitu bikin yang gampang gampang aja, biar nggak ribet, cepet sarapan, cepet keluar rumah. Jadi, dibuatlah sup cream ini, dengan isian..itu tadi, temuan temuan di atas.


Caranya gampang kok...


Bahan :


1 bawang bombay ukuran sedang iris halus
2 lembar smoke beef iris tipis
1/2 kaleng sosis, iris bulat tipis
1 ons daging ayam fillet, iris tipis
1 kaleng jamur champignon kecik, iris tipis
1/2 kaleng jagung manis, tiriskan
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt pala bubuk
50 gr keju cheddar parut
600 - 750 ml susu cair (aku pakai Ultra biru)
2 sdm terigu (apa saja)
1 sdm margarine untuk menumis


Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan margarine sampai harum
Masukkan irisan jamur, dan ayam, tumis sampai berubah warna
Masukkan terigu, aduk cepat sampai terigu berwarna kuning
Tuangkan susu cair, aduk rata
Masukkan bahan bahan lainnya.
Aduk terus sampai mendidih dan mengental
Sajikan dengan sambal botol dan roti tawar


Resep ini bisa untuk 5 orang.


Sup cream ini bisa juga dijadikan isiannya Zuppa Soup (sup cream yang ditaruh di mangkok tahan panas, trus ditutup dengan selembar adonan puff pastry trus dioven sampai puff pastrynya matang, garing kekuningan)

6 comments:

Anonymous said...

wah, nanti aku coba ah,...
salam kenal yah, aku lg coba coba masak,....
ini resep kayaknya ok,....lg pula cocok sama nama blogku..hehehe
thanks

Hanna said...

Salam kenal, juga :)

Thank you for visiting ya.

I have visited yours and amazed to see your photos, what a gorgeous blog indeed !

brgds,
hanna

Akhirnya aku membuat blog, tanpa persiapan apapun. said...

mba Hanna salam kenal.....
saya chairiah, senang sekali lihat blog mba Hanna, masakan dan kue2nya terlihat enak dan lezat. Wkt melihat cream soup wah....suatu hari akan kucoba. Ngiler mbak setiap kali di pesta pernikahan yang di cari zupa2 soup, tapi hanya sedikit catering yang zupa nya nikmuaaat.

Nah....waktu lihat resep mba Hanna, aku sudah merasakan sreg dan yakin ini nikmuaaat. Baru tgl. 24 des lalu berkesempatan nyoba bikin, kirim ke tetangga dan keponakan yang baru datang dari aceh, wah.....semua bilang ueeenak dan maghteh...gitu, lebih enak dari yang di resto Pronto, hehehe....Alhamdulillah, senang nya saya. Trima kasih ya mba Hanna sudah berbagi ilmu. Semoga mendapat pahala dari kebaikan yang sudah mba sharing. oya....saya salah beli corn nya yang "sweet cream corn delmonte " tapi tetep....nikmuaat.

Salam manis untuk mba Hanna sekeluarga, cinta yang ayu, dari kami sekeluarga di jakarta.

Hanna said...

Halo mbak Chairiah,

syukurlah kalau cocok..apalagi musim hujan seperti sekarang ini, kalau pengen yang hangat hangat nggak usah repot nyari ke resto atau nunggu kondangan ya..hehe...

kulit pastrynya sudah bisa buat kan? wis..cocok banget bikin zuppa soup sendiri..

salam,
hanna

Unknown said...

salam kenal...
terimakasih resep sup creamnya (kebetulan lagi nyari) mau aku coba,anakku suka banget sup creamnya KFC dan aku yakin resep dari blog ini pasti uenak...(udah pernah aku praktekin saus mustardnya utk risol dan rasanya pas dilidah)

Lilyana said...

Hi Hanna :)
Thanks a lot buat resep sup krimnya.
Akhirnya...aku bisa mempersembahkan cream soup buat putriku dan rasanya gak kalah dengan buatan restoran...