Monday, 13 April 2009

Tumpeng nasi kuning ulang tahun untuk my beloved husband



Hari Minggu tanggal 12 April 2009 kemarin, Pok, suamiku berulang tahun.

Niat hati dari kemarin kemarin memang mau kasih kejutan dengan membuatkan tumpeng nasi kuning, secara Pok dan Cinta seneng banget sama nasi yang satu ini, walaupun, to be honest, aku sendiri nggak terlalu gandrung nasi kuning.

Persiapan pertama adalah browsing resep, dapat banyak versi, tapi ternyata yang paling aku sreg adalah resep nasi kuning versi ibu Fatmah Bahalwan. Karena bahan yang dipakai tidak macam macam, dan dari resep ini, aku sudah bisa membayangkan hasilnya adalah nasi kuning gurih dengan rasa klasik dan itu yang disukai Pok dan Cinta.

Minggu pagi, mulai buat nasi kuningnya.


Resep Nasi Kuning versi bu FB, NCC adalah sebagai berikut :

Bahan :

800 gr beras putih
200 gr beras ketan
1200 ltr santan (aku pakai campuran 700ml santan Kara dan air)
1 sdm kunyit parut
2 sdm garam
4 lbr daun salam
1 lbr daun pandan
2 btg sereh
1 sdm air jeruk nipis (aku kasih 2 sdm)

Cara Membuat :

Campur beras dan beras ketan, cuci bersih ( aku rendam sebentar) , tiriskan, kukus.
Sementara itu campur kunyit dan santan, saring, buang ampas kunyit.
Masak bersama daun salam, pandan dan sereh. Tambahkan garam. Masak terus hingga mendidih. Matikan api.



beras aron

Masukkan beras yg masih panas kedalam santan, aduk rata. Biarkan hingga santan terserap habis, dan beras menjadi aron. Tuangi air jeruk nipis. Aduk rata.Kukus beras aron selama 60 menit (aslinya hanya 20 menit, tapi aku buat 1 jam biar bener bener tanegh), angkat. Cetak dalam cetakan tumpeng, yang ujung lancipnya sudah dialas daun pisang dan dipoles sedikit minyak sayur.

Sambil nunggu nasi masak, aku buat lauk pauknya.


yaitu :

  1. Ayam goreng sereh
  2. Tahu bacem
  3. Kering kentang (ini beli jadi, nggak sempat bikin sendiri)
  4. Sambal goreng hati, kentang dan pete (untung walaupun nggak musim pete, tapi kami dapat pete di Giant)
  5. Mie goreng, supaya Pok panjang umur
  6. Kering tempe nyemek nyemek
  7. Dadar iris
  8. Perkedel
  9. Timun potong
  10. Masih aku tambahkan acar wortel, timun, buncis, cabe rawit masak kuning supaya tidak enegh.


ini hasilnya...


Trus ditata semuanya. Supaya lauknya tidak 'mengotori' nasi, aku kasih plastik bening disekeliling nasi. Harusnya pakai daun pisang, tapi sayang kemarin daun pisangnya nggak dapet yang cantik.



tumpeng mini buat Cinta



Untuk si Genduk Cilik, Cinta, aku buatin tumpeng mini, lauknya cuma mie goreng, perkedel, ayam goreng dan dadar.




Waktu tumpeng sudah siap, aku bangunin Cinta...dia antusias banget, ngelihat tumpeng Bapaknya dan tumpeng mininya. Tapi rupanya rasa kantuknya terlalu sulit untuk dikalahkan (karena malamnya kami bertiga tidur jam 1 pagi !!) jadi habis lihat tumpeng, langsung ngelanjutin tidur di meja makan :D

Trus ngebangunin Pok, dalam perjalanan ke kamar mandi, Pok dilarang keras menengok kemeja makan..namanya juga surprise..hiks..





Setelah menerima ucapan selamat dari mbak mbak, Pok buka tutup saji dan..waaaaaaaa....dia kaget banget, karena dia pikir aku cuma mau bikin kue tart. Ternyata bikin tumpeng..heheh... dan terharu, karena dia tahu, bikin tumpeng itu repot karena banyak printilan printilannya, tapi demi suami tercinta...repot dikit doesn't matter laaa...



potong tumpengnya...



maem nasi kuningnya...lezaaat..


karena berasnya 1 kg, dan kami hanya berlima di rumah, tidak mungkin menghabiskan semua nasi, maka tumpengnya dibagi sama tetangga kiri kanan. Untuk para tetangga, nasinya aku cetak lagi, tapi hanya ujungnya aja. Nggak terlalu banyak juga, yang penting Cipto, icip icip pokoke roto...


dibagi dengan tetangga


Kata mbak Sri, tetangga depan rumah waktu habis terima kiriman : 'Wah..leker, Han..bisa pesen nih kalau ada yang ulang tahun' huhuyyyy....Dan memang bener loh, aku yang nggak suka nasi kuning aja bilang, resep nasi kuning bu Fat bener bener enak, asal dipatuhin semua bahan dan step by step utamanya.

Finally, selamat ulang tahun, Du, semoga panjang umur, sehat, murah rejeki, dan bisa selalu menjadi sandaran hati bagi keluarga Cinta. We love you so much.

15 comments:

cikmanggis said...

wah sedapnya..tak pernah ku lihat di malaysia...selamat berkenalan!

Keluarga Cinta said...

Thanks for visiting, Cik Manggis :D. Sila coba buat nasi tumpeng dengan resep yang sudah saya postingkan. Hasilnya enak sekali dan ingredientnya juga mudah didapat. BTW, saya copy resep nasi lemaknya ya...my boss in the office likes it so much, I'll try to cook for him one day.

keep in touch & best regards,
hanna

fitri said...

numpang nyontek resep nasi kuningnya yah bu...kebetulan baru nyari2 resep nasi kuning buat rencana bikin nasi kuning si kembar nih. ulang tahunnya tgl 21 mei besok.
btw, itu dikasih air jeruk nipis biar apa yah bu?

Keluarga Cinta said...

Silakan Fitri. Jeruk nipis untuk membuat nasi kuningnya mengkilat dan cantik. Jangan kuatir, rasa nasinya nggak jadi asem kok :)

Selamat ulang tahun buat si kembar ya...

salam,

Anonymous said...

shelly said : halo "Keluarga Cinta" salam kenal. saya berencana akan membuat tumpeng akhir minggu ini. pedoman saya yaitu resep mbak. (terima kasih loh sharing ilmunya) Mbak saya ingin tanya, pada saat beras dan ketan sudah dicuci bersih, kita harus mengkukusnya selama berapa lama ya? terima kasih

Keluarga Cinta said...

Hi, Shelly,

mengukus setelah jadi beras aron sebenarnya menurut resep hanya 20 menit tapi kalau aku buat, 1 jam supaya nasinya tidak cepat basi.

kalau proses membuat nasi aronnya, nggak lama, hanya sekitar 15-20 menit, pokoknya kalau airnya sudah meresap semua kedalam beras. Pakai api kecil saja ya.

selamat mencoba..

Made in bali said...

aku mo coba ah makasi ya mbak,,.

alin said...

so sweet mbak, aq mau coba ah.........

alin said...

so sweet mbak ta coba juga ya, doain sukses

Anonymous said...

mbak aku boleh ya copy paste,, cuma buat nyelesaiin tugas kliping tumpeng,,
tidak ada niat lain!!

andriyanto nugroho said...

numpang nyontek ya buk tlng kpn kasi resep acar kuning nya dong

iin said...

mbak Hana....kalo bikin nasi kuningnya pakai rice cooker gimana ya? thanks yaa...

rina said...

mau copast resepnya boleh ya... buat ultah suami juga... hehehehe

btw mau tanya daun pisangnya dibuat sebesar cetakan atau ujungnya aja?

thx n regards
rina

UmaYuma said...

waaaaaaaaaah.....besok hari valentine,suami yang kebetulan bule paling suuuuka dengan nasi tumpeng,nah dia minta d kasih hadiah nasi tumpeng aja untuk valentine hehe dan saya jatuh cinta dengan blog anda
isinya itu lo.....variatif dan cantik2
salam dari Italy

Natalia Inawati said...

Terima kasih sudah berbagi resep dan semangat berkorban seorang wanita. Meskipun repot..tapi demi orang yang dikasihinya..tidak ada kata menyerah.