Monday 13 April 2009

Resep sambal goreng hati kentang


Resep sambal goreng kentang ini aku ambil dari resep bu Fatmah Bahalwan, tapi aku modif sedikit.
Bahan :
500 gr hati sapi, rebus sampai empuk potong dadu.
250 gr ampela ayam, rebus sampai empuk, potong potong
500 gr kentang potong dadu, goreng.
5 bh cabe merah besar
5 bh bawang putih,
10 bh bawang merah
4 bh cabe merah besar, buang biji, rebus sebentar
1 ruas lengkuas, pukul
4 lbr daun salam
2 btg sereh
1 sdt garam
300 ml santan kental (aku pakai kara)
2 papan pete, kupas, potong potong
Sedikit gula jawa
Cabe rawit biarkan utuh
Cara Membuat :
Haluskan cabe merah besar, bawang, brambang
Tumis bumbu halus, daun salam, daun sereh, lengkuas dan daun jeruk sampai wangi
Beri sedikit air dan gula jawa dan masak terus sampai bumbu mengental
Masukkan hati sapi, ampela ayam masak sampai bumbu meresap.
Tuangi santan, biarkan mendidih.
Masukkan kentang dan cabe rawit utuh, aduk rata, masak sampai 'nyemek nyemek'
Masukkan pete, aduk rata (kalau aku, pete aku aku tambahkan terakhir dan tidak dimasak lama lama supaya tetap crunchy)
Sajikan

No comments: