Monday 13 April 2009

Agar anak suka makan sayur


Anakku, Cinta, umurnya 5 tahun..masih agak susah kalau disuruh makan sayur kecuali bayam. Kalau dimasakin sup yang ada wortelnya, waktu makan wortelnya harus dipenyet dan tutupin dengan nasi supaya dia nggak tahu, karena kalau tahu ada wortelnya, dia pasti protes menolak.

Mikir mikir gimana caranya supaya sayur penting ini bisa diterima dengan 'mulut terbuka', weekend kemarin aku buatin sup tapi wortelnya nggak dipotong seperti biasa, melainkan bentuk dengan cetakan cookies dengan motif bunga dan apel. Trus waktu Cinta mau makan, sengaja aku kasih tau kalau di dalam supnya ada wortel yang bentuknya cantik. Eh, dia antusias banget, malahan tiap potong wortelnya dimakan langsung tanpa perlu disembunyikan dibalik nasi lagi. Katanya : ternyata wortel kalau bentuknya seperti ini, rasanya enak, beda dari wortel biasa'. Sugesti kali ya? :D

Supaya mudah motong dengan cookies cutter, wortelnya dikupas trus direbus bersama bahan sup yang lain dalam keadaan utuh. Kalau sudah lunak baru diambil, potong tipis dan cetak. Bisa juga untuk mencetak labu siam, dan jenis sayur lain yang agak keras texturenya.

Good yet simple idea, ha ?

No comments: