Monday 27 April 2009

Setup Bligo





Anda tahu bligo? Bligo adalah buah tanaman semak sekeluarga dengan labu-labuan, bentuknya bulat lonjong besar seperti semangka, kulitnya hijau polos dan keras, bergradasi antara hijau tua dan hijau muda dan ber'bedak'.


Di kampung biasanya bligo tidak ada harganya, tidak laku dijual dan orang jarang memakannya, karena rasanya memang tanggung, nggak seperti jipang (labu siam) yang lembut kalau dimasak.


Tapi buat aku, bligo ini punya kenangan tersendiri. Waktu aku kecil, Mamie sering bikin setup bligo dan selain Mamie sendiri, dari ketujuh anaknya, hanya 2 anak saja yang suka, yaitu almarhum koh Bambang - kakakku yang paling besar - dan aku. Meski demikian, Mamie cukup sering membuat setup bligo.


Hingga sekarang, aku masih ingat segarnya setup bligo dingin, tapi mau buat sendiri kok ya awang awangen. Secara bligo di pasar harganya terlalu mahal, nggak worth it. Malah aku sempat kepikiran mau nanem sendiri, habis nanamnya gampang banget, tinggal sebar benih, sudah tumbuh, kalau sudah berbuahpun menyenangkan sekali, pohonnya menjalar kecil tapi buahnya besar besar :D

Sampai minggu lalu, waktu ke pasar aku dapat bligo, nggak terlalu besar dan harganya hanya Rp 5,000 per biji, langsung aku beli. Sampai rumah diketawain sama mbak Sus, katanya 'ini kalau didesa, orang dikasih aja nggak mau, kok ibu mau maunya beli'...hihih...biar aja..namanya juga kangen masa kecil.


Cara bikin setupnya gampang aja sih, ini resepnya kalau pengen coba :


1 buah bligo, kupas tebal, potong sesuai selera

1/2 sdm kapur sirih, cairkan, ambil airnya

1/2 kg gula pasir

1 liter air

3 potong kayu manis


Cara membuat :


Kupas tebal bligo, buang bijinya, potong sesuai selera

Rendam bligo dalam air banyak dan air kapur sirih selama 4 jam atau lebih, makin lama direndam makin kenyal

Cuci bersih

Rebus 1 liter air, masukkan gula pasir dan kayu manis, didihkan

Masukkan bligo, masak sampai bligo berwarna bening

Setelah dingin, simpan dikulkas


Adat di beberapa desa di Jawa Timur, kalau ada pesta pernikahan , bligo ini dibuat manisan, caranya sama dengan membuat setup, tapi potongnya kecil kecil dan diberi pewarna makanan - biasanya warna hijau, airnya sedikit, gulanya dibanyakin, dimasak sampai air habis . Disajikan bersama camilan lain.



No comments: