Monday 27 April 2009

Kroket ayam jamur




Memenuhi pesanan Nancy, hari ini aku bikin kroket ayam jamur. Bikinnya subuh, buru buru banget, karena sambil bikin pastel tutup pesanan tetangga sebelah. Perasaan waktu nyetak kentangnya nggak besar besar banget, setelah diisi dan dibentuk, lha kok jadi segede gede guling gini...heheh....



digulingkan diatas terigu


sesudah dipanir, siap masuk chiller



Setelah dipanir, masuk chiller 1 jam, trus digoreng. Hasilnya ok, nggak pecah, karena di dalam adonan kentangnya, aku tambahkan terigu dan tepung kentang.



ditiriskan setelah digoreng




Ini penampakan dalam si kroket ayam jamur. Kulitnya bener bener gurih dan renyah, karena memanirnya bertahap. Pertama pakai terigu, kedua putih telur trus ke tepung roti, ulangi lagi masukkan ke putih telur dan tepung roti lagi. Tepung rotinya pakai yang kasar,biar lebih crunchy.






Dimakannya dengan saus mustard dan cabe rawit. Isinya : ayam, keju, cream, susu, jamur shitake, jamur champignon dan jamur kuping, pokoknya semua jenis jamur aku masukkin, karena Nancy sekeluarga demen banget sama jamur jamuran.


Tadi sempat tanya di milis NCC soal berapa lama adonan kroket mentah bisa disimpan di kulkas, dijawab sama teman teman, ternyata katanya bisa tahan lama. Wahhh....senengnya...berarti kalau ada pesanan lagi aku bisa nyiapin paling tidak malam sebelumnya, biar nggak grubag grubug kayak tadi pagi. Terimakasih temen temen NCC yang telah memberi sharingnya. I love you all.

No comments: