Wednesday 1 April 2009

Black forest pakai arabesque







Semalem tiba tiba aku pengeeeeeeeen banget bikin Black Forest, sekalian pengen nyoba pakai cetakan cokelat Arabesqueku. Males bongkar resep lama, aku nyari nyari soft filenya aja, akhirnya dapat yang dari Dapur Bunda ini dan sedikit aku modified :

Bahan :

100 gr mentega, lelehkan,dinginkan (aku pakai campuran mentega dan margarine)
8 btr telur utuh ukuran sedang
100 gr terigu
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
1 sdm emulsifier (aku pakai starkies)
200 gr gula pasir (aku kurangi 2 sdm)
¼ sdt vanilli
1 sdm cokelat pasta black forest
1 sdm rhum bakar black forest

Untuk hiasan :
500 gr whipped cream yang sudah dikocok kaku (aku pakai Haan di mixer dengan air es)
300 gr dark cooking chocolate (aku buat pagar dengan cetakan Arabesque dan sebagian diparut & dicetak keong)
10 bh cherry merah & hijau

1 klg cherry hitam, tiriskan, simpan airnya untuk siraman cake.
Cara membuat :

1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata dan diayak.
2. Kocok telur, gula dan emulsifer hingga mengembang dan kental, masukkan campuran tepung sambil diayak (lagi), aduk dengan spatula hingga tercampur rata, tambahkan cokelat pasta dan rhum bakar, masukkan mentega leleh aduk rata.
3. Tuang dalam loyang bulat garis tengah 20 cm, oven hingga matang,dinginkan.
4. Potong melintang menjadi tiga bagian, basahi dengan air cherry hitam kalengan.
5. Letakkan satu lapis cake, oles dengan whipped cream, lalu atur belahan cherry hitam diatasnya, tumpuk diatasnya lapisan kedua oles dan beri air dan herry hitam lagi, tumpuk lagi lapisan teratas, rapikan.
6. Oles seluruh cake tadi dengan whipped cream, hias dengan dark cooking chocolate yang sudah dicetak hingga tertutup semua.
7. Semprotkan whipped cream, hias dengan cherry.

Karena cokelat pagarnya belum siap (sudah dibuat tapi mletot, jadi ditim lagi, cetak ulang), aku hias dulu dengan whipped cream, coklat dan cherry saja. Nah, karena Cinta si Genduk Cilik belum doyan dark cherry, separo cake aku kasih dark cherry, separonya enggak. Ditandainya dengan warna cherry di atas cake, yang hijau tanpa dark cherry, yang merah sebaliknya, trus pembatasnya aku kasih cokelat yang dicetak berbentuk keong, biar ntar gampang kalau mereka berdua (Cinta dan Bapaknya) mau motong. Jadinya seperti ini :


black forest sebelum diberi pagar cokelat


Trus aku ngelelehin DCC dan dituang di atas cetakan Arabesque setelah agak beku. Ratakan dan biarkan kaku. Potong potong sesuai kebutuhan.



DCC dilelehkan diatas cetakan Arabesque, tunggu sampai dingin dan agak kental


Pasang pagar cokelat di sisi cake, ikat dengan pita / tali. Karena pita hias yang ada di rumah terlalu besar, aku hanya pakai tali emas ini...gak papa, toh dimakan sendiri ini.. :D. Untuk keperluan photo, terpaksa susunan cherry hijau dan merah untuk sementara diganti dulu, habis photo dibalikin asal..




Waktu masukin adonan ke loyang, rasanya kok kebanyakan...jadi aku ambil sebagian dibuat 6 cups cupcake ntar buat cuci mulut si Genduk Cilik. Semalam aku sudah nyoba cupcakenya ini 1 biji, rasa cakenya enak, whipped creamnya juga jauh lebih enak daripada merk WP yang biasa aku pakai.





Penampilan black forestku kali ini jauuuuuuuuuuuuh dari sempurna, musti banyak latihan lagi nih bikin cake...tangan sudah kaku bertahun tahun nggak bikin yang 'halus halus'. Trus, enaknya pakai pagar cokelat adalah, kalau decoration pinggirnya nggak rapi nggak kelihatan, karena ketutup pagar..hihih....

Dan, satu lagi...kalau bikin adonan cake dengan telur banyak enakan pakai Bosch, karena semalam aku coba pakai mixer Phillips, lamaaaaaaa banget kentalnya. Akhirnya aku pindah ke Bosch, nggak lama sudah kental berjejak. Akibatnya 2 mixer turun deh, padahal niatku pakai peralatan seminim dan sekecil mungkin, kasihan si mbak yang cuci cuci... Nah, tapinya...ini yang namanya manusia tidak pernah puas ya...kalau pakai Bosch, suka sebel sama tengahnya bowl itu. Waktu masukin tepung sambil di ayak nggak leluasa, waktu ngaduk adonan dengan spatula juga jadi terganggu. Akhirnya....jadi aku mikir mikir...kayaknya perlu beli Kitchen Aid apa Kenwood nih...tapiiiiiiii...nggak dalam waktu dekat kali ya..masih banyak kebutuhan di luar dapur yang perlu dipenuhi.

Well, finally, to make the long words short, black forest dengan resep ini tastes good.

3 comments:

Shirley said...

Hanna .... enaknya black forrestnya! Aku juga doyan ama whipcreamnya Haan. Enak ya. Wah, arabesquenya udah turun gunung nih. Happy baking ya ...

Mitra usaha crepes dan kebab said...

salam kenal...numpang info bagi yang lagi cari wajan crepes.atau usaha baru. kunjungi kami di http://gading-food.blogspot.com. trims.

Hanna said...

Thank you for visiting, Shir... Arabesque..iya wis tak 'pulosoro'..qiqiqi...jadi pengen beli motif yang lain, Shir.. enak adakno pake pager ya :D