Monday, 7 December 2009

Buah Tempayang ampuh untuk panas dalam...



Sekali kali posting resep obat, ah... :)

Ini adalah buah tempayang yang kadang disebut juga tempoyang, merpayang, kembang semangkok batu, atau kalau di toko obat China diberi nama beng ta hai (phung tha lai).

Bentuknya seperti buah melinjo tapi sudah dikeringkan.

Aku lebih suka menyebutnya beng ta hai. Fungsi beng ta hai yang terutama adalah menyembuhkan panas dalam, sakit tenggorokan dan batuk. Namun konon kabarnya juga bisa menyembuhkan sakit ambeien.

Cara mengkonsumsinya, ambil 4 - 5 butir beng ta hai,cuci sebentar agar pasir dan kotoran hilang lalu sedu / rendam dengan 1 gelas air mendidih, biarkan dia mekar. Air akan berwarna kecoklatan.





Setelah beng ta hai mekar sempurna, minum airnya. Minum 3 kali sehari. Biasanya kalau sakit tenggorokan atau sariawan yang nggak parah parah banget, 2 kali minum saja sudah sembuh total.



Gambar di atas adalah beng ta hai yang sudah mekar (dan siap untuk dibuang :D), bentuknya seperti jelly dengan biji di tengahnya. Rasa airnya akan seperti air tanah, tapi beneran, ampuh banget...kalau terpaksa boleh di tambah sedikit madu. Ingat ya, setiap kali mau minum, pakai beng ta hai yang masih baru, bukan yang sudah mekar.

Terakhir beli harganya Rp 90,000/500 gram di Ban Seng Tong Surabaya. Aku biasa nyetok di rumah, karena bentuknya kering jadi tahan lama.

5 comments:

Camelia said...

Kayaknya aku pernah deh makan ini waktu kecil dulu. Direndam di air, trus dia mekar. Katanye emang buat panas dalam. Nah, jellynya dimakan. Sama gak ya? kalo mba' hana koq malah jellynya dibuang??

Keluarga Cinta said...

Kayaknya sama, Li...cumaaa...baru tahu ini kalo jellynya dimakan..hohoho...gimana rasanya?? Airnya aja sudah ancur gitu..hehe... BTW, ntar kalo beli lagi aku double check sama si Shinse ya...karena dulu dia bilang airnya aja yg diminum. Yang juga bagus untuk panas dalam adalah jamur es, yang warnanya putih bergerombol itu. Direbus dengan gula batu sampai hancur trus dimakan. Rasanya seperti jelly juga tapi enak karena ada gula batunya :)

Camelia said...

Rasanya biasa aja mba', tawar...hehehe... makannya juga pake air gula batu...so, enak-enak aja.... waduuh, jangan-jangan, aku-nya yang salah...udah kemakan banyak niiih...hahahaha...

Primastomo said...

Beberapa hari yll anak saya radang tenggorokan da temen yg blg klo tempayang bs mengobati, langsung saya belikan di jual jamu kemudian saya seduh sesuai saran teman ditambah kunyit,asem,kacang hijau, gula aren minum sampai bener2 sembuh 4x .......tapi.....tempayangnya kok gak bs mekar yo....gitu ja dah sembuh ki hehehe.....

Keluarga Cinta said...

@primastomo :

gak papa, sing penting sembuh ya..heheeh.. Mungkin karena aku ngrendemnya lama dengan air mendidih, jadi mekar :)

salam,