Monday, 7 December 2009

Donat untuk Cintaku



Sudah lama janji sama Cinta untuk membuatkan donat. Baru terlaksana hari Minggu kemarin. Biasanya aku buatin Cinta donat pakai resepnya Sisca Soewitomo, donat kentang NCC atau pakai resep roti empuknya bu Fat. Semuanya dia suka, karena donat memang kue favoritenya, dari bahan apa saja, pakai resep mana saja yang penting tengahnya bolong dan siraman coklatnya berlimpah limpah..hehehe...

Nah, untuk kali ini aku pengen nyoba resep donat a-la J-Co yang pakai bikin biang dulu. Kalau nggak salah sih ini resepnya Vivi Liong....mohon maaf kalau ternyata salah ya..karena aku search di internet dan resepnya sama semua tapi nggak ada sumber aslinya....m(- -)m.

Alasan kenapa aku niat banget nyobain yang a la J-Co, karena 2 minggu lalu, waktu aku ajak ke PTC (Pakuwon Trade Center) , Cinta minta dibeliin donat J-Co dan dari 6 potong yang aku beli, empat setengah potong masuk keperutnya yang endut, separo buat Babanya...sisain 1 buat Mamienya, itu juga karena Cinta nggak suka topping keju :). Dengan nyoba resep ini aku berharap, berangan,berandai, siapa tahu, barangkali..rasanya memang bisa mirip banget dengan J-Co biar nggak sering sering beli...alias cut cost gitu....

Ini resepnya ....yang aku buat kemarin hanya 1/4 resep, hasil jadinya 15 potong.

Bahan A:


- 850 gr tepung terigu cakra kembar/komachi

- 30 gram ragi instan

- 10 gr garam

- 600 ml air matang (suhu ruang aja)



Bahan B:

- 200 gr tepung terigu cakra kembar/komachi

- 10 gr garam

- 60 gr susu bubuk full cream

- 125 gr gula pasir

- 100 gr telur ayam(2 butir)

- 125 gr mentega putih/shortening



Cara Membuat

1. Uleni bahan A hingga rata lalu tutup dan istirahatkan selama 90 menit. Pakai tangan aja ya. Ini akan jadi biang donat. Jangan kuatir, bentuknya memang lengket banget.
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10 menit. Kalau ini aku pakai mixer...gak sanggup kalo pake tangan :D. Tutup plastik dan diamkan selama 15 menit.
3. Taburi meja dengan terigu yang banyak. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalu cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan lagi selama 10 menit
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan - aku goreng pakai minyak biasa
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera.
 
Agak susah membentuk adonannya karena lengket banget. Dan karena aku nggak sabaran, jadi bentuknya agak mecotot gitu deh...
 
Setelah digoreng, bentuknya memang bisa dibilang mirip J-Co, tipis, lembut dan agak kapes kapes....tapi kalau soal rasa, jujur aku bilang nggak mirip sama sekali. Bukannya nggak enak...enak sih, cuma nggak mirip rasanya J-Co, wangi khasnya itu loh yang nggak ada. Mungkin musti ditambah flavour apa gitu... atau menggorengnya kudu pakai minyak padat sesuai resep. Padahal minyak padat katanya nggak baik buat kesehatan....hmm....jadi bingung...
 
Anyway, Cinta seneng banget sama donat buatanku ini. Seperti biasa toppingnya DCC yang banyak. Aku makan yang pakai taburan gula donat aja.


2 comments:

Camelia said...

Aku pernah coba bikin donat a-la jco ini mba' Hana. Pake resep NCC kalo gak salah. Emang susah dibentuk, lembut banget adonannya. Gorengnya jadi penyok sana sini.

Kalo masalah minyak goreng padat, nah, aku juga bingung tuh. Katanya gak sehat. Aku pake minyak goreng B*r*o yang di jual di supermarket biasa. Wadahnya sih kayak minyak goreng lainnya, cuma warnanya putih agak padat, pas dipanaskan akan jadi minyak biasa. Kalo di pake goreng donat, hasilnya gak berminyak dan empuk juga. Hampir sama hasilnya dengan donat yang digoreng dengan minyak goreng padat yang seperti shortening gitu.

Hum...apa ini termasuk minyak goreng padat juga ya? di bungkusnya sih katanya malah lebih sehat...bingung ih soal si minyak padat ini.

Keluarga Cinta said...

Lia,

sampai detik ini aku tuh belum tau bentuknya minyak padat..heheh...ndeso ya. Ntar kalo ke TBK mau ngelihat ah...

Soal sehat nggak sehat, aman nggak aman, iya suka bingung ya...tapi asal kita nggak berlebihan dan nggak sering sering, mungkin masih bisa dianggap aman..heheh..ini excuse-ku sendiri :)