Tuesday, 28 December 2010

Sup Merah


Sup Merah


Bahan :

500 gr ayam fillet potong dadu (lebih baik pilih paha supaya tidak mudah hancur waktu dimasak)
1 kaleng sosis sapi, iris tipis, simpan airnya untuk campuran kaldu
1 kaleng jamur champignon buang airnya iris tipis
1 kaleng kacang polong, tiriskan (cuci dulu kalau perlu untuk menghilangkan lendir)
500 gr wortel, kupas, potong sesuai selera
10 tangkai seledri ambil daunnya
3 daun prei ambil putihnya, rajang halus
5 butir bawang putih cincang
1 butir bawang Bombay besar, iris tipis
¾ botol saus tomat *
1 ½ litter air
2 sdm margarine untuk menumis
½ sdt Merica
½ sdt Pala bubuk
2 sdm kaldu bubuk
2 sdm gula pasir
Sedikit garam
2 sdm maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara membuat :

1.Tumis bawang putih, bawang Bombay dan daun prei dengan margarine sampai harum
2.Masukkan ayam potong, tumis sampai berubah warna
3.Masukkan jamur champignon tumis sebentar supaya bau langu jamur hilang
4.Di tempat lain, rebus air sampai mendidih, masukkan air sosis, saus tomat, sosis, kacang polong, seledri, masak sampai busa saus tomat hilang.
5.Masukkan tumisan ayam dan jamur kedalam kuah dan bumbu2 lainnya.
6.Tambahkan wortel. Rebus sampai wortel lunak.
7.Cicipi, kalau rasanya sudah enak kentalkan dengan maizena cair
8.Sajikan panas panas sebagai makanan pembuka.
* kalau tidak mau pakai saus tomat botolan, bisa buat sendiri saus tomatnya dari 1 kg tomat matang segar yang diblender atau diparut, kemudian disaring ambil airnya saja. kalau pakai juice tomat ini, jumlah air yang dipakai untuk kuah dikurangi ya...
 
 

Sup Merah

15 comments:

Rea said...

Mba Hanaaaa...

Salam kenal ya...

kemarin aku dah coba ninggalin comment untuk ijin cobain resepnya..tapi gagal (lagi error kayanya tuh blogspot).

Anyway, aku dah cobain resep sup merahnya... aihhh..enaaaak bgt!! terobati deh kangen ku sama kota Malang...(dulu kenal ama sup merah ini waktu masa kecil di Malang)...

Wiken depan aku bikin lagi...

thanks for sharing ya...

karina said...

dear mba hana..

daun prei itu apa ya?
maaf baru belajar nih..
tq

Keluarga Cinta said...

Rea :

terimakasih kembali :)

Karina :

daun prei itu daun bawang..hihih..maap, pake istilah kuno :)

dhita_chan said...

wah, menarik sekali resepnya. sepertinya lezat. aku mo tanya, kalo ga pake sosis botolan (tidak pake kuah sosis) bisa ga ya? rasanya bisa tetap lezat g?

Keluarga Cinta said...

Dhita,

Tanpa air sosis kaleng masih bisa enak & lezat kok :).

Monggo dicoba... :)

fitria said...

salam kenal mbak hana..
ga sabar pgn nyoba bikin soup merahnya niy...pasti enak ny nampaknya..anakku pasti suka..
thanks ya,mbak resepnyaaa..

haritz said...

uda dicoba tantee
wenake polll :D

temen2 kosan pada suka
walopun salah motong wortelnya bikin g mateng2 >.<

Margrit said...

Pas nemu resep ini saya mikir wah kliatannya gampang, coba ah..
Ehh tadi abis bikin berhasil!
Rasanya mirip ama sop merah kluarga saya :D
Maklum di negri orang gak pernah nemu sop merah.
Makasih tante Hannah!

trully said...

mbak Hana aku udah nyobain resepnya :)
endaang bambang.. :)

avail said...

enak banget kak...
makasih ya

company profile said...

waaaaah enak yah saya mau mencoba yah :)

Jasa Pembuatan Company profile said...

enak enak enak

Ninin Dewajani said...

Dear Mbak Hanna, salam kenal, ya Mbak....Aku Ninin, sahabatnya Ceyza (pasti Mbak Hanna kenal, ya? Ceyza sering ikut FoodMonster bareng Mbak Hanna)
Mbak Hanna, aku pengen banget nyoba resep Sup Merah-nya Mbak... Dari tampilannya aja sudah menggiurkan. Oya, Mbak, yang ingin aku tanyakan, Menurut Mbak Hanna, saos tomat merk apa yang paling enak buat sup merah...(dulu, aku pernah diajarin sama Ibunya temenku, wkt di Surabaya, pake saos tomat botolan Cap Tiga Tomat...hehehe)...Selain itu, isi dari sup merah-nya antara lain ada potongan putih telur kukus dan keekian udang...Rasanya memang enak, sih? Menurut Mbak, gimana? Aku pengen nyoba buat sup merah ala Keluarga Cinta tapi dengan tambahan irisan smoked beef...hehehe...banyak keinginan, nih, Mbak...

Sukses selalu untuk Mbak Hanna...Salam tuk Cinta, ya Mbak...
Terima kasih banyak atas sharing resepnya, Mbak...

Lephi said...

Mba hana, resepnya haujek banget dehh..
Senangnya hatiku, berhubung lg ngidam.com
Thanks 4 sharing

disma.ayudyah said...

makasi mba.... membantu sekali buat aq yg lagi belajar masak.....
jgn lupa follow blog ku juga ya....
http://dismagallery.blogspot.com/