Tuesday, 21 December 2010

Simple Lemon Cupcake


Memperingati 100 hari berpulangnya ibu mertuaku, hari Sabtu kemarin aku bikin cupcake ini dan kebab sebagai tambahan snack yang dibawa pulang oleh peserta doa bersama.

Resep cupcake ini sederhana sekali, membuatnya juga mudah, dan yang penting rasanya enak. Cakenya padat tapi lembut dan rasa sukadenya, aku suka banget...


Bahan:


240 gr mentega /  margarine
1 sdt essense lemon
380 gr gula pasir halus
4 btr telur
400 gr tepung terigu (bisa segitiga, bisa kunci biru)
2 sdt Baking Powder
150 gr sukade, taburi sedikit terigu yang diambil dari resep
300 ml susu Ultra plain

250 gr DCC (dark cooking chocolate) ditim sampai meleleh


Cara membuat:

Alasi loyang cupcake dengan paper cup
Campur terigu dan baking powder sambil diayak
Kocok mentega, gula, essense lemon hingga mengembang dan pucat
Masukkan telur satu persatu
Kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
Masukkan tepung sambil diayak dan susu secara bergantian dalam beberapa tahapan, sambil diaduk hingga rata.
Masukkan sukade, aduk rata
Tuang dalam cup hingga 3/4 penuh
Oven hingga matang (kurleb 20 menit dengan suhu 180 derajat C)
Setelah dingin, celupkan dalam DCC leleh, hias atasnya sesuai selera. Aku pakai yuppy dan RI, karena nggak punya ide dan bahan dekor lain :)

Hasil jadi satu resep kurleb 40 cupcake mini




2 comments:

Eda R Dewi said...

Hallo, mbak hana.. Blog-nya sungguh sgt menarik isi sekaligus foto2nya, jadi ngiler ngeliatnya plus saya juga jadi minder nih hehehe... O,iyaa mba btw, utk simple lemon cupcake kalo ngaduknya ngak pake mixer bisa ngak? makasih jwbn-nya. Salam Kenal. :)

Keluarga Cinta said...

Mbak Eda,

kalau ngaduk tanpa mixer bisaaa...asal sabar dan nggak gampang cape aja. Jaman dulu orang tua kita kan nggak pake mixer juga, pakenya whisker manual :)

Sorry baru sempat balas ya...