Thursday 30 April 2009

Sop Kikil Sapi a la Bu Seno

Sudah lama aku pengen upload resep ini, tapi lupa lupa terus...kemarin kebetulan ada teman milis yang tanya, jadi inget lagi :D

Nah, bu Seno (Alm.) adalah ibu sahabatku. Beliau sangat pintar memasak masakan Jawa Timur terutama sop kikil sapi ini. Aku sangat berterimakasih karena Beliau mau memberikan resep andalannya ini. Duluuuuuuuuu banget kalau ada acara kumpul kumpul dengan teman teman kantor di rumahku sering aku buatin untuk mereka, tapi nggak pernah diphoto, tahun segitu belum ada digital camera apalagi mikir untuk mbuat blog :D. Tapi rasanya dijamin enak, sampai sekarang temen temen kantor masih inget kenikmatan sop kikil buatanku dari resep bu Seno ini dan sering minta aku bikin lagi. Tapi sekarang kalau aku pengen masak lagi mikir dulu, karena Pok nggak suka kikil sapi….ntar siapa yang ngabisin..hiks..

Kikil sapi yang dimaksud di sini adalah kaki sapi. Kalau beli di super market, sudah potongan, tapi kalau di pasar tradisional masih berbentuk kaki panjang dan banyak bulunya. Paling gampang membersihkan bulu kaki sapi adalah dengan dibakar atau dicabutin dengan pinset. Kalau masak kaki sapi, ada yang suka tulang tulangnya dicampurkan dalam sop karena suka sumsumnya, ada yang hanya diambil kikilnya aja. Kalau susah motong motongnya, suruh penjualnya aja yang motongin.

Kalau makan sop kikil sebaiknya tidak minum es, minum yang hangat hangat saja, karena kalau minum es, gigi dan mulut jadi lengket semua :D

So, selamat mencoba ya…

Resep sop kikil sapi :

Bahan :

2 kaki sapi, potong potong, hilangkan bulunya, rebus sebentar, buang airnya

Bumbu :

Haluskan dan tumis :

10 Bawang merah
10 Bawang putih
5 Cabe merah besar
5 cm Laos
5 cm Jahe
1 sdm garam
Segenggam kemiri goreng
Segenggam kacang tanah goreng

Sambal :

Cabe rawit merah direbus
Kemiri goreng

Perlengkapan lain :

Lontong
Jeruk nipis
Daun brambang iris halus untuk taburan
Brambang goreng untuk taburan
Kecap manis (kalau suka)

Cara memasak :

Tumis bumbu halus sampai wangi
Masukkan kikil, tumis sebentar
Tambahkan air, masak sampai kikil empuk (bisa menggunakan panci presto)
Taruh dimangkok, diatas potongan lontong, taburi daun brambang dan brambang goreng, sajikan panas panas dengan sambal dan jeruk nipis..

Membuat sambalnya : haluskan kemiri goreng dan cabe rawitnya.

No comments: