Thursday 30 July 2009

Bikin soes pake loyang pie




Sejak pertama bikin kue soes dulu, Puji Tuhan, aku nggak pernah menemui masalah. Soesku bisa dibilang selalu berhasil. Aku hanya mengalasi loyang kue kering dengan kertas roti.

Nah, ceritanya, gara gara baca tips di sebuah buku 'Anti Gagal', aku lihat ada cara membuat soes dengan loyang pie. Hasilnya, bawahnya berbentuk gerigi. Aku pikir cantik juga nih.

Jadi, waktu bikin soes pesanan HR tadi pagi, aku tirulah itu idea. Adonan soesku aku cetak dengan spuit di atas loyang pie, baru ke loyang kue kering. Oven. Matang. Eh...ternyata bener loh, bentuknya jadi lebih cantik, bawahnya nggak cuma terepes seperti yang selama ini aku buat.

Tapi harus hati hati, pastikan soes sudah benar benar matang dan kering, karena kalau masih ada adonan yang kurang matang, susah mengeluarkan dari loyang pienya. Kalau kejadian soes susah keluar dari loyang pie, pakai pisau berujung tumpul untuk mengikis kue yang menempel. Takes time, but works well.

Next time mau coba pakai loyang nastar kalau mbuatin soes kecil kecil buat Cinta :)



1 comment:

Camelia said...

Aku pernah nyoba mba', loyang pienya dilapis mentega dan ditaburi tepung tipis, gak lengket lho, dibalik aja udah lepas... Tapi sekarang daku terlalu males, jadi aku semprot aja diatas silpat, cepat dan sama gak lengketnya...(tapi bawahnya gak secantik pake loyang pie)