Monday, 13 July 2009

Tips membuat kulit pie a la Keluarga Cinta



Membuat kulit pie itu nggak susah loh.... asal tau triknya, pasti kita bisa membuat kulit pie yang renyah tapi tidak mudah hancur.

Ini aku share step by stepnya..


Pertama, timbang semua bahan sesuai resep. Usahakan semua dalam keadaan beku / dingin.


Campur bahan dengan menggunakan pisau pastry / pastry blender atau 2 pisau untuk memotong motong butter. Campur sampai semua butter menjadi bulir bulir kecil yang tertutup terigu (sering disebut adonan pasir). Masukkan telur, aduk rata. Selama menguleni adonan, gunakan ujung ujung jari seminimal mungkin. Tujuannya supaya butter tidak leleh. Butter yang leleh/lunak membuat kulit pie menjadi keras.








Tipiskan dengan menggunakan rolling pin



Potong dengan cookies cutter.




Masukkan kedalam cetakan pie, tusuk tusuk dasarnya supaya nanti waktu dioven tidak melembung.



Oven dengan api besar (200 C) sampai matang. Dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup rapat sampai waktu yang diperlukan. Kalau butuhnya masih lama, simpan di chiller atau freezer. Tapi jangan terlalu lama juga, karena bisa tengik.

Selamat mencoba..

7 comments:

pruvita said...

mba mau nanya nih...maap agak banyak :
- bikin kulit pie nya pake resep NCC bukan ya?
- kalo bikin kulit pie nya di cetakan bongkar pasang besar bisa jg ga ya pake resep ini?
- sepanjang menguleni adonan itu harus pakai pisau pastry ya mba? atau pakai pisau pastry nya cuma saat mencampur butter & tepung? saat mencampur telur bisa pakai tangan?
mohon pencerahannya ya mba & thanks atas bantuannya...

Keluarga Cinta said...

Pruvita,

- resep tidak pakai resep NCC..
- harusnya pakai resep apapun bisa pakai loyang bongpas, tapi agak tebal supaya tidak rapuh
- kalau aku, sampai hampir terakhir tetap pakai pastry knife, hanya waktu mau selesai aku pakai tangan (memastikan telur sudah tercampur rata dan membulatkan adonan), tapi hanya pakai ujung ujung jari saja dan nggak lama :)

salam,

Iswina said...

Mbak Hanna, numpang tanya...bagaimana caranya supaya kulit pie nggak "mlorot" waktu sudah matang...matur nuwun

Keluarga Cinta said...

Mbak Iswina,

caranya ya seperti yang aku tulis di atas itu :)

yang penting waktu masukkan adonan ke loyang, jangan ditarik2 adonannya dan jangan lama lama dipegang tangan.

selamat mencoba ya..

Iswina said...

Matur nuwun mbak...aku akan praktekin tipsnya...

Julie said...

ini tips yang saya cari2, terima kasih sekali mama Cinta untuk sharing.

Anonymous said...

Salam Mba Hanna..
kalau dibandingkan dengan resep NCC bedanya bagaimana Mba?
Apakah boleh dishare resep yang Mba Hanna pakai? kalau berkenan mohon inbox di ikawibawanti@yahoo.com.. terimakasih Mba.. :-)

ika