Saturday, 30 January 2010

KBB # 15 : Mud Cake Cookie Sandwiches



Waktu terima 'surat tjinta' alias  tantangan KBB #15 untuk bikin Mud Cake Cookie Sandwiches hatiku sempat mencelos...

Karena aslinya, aku paling tidak berani bikin cookies. Perasaanku bikin cookies itu kok susaaaaaaaah banget, manggang kurang lama jadi lembek, kelamaan jadi gosong.....repot....karena itu dalam sejarah bakingku, bikin cookies bisa dihitung dengan jari :)

Tapi karena sekarang aku sudah niatin ikut KBB (walaupun masih dalam masa probition :D) dan mendapat tantangan untuk bikin Mud Cake Cookie Sandwiches ini, mau tidak mau aku harus berani membuat cookies dan mengalahkan semua 'what if' yang negative. Heheh...namanya juga Klub Berani Baking, kalo nggak berani ya jangan join, gitu toh?

OK, untuk resep bahasa Inggrisnya adalah sebagai berikut, ini asli copy paste dari milis, soal urutan yang nggak beraturan, hmmm....selain berani baking juga harus berani mikir kali ya.. hehehe..



KBB#15 - Mud Cake Cookies Sandwiches


Source: The AWW: Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. 2008
Makes 24.


250g butter, softened
330g firmly packed brown sugar
2 eggs
450g plain flour
75g self-raising flour
50g cocoa powder
2 Tbs cocoa powder, extra

Chocolate Mud Cake

150g butter, chopped
100g dark eating chocolate, chopped coarsely
220g caster sugar
125ml water
2 Tbs coffee liqueur
150 gr plain flour
2 tbs cocoa powder
2 egg yolks

Combine butter, chocolate, sugar the water and liqueur in small saucepan. Stir over low heat until smooth. Place mixture in medium bowl; cool 10 minutes. Whisk in sifted flour and cocoa, then egg yolks. Divide mixture among pans. Bake about 25 minutes. Cool cake in pans. Using 6.5cm round cutter, cut 12 rounds from each cake.


Chocolate Ganache

80ml cream
200g dark eating chocolate, chopped coarsely

Bring cream to a boil in small saucepan; remove from heat. Add chocolate; stir until smooth.

Refrigerate until spreadable..

1. Preheat oven to 170C/150C fan-forced. Grease two 20cm x 30cm lamington pans; line with a strip of baking paper, extending paper 2cm above edges of pans.

2. Make chocolate mud cake.

3. Make chocolate ganache.

4. Beat butter, sugar and eggs in small bowl with electric mixer until combined. Transfer mixture to large bowl; stir in sifted flours and cocoa, in two batches. Knead dough on floured surface until smooth; divide in half, roll each portion between sheets of baking paper until 5mm thick. cover; refrigerate 30 minutes.

5. Preheat the oven to 180C/160C fan-forced. Grease oven trays; line with baking paper.

6. Using 6.5mm round cutter, cut 48 rounds from dough. Place about 3cm apart on oven trays. Bake about 12 minutes. Cool on wire racks.

7. Spread ganache onto underside of cookies; sandwich a mud cake round between two cookies.

8. using heart template, dust cookies with extra cocoa.

Nah, resep tersebut sudah di translate oleh mbak Emma Isti (thank you, mbak Emma), dan edisi bahasa Indonesia ini yang akan aku pakai dalam step by step ku. Yukkkk....mulai....


Versi Bahasa Indonesia :

Mud Cake Cookies Sandwiches
Source: The AWW: Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. 2008
untuk 24 buah



Cookies :

250g mentega, (lunakan /lembekan dalam suhu ruang
330g brown sugar (aku pakai 250 gr gula palem)
2 telur
450g tepung terigu
75g self-raising flour
50g coklat bubuk
2 sdm coklat bubuk, extra (untuk taburan)


Kocok mentega, gula dan telur dengan mixer hingga tercampur rata (sebentar saja, +/- 2 menit)



Pindahkan ke mangkuk yang lebih besar, masukan terigu dan coklat bubuk yang telah diayak, aduk rata.




Uleni adonan di atas permukaan/meja yang telah ditaburi sedikit terigu sampai halus (dapat digilas).  Aku tidak uleni pakai tangan tapi pakai pastry knife. Sebelum digilas aku simpan dulu di kulkas selama 15 menit supaya tidak terlalu lengket dan lembek.

Bagi menjadi 2 bagian, gilas tiap bagian diantara 2 lembar kertas baking atau plastik setebal 5 mm, dinginkan selama 30 menit

Panaskan Oven 180 C/160 C untuk oven fan-forced. Siapkan loyang yang telah dialas kertas baking dan diminyaki atau dioles mentega.





Cetak adonan dengan cookie cutter bulat 6.5 mm sebanyak 48 buah, pindahkan ke loyang dan beri jarak 3cm. Bake kurang lebih selama 12 menit, dinginkan diatas rak kawat.





Chocolate Mud Cake


150g butter, potong kecil-kecil
100g DCC (eating chocolate), cincang kasar/potong kecil
220g gula kastor
125ml air
2 sdm coffee liqueur
150g terigu
2 sdm coklat bubuk
2 kuning telur





(karena nggak punya coffee liquer, aku ganti chocolate liquer saja yang kebetulan ada stock di rumah)


Cara membuat :


Panaskan oven 170/150 C (untuk fan forced). Olesi loyang dengan minyak/mentega, alasi dengan kertas roti/baking paper, lebihkan 2 cm setinggi tepi loyang



Dalam panci kecil campur mentega, coklat, gula, air dan liquer.
Masak dengan api kecil dan aduk hingga tercampur rata (tidak bergerinjil) . Pindahkan ke mangkuk, dinginkan selama 10 menit.



Campur terigu dan coklat bubuk, aduk menggunakan whisk, kemudian masukan kuning telur, aduk kembali.

Bagi dua adonan dan tuangkan ke dalam 2 loyang (ukuran 20 x 30cm) yang telah dioles minyak/mentega dan dialas kertas. Jadinya memang hanya tipis saja. 


Panggang selama 25 menit, dan biarkan kue dingin dalam loyang.




Gunakan cutter bulat 6.5 mm untuk memotong cake sebanyak 12 buah/loyang.


 

Chocolate Ganache

80ml cream
200g coklat masak, potong kecil/cincang kasar



Panaskan krim dalam panci kecil, angkat/kecilkan api. Tambahkan coklat cincang, aduk rata hingga licin. dinginkan hingga dapat dioles.


Penyelesaian :



Olesi bagian bawah kukis dengan ganache, kemudian selipkan / letakan chocolate mud cake di antara 2 kukis.





Letakan patron bentuk hati diatas kukis, taburkan coklat bubuk ekstra diatasnya.



Cookiesku sudah berwarna coklat banget, karena pemakaian gula palem, maka waktu aku beri taburan coklat bubuk, bentuk hatinya nyaris tidak kelihatan, jadi untuk sebagian aku beri taburan gula donat :)

Jadi....demikianlah,Minggu sore kemarin, dengan diiringi hujan deras dan petir menyambar nyambar yang membuat Cinta ketakutan dan tidak mau ditinggal sendirian, akhirnya aku berhasil menyelesaikan tantangan KBB # 15.

Begitu matang, Cinta adalah orang pertama yang mencicipi. Dan dia senang sekali, menurutnya wuenak banget....Cinta memang suka coklat dan manis. Penasaran melihat ekspresi kenikmatannya, aku ikutan nyicip...hmm....enak sih, tapi buat aku terlalu manis.

Hari ini, aku bawa beberapa potong ke kantor, aku tawarkan ke teman teman. Yang suka coklat dan manis bilang memang wuenak...yang nggak suka manis, angkat tangan :). Eh, tapi waktu aku makan lagi pagi ini, ternyata rasa manisnya agak berkurang dikit...entah memang kalau sudah menginap rasa manisnya berkurang, atau mulutku yang sudah tidak kaget lagi dengan rasa manisnya cookies ini :)




Dannn....ini dia tanda lulusnya :D :




Terimakasih ibu ibu host & mbak Arfi...

2 comments:

Tuty said...

Waduh... sampe lempe2 aku mbacanya :-) Apalagi kalau harus bikin. Tobat!!!

Keluarga Cinta said...

Wakakakak....kalo makan ini harus sambil minum teh/kopi pahit, Tut...