Friday 25 September 2015

Kamar Bola

1 (3)

Hai...hai...

Ketemu lagi di blog eike yah..

Resep ini sudah lama ada di 'draft', nggak keburu menyelesaikan posting dan baru sekarang aku update dan publish...mumpung lagi cuti habis Lebaran Haji :)

Ceritanya, waktu aku kecil, almarhum Papi sering mengajak kami sekeluarga makan malam di sebuah Chinese Resto di Semarang yang dulu namanya "Happy" dan sekarang berubah menjadi Resto "Bahagia" #as simple as that...ownernya biasa kami panggil Koh Hien, dan lokasinya di jalan Gajah Mada. FYI saja, resto ini punya banyak menu yang mengandung pork, jadi bagi yang tidak mengkonsumsi pork, jangan iseng ke sono yo..

Menu yang sering Papi pesan di resto Happy, selain bakmi goreng, bestik lidah, cap cay, ca kekian, burung dara goreng yang semuanya taste like heaven... adalah Kamar Bola.

Nama yang agak aneh ya, tapi sebenarnya menu ini adalah campuran aneka bakso (yang bulat seperti bola), jamur, doporten (kacang polong), sayur dan pada akhirnya nanti dikentalkan dengan maizena.

Sudah lama menu ini tergeser dari memoriku, saking sudah lama banget tidak menikmatinya. Sampai beberapa waktu yang lalu, aku beli buku masak terbitan Femina yang ditulis oleh ibu Hiang Marahimin (bukunya keren banget, swear ! Wajib dimiliki oleh peranakan Tionghoa Semarang, terutama yang merantau seperti aku) dan di dalamnya ada resep Kamar Bola.. wow.. wow.. wow...seneng banget, ternyata Menu Kamar Bola bukan hanya rekayasa Koh Hien, tapi memang menu yang ada pakemnya :)

So, here I am, mencoba resep yang sederhana tapi enyaks... ini aku share resepnya sesuai buku ibu Hiang, tapi kalian boleh memodifikasinya sesuai selera, sesuai bahan yang tersedia, sesuai tingkat kemalasan masing masing :)

Kamar Bola
Hiang Marahimin

Bahan :
250 gr   udang ukuran sedang
50 gr  jamur tiram, iris iris 1 cm
Minyak goreng
2 siung bawang putih cincang
1/2 bawang Bombay, iris melintang 1/2 cm
50 gr wortel, iris melintang 1/2 cm (kalau aku, wortelnya direbus dulu 1/2 matang)
2 sdm kacang polong segar/beku, rebus, tiriskan
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Perendam (campur jadi satu)
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt ang ciu (kalau mau diganti, ganti saja dengan kecap inggris)

Bakso :
2 sdm bawang merah goreng
1 sdt ebi, rendam hingga empuk, haluskan, sangrai
250 gr daging ayam giling
50 gr lemak ayam, cincang halus
1 sdm tepung kanji
1 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Saus : campur jadi satu
100 ml kaldu/air
2 sdm saus tomat
1/2 sdt gula pasir
1/2 cm garam
1 sdt kecap manis

Cara membuat :
  1. Kupas kulit udang, belah punggungnya, buang kotoran hitam yang ada, tinggalkan ekornya. Rendam udang dan jamur secara terpisah dalam campuran bahan perendam +/- 30 menit
  2. Campur semua bahan bakso, aduk rata. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Bentuk bulat dengan 2 buah sendokk the yang sudah dibasahi air, segera goreng hingga berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan
  3. Panaskan +/- 3 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih hingga mulai menguning. Masukkan bawang Bombay, aduk hingga agak layu. Masukkan udang, jamur tiram dan wortel, masak cepat dengan api besar hingga udang berubah warna. Tuang campuran saus, masukkan bakso dan kacang polong. Tutup wajan dan masak selama 1 menit. Tambahkan larutan tepung Maizena, teruskan memasak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan.
Gampang kan? Tapi yang aku buat lebih gampang lagi...baksonya aku pakai bakso siap pakai dan terdiri dari bakso udang, bakso ikan dan bakso cumi trus jamurnya aku pakai jamur campignon kalengan.. tentu saja kalian bisa memodifikasi dengan menambahkan cumi :)

Happy trying...


2 (2)

No comments: