Thursday 14 December 2017

A La Shabu Shabu

 
Surabaya sedang musim hujan. Cuaca dingin membuat kami sering lapar dan ingin makan yang hangat hangat tapi yang tastenya ringan saja.
 
Sebenarnya saya pengen buat Thom Yam Soup, tapi kuatir Cinta nggak suka, karena tastenya yang asam asam segar. Jadi, supaya semua bisa menikmati, saya buat saja soup a la Shabu Shabu.




Bumbu dan cara membuatnya simple saja. Kebetulan di kulkas ada Dashino-moto, kaldu ikan Jepang. Kalau di Surabaya bisa dibeli di super market Papaya. Untuk menguatkan rasa saya tambahkan kaldu bubuk. Rasanya gurihnya mild. Dinikmati panas panas, cocok buat musim hujan seperti saat ini

Bahan :

2,5 lt air
6 sachet kecil Dashino-moto
2 sdt kaldu ayam bubuk (adjustable)
500 gr bakso aneka rasa (beli di supermarket)
2 bonggol jamur Enoki, buang bonggolnya, cuci bersih
1 bonggol sedang sawi putih, cuci, potong potong
3 cm jahe, kupas, geprak
1 daun bawang ambil bagian putihnya, iris tipis memanjang

Cara membuat:

Rebus air sampai mendidih. Masukkan jahe, daun bawang, Dashino-moto, kaldu bubuk. Rebus lagi sekitar 5-8 menit. Cicipi rasanya.

Masukkan sawi putih, bakso dan terakhir jamur. Tunggu mendidih lalu angkat dan nikmati dengan rajangan cabe rawit kalau mau pedas.

*Kalau tidak punya Dashino-Moto, bisa juga pakai kaldu udang. Rebus kulit dan kepala udang dengan api kecil sampai didapatkan kuah  yang Wangi, lalu saring dengan saringan kain. Pakai kaldunya.
*Masukkan bahan bahan sesuai jumlah yang mau dimakan saja, jangan terlalu lama terendam kuahnya, karena sayur akan layu dan bakso baksonya akan 'njebeber' kalau istilah orang Surabaya, alias mekar :)

 
 

No comments: