Tuesday 1 May 2018

Cornflakes cookies

Waktu kapan hari menghadap boss,  di meja beliau ada kukis kecil kecil dengan bentuk yang tidak mulus.  Mirip kue sagu keju tapi ada serpihan kasar yang aku nggak tau apa. Ketika dicicipin oleh beliau,  dan diberitahu kalau itu pakai cornflakes aku langsung jatuh cinta dan browsing resepnya sana sini pakai google.  Lalu dapat resep dari blog Moengilcake ini,  aku tertarik karena simpel.

Waktu Cinta libur,  aku ajak bikin.  Dia excited sekali dan mau melakukan semua sendiri, nggak mau dibantuin kecuali ketika mencetak adonan.  Awalnya semangat membulatkan adonan, tapi setelah setengah jalan,  dia mulai bosen dan diserahkan ke Maminya... 😊

Aku bikin sekaligus 2 resep,  niat mau ditinggal separoh di rumah,  separoh bawa ke kantor buat camilan.  Hasilnya enak,  nggak terlalu manis dan renyah.  Gunakan api kecil waktu memanggang ya.  Dan membulatkan adonannya jangan terlalu besar supaya matang sempurna. 

Oiya,  karena malas mengeluarkan oven,  aku hanya pakai whisker. Hasilnya kukis tidak mleber. Begitu matang dan agak hangat,  Cinta cemilin terus dan terus.  Nggak bisa berhenti,  katanya 😘

Aku share resep yang aku ambil dari :
http://moengilcake.blogspot.co.id/2012/07/crunchy-cornflakes-cookies.html?m=1

Cornflakes cookies
Resep by Moengilcake
Rebaked by Hanna @resepkeluargacinta

Bahan  

100 gr margarin
25 gr mentega
50 gram gula halus
1 kuning telur
1 sdm tepung custard (bisa diganti maizena atau susu bubuk)
180 gr tepung terigu protein sedang (misal: segitiga biru)
50 gram cornflakes

Cara membuat 

Campur terigu dan tepung custard. Lalu ayak.Kocok margarin, mentega, dan gula halus sampai tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama karena adonan akan melebar saat dipanggang.

Masukkan kuning telur, aduk rata

Masukkan campuran terigu dan tepung custard, aduk rata

Masukkan cornflake, aduk rata.Bentuk bulat adonan dengan menggunakan 2 sendok teh, taruh adonan ke atas loyang tanpa dioles margarin, lalu pipihkan.

Panggang sampai bawahnya agak kecoklatan. Angkat, kemudian dinginkan.

*kalau sudah dingin,  simpan dalam toples kedap udara.

No comments: