Monday, 14 June 2010

Latbar Foodmonster Juni : Fish & Chips, Grilled Beef Patty untuk Burger


Mantap sekali kan photo burger di atas ? Ya, itu adalah hasil latbar Foodmonster bulan Juni yang diadakan pada hari Sabtu 12 Juni 2010 di rumah Nadira.

Thema kali ini adalah membuat Fish & Chips dan Grilled Beef Patty untuk Burger. Menarik banget....soalnya aku nggak pernah bikin burger, bisanya cuma beli aja, itu juga seringnya nggak puas karena rasanya kurang OK. Atau kalau ada yang Ok rasanya, harganya bikin semriwing...alias mahal.

Kali ini tutornya mbak Lia F. Dewi, foundernya FM yang datang membawa bahan yang sudah disiapkan. Fillet ikan kakap putih, daging giling dan bumbu bumbunya.

Yang dibuat pertama adalah fish and chips, tapi kali ini nggak pakai chips...hehehe...nggak papa, kalau chips kan tinggal beli dan nggoreng aja kan. Nah cara bikin fishnya ternyata nggak terlalu sulit juga. Mbak Lia menyarankan ikannya pakai kakap putih karena kalau pakai yang lain hasilnya keras. Supaya tepungnya nggak keras, diberi campuran air soda tawar (resep aslinya pakai beer, kata mbak Lia)



Ikannya nggak amis, padahal nggak pakai jeruk nipis segala. Ini karena ikan yang dipakai masih fresh. Mbak Lia bela belain ke Pabean pagi pagi untuk dapat ikan ini. Bener bener deh ibu yang satu ini ya...biarpun repot dengan pekerjaannya masih menyempatkan diri untuk mempersiapkan bahan dan memimpin latbar. Teladan yang baik buat semua 'anak anak'nya.

Sementara sebagian Mons bergantian menggoreng fishnya (istilahnya apa sih? ikan goreng tepung kali ya? :D), mbak Lia mulai mendemokan cara membuat Patty untuk isian burger. Semua bahan dicampur....


trus dibulat bulatkan..




trus di goreng sampai matang...sambil dibalur bahan pengolesnya.



Sementara itu, yang mau makan siang sudah disediakan macam macam potluck bawaan peserta latbar di meja makan...esnya macem macem dan seger segerrrrr....bikin nambah dan nambah lagi...




yang mau mborong loyang...juga sudah dibawain oleh mbak Raras... :D

mbak Ais Cantik

Setelah makan siang, dilanjut dengan mengisi burger. Roti dioles mayonese, diberi selembar selada,potongan timun dan tomat lalu patty, di atasnya selembar keju lalu ditutup dengan roti lagi. Mantaps !!



Setelah semua burger diisi, giliran para Mods yang sibuk membungkusi hasil latbar dan leftover potluck dan para Mons ngobrol sana sini. Masing masing peserta dapat 2 burger yang molegh,sekotak fish dan beberapa potong kue.


mbak Desy & mbak Lia

 
Selesai semua, giliran photo photoan....nggak rela kalau acara kumpul kumpul gini terlewatkan tanpa photo....yang njepret asistennya Nadira, jadi semua bisa masuk dalam photo, baik itu para foodmonster besar dan foodmonster kecil - yang karena sudah pada ngantuk,cape dan bosan pada berubah jadi monster beneran...pada berantem dan nangis..hihih...maap ya ibu ibu yang juniornya kemarin kena 'tanduk'nya Cinta.



Sampai rumah, bontotan ini langsung aku bagi dengan suamiku dan sampai besok paginya masih kerasa kenyang..hehe...lumayan nggak perlu repot cari makan malam.

Terimakasih mbak Lia, mbak Ceyza, mbak Desy, Nadira dan semua monsters yang asyik asyik....sampai ketemu bulan depan ya.

3 comments:

Rina Rinso said...

aduhhh enak-e..kalo aku ke sby moga-moga pas FM bikin acara. Biking ngilerrrr...

Keluarga Cinta said...

@ mbak Rina,

pokoke rutin Sabtu kedua tiap bulannya.. :). Orang orangnya asyik, materi latbarnya juga ck..ck..ck.. :)

Anonymous said...

pengen ikutan latbarnya, gimana caranya yah?