Sunday 31 July 2011

KBB#24: Rich Chocolate Tart

0 potong2
        


Pie merupakan salah satu jualanku, tapi aku belum pernah bikin yang isinya krim coklat. Biasanya diisi dengan vla untuk fruit pie, buah (apple pie) dan savoury filling. Tantangan KBB ke 24 ini kali ini membuat Rich Chocolate Tart, alasnya mirip adonan pie -  yang diisi dengan coklat yang creamy. Rasanya enak banget (buat penggemar coklat tentunya)....dan membuatnya pun tidak sulit.


Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.
Untuk 10 porsi





Pastry :
185g tepung terigu (aku pakai Segitiga)
25g coklat bubuk
55 gr icing sugar mixture (aku pakai gula bubuk biasa)
150g mentega dingin, cincang (aku pakai salted butter)
2 kuning telur
1 sdt air dingin 

1 bahan


Campur tepung, bubuk coklat, gula  (sambil diayak) dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit. (Aku nggak pakai Food Processor tapi pakai pastry knife saja)


2 adonan


Panaskan oven, suhu sedang (moderate) - aku : 170 derajat C

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

3 loyang


Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan. (aku nggak pakai didinginkan, langsung aku tuangi adonan isi trus lanjutkan memanggang)

4 kacang


Chocolate Filling:

4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla (aku ganti dengan Rhum Bakar)


5 bahan isi



Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow). -> aku 145 derajat C

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak.


6 isi


Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set.


7 komplet


Dan ini hasilnya setelah keluar dari oven :


8 done


Dinginkan selama 10 menit.Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.

Aku buat Rich Chocolate Tart ini pagi hari...lalu aku tinggal kerja, malam pulang baru mau aku hias. Ternyata waktu aku pegang atasnya jadi agak pecah, padahal tadi pagi mulus, hiks..


0 potong 3


Tapi ''rompal''nya permukaan tidak mempengaruhi rasa...karena rasanya memang enak banget, bahkan aku yang nggak suka coklat sampai merem melek ngerasain nikmatnya...terutama karena ada rhumnya itu loh :D

0 potong 4



Dari sisa adonan, aku buat 2 loyang personal...hasilnya, toppingnya terlalu cruchy, sehingga pecah setelah beberapa saat keluar dari oven.


9 pecah



Aroma yang keluar dari Rich Chocolate Tart ini  begitu harumnya, sampai seorang anak yang lagi liburan awal puasa dan (tadinya) masih bermalas malasan di ranjang, bergegas turun, drooling dan maksa minta satu loyang kecil, nggak peduli walaupun masih agak panas, dan katanya 'Soooo... Yummy..." :D


                 kbb1kbb2kbb 3
kbb4


Terimakasih mbak Arfi dan duo host : Ade Sri - Rita Desy :)

0 potong

Ini logo lulusnya:

Logo Lulus Juli Ag 2011

No comments: