Wednesday 19 October 2011

Joseph's Orders

1joseph2


Nggak terasa sudah satu tahun berlalu sejak pesanan Joseph untuk ulang tahun sang kekasih yang jatuh pada tanggal 15 Oktober. Tapi kali ini, Joseph - yang aku panggil Sinyo- nggak mau pesen Blue Berry Cheese Cake seperti biasanya, takut kalorinya katanya,  tapi cake yang banyak buahnya. Cakenya apa saja asal tidak coklat. Aku buatkan sponge cake premium yang lembut karena banyak kuning telur (hihih...nggak papa kan kalau kuning telurnya banyak, Nyo, asal nggak pakai cream cheese ? :D), bentuk hati, ukuran 30Cm, dekornya pakai white ganache, kiwi, strawberry dan canned peach.

Selain itu sebagai main course, Joseph order Galantine set dengan extra wortel. Ini penampakan Galantinenya, extra wortelnya pakai tempat terpisah. Sausnya minta pakai saus tomat.

1joseph


Aku mulai membuat Galantine hari Jumat malam, karena akan diambil oleh Joseph hari Sabtu pagi sebelum aku berangkat Latbar Foodmonster. Nah, rencanaku, sambil nunggu Galantine dikukus, aku akan bikin cakenya. Apa daya, manusia berencana, PLN mengacaukannya...

Jam 12 malam persis waktu aku sedang siap siap mixing,tiba tiba mati lampu. Wadhuhh !! Nggak bisa ngapa-ngapain, aku tulis status di BB. Si Joseph rupanya belum tidur dan baca statusku...langsung merespond "Ohhh...tidaaaakkk !! cake pesananku !" Hiks... Akhirnya kami sepakat, jam berapapun cakenya siap, bahkan sore sekalipun Joseph tetap pesan dan ambil di rumahku.

Joseph tidak mau membatalkan pesanannya karena memikirkan bahan yang sudah aku beli . Padahal aku sudah nyaris putus asa karena waktunya sedikit sekali, dan menawarkan Galantinenya saja. Oh, baiknya temenku yang satu ini.... 

Eh, setengah dua lampu nyala, Puji Tuhan. Akhirnya aku cepet cepet bikin adonan dan masuk oven,sebelum ada kejadian yang tidak diharapkan lagi. Setelah itu aku bikin sausnya. Setelah cake matang, aku update status lagi di BB. Aku bilang "Nyo, cakenya sudah matang, ambil jam 9:30 ya". Memang nggak sengaja nulis BBM ke Joseph karena takut mengganggu tidurnya. Aku istirahat sebentar lalu jam 7 mulai bikin ganache dan mencuci buah. Si Yuk menggoreng kentang sementara mbak Yanti menyiapkan sayur untuk Galantine. Ada beberapa BBM masuk nggak aku buka, karena tanganku kena cream.

Eh, jam 7:30 Joseph muncul di depan rumah. Lho??? Sapa yang suruh dateng sekarang,Nyo? tanyaku...Ternyata oh ternyata, begitu bangun tidur, Joseph lihat status BBku dan nggak baca sampai akhir. Dia pikir cake matang berarti sudah jadi dan bisa diambil. Langsung mandi dan dalam perjalanan kirim BBM ke aku kasih tau kalau sudah dalam perjalanan ke rumah dan aku tidak baca karena tanganku mengandung ganache..Hahahahah...kita berdua ini memang payah ya, Nyo..

Untungnya (selalu ada "untung" dalam hidup orang percaya, cieee...), yang order ini sahabat sendiri dan penuh pengertian pula, jadi aku bisa kerja, sambil ngrumpi dan nostalgia :D. Setelah cake beres, tinggal nata Galantinenya di box. Selesai semua, Joseph pulang setelah sebelumnya nitip kado buat ultah Cinta.

Makasih ya, Nyo, for the orders and for the gifts. God bless your loving soul.

2 comments:

Anonymous said...

Mba Hanna, boleh nanya-nanya lagi? hehe...
cream yang dipakai untuk border, hiasan dan covering itu tergantung kuenya gitu ya Mba? nggak bisa disamakan?
nggak semua bisa pake buttercream, whipped cream atau ganache, gitu kah?
yg paling tahan suhu ruang yang mana tuh Mba?
yang paling enak yg mana?

maaf ya mba, ini pertanyaan mmg awam banget tp sangat penting buat aku.. :-)

salam, ikka.

Hanna said...

Ikka,

Kalau menurutku, lebih tergantung selera dan permintaan, Ka... Memang ada beberapa jenis cake yang harus matching, misalnya cheese cake dg whipped cream,karena jenis cakenya sudah mahtegh, klo dikasih butter cream agak kurang cocok.

Ada jenis cake yang bisa pakai semua jenis cream, misalnya black forest. Meskipun umumnya pakai WHC, bisa dikasih BC/Ganache juga karena jenis cakenya ringan.

Soal ketahanan, whipped cream yang paling parah, gak tahan di luar kulkas sama sekali. Tapi kalau soal rasa tergantung selera. Kalau Ikka tanya seleraku, sebenernya aku paling suka makan cake + butter cream tapi harus dalam keadaan dingin, jadi BCnya kaku...seleraku rada jadul soale:D

Salam,