Wednesday 25 July 2012

Latbar Foodmonster Juli 2012 : Amazing Bento

bento18


Dari sekian lama aku bergabung, menurutku milis Foodmonster ini Latbarnya bener bener bervariasi dan terus mengikuti trend, dari bikin cake, snack, masakan, cake decoration yang pakai fondant, buttercream, carving, photography sampai make up, pakai hijab (yang dua terakhir ini bonus waktu latbar di rumah mbak Ceyza :D).

Dan kegiatannya bukan hanya Latbar tapi ada juga kegiatan amalnya... Semuanya di organisir dengan sangat baik oleh 5 orang Moderator yang juga baker baker senior sekaligus pegawai kantoran.

Demikian juga dengan Latbar bulan Juli 2012 ini, yang berthemakan Amazing Bento. Nggak nanggung nanggung, tutornya mbak Desy Nalendra, salah satu dari Mods sendiri, yang bangun jam 2 pagi untuk mempersiapkan bahan bahan yang akan di pakai hari itu.

Arti bento adalah seni menghias makanan (biasanya untuk bekal). Kreasinya bisa tak terbatas. Nasi bisa diwarnai atau tetap putih. Lauk pauk ditata sedemikian rupa sehingga tampilannya menarik. Tips dari mbak Desy, sebaiknya bahan makanan yang dimasukkan dalam  bento box bukan yang mudah basi.


Lokasinya di Kiky Baking, jalan Kertajaya, tanggal 14 Juli jam 9 pagi. Sambil menunggu para peserta lengkap, mbak Desy mulai bekerja mempersiapkan pernak pernik bento.


bento15


**Acara ini juga diliput oleh salah satu TV Swasta (kalau nggak salah Trans7 deh..).


bento16

Setelah peserta makin banyak yang datang, latbar dimulai dengan pengenalan bahan oleh mbak Desy. Beberapa diantaranya sempat aku photo dan share di sini.





Di bawah ini adalah pasta yang dibuat dari buah dan sayur untuk mewarnai nasi. Mbak Desy neranginnya pakai nama nama Jepang, tapi karena aku nggak inget, aku terangkan pakai bahasa Indoensia aja ya..

Pasta yang hijau dari biji Edamame (satu satunya yang aku inget nama Jepangnya :D), yang Orange dari pumpkin, yang ungu dari ubi ungu.





bento10



Nah yang ini, egg-sheet, lembaran telur dadar yang diberi warna. Butuh waktu beberapa lama untuk aku mencerna, waktu teman teman bilang egg-sheet yang ditelingaku terdengar sebagai 'eksit'. Hihihih...kirain bahasa Jepang yang artinya apaaaaa gitu..

bento14


Begini cara membuat hiasan bento, bahkan tempe gorengpun bisa dipakai sebagai hiasan :D. Btw, puncher dan Bento toolsnya mbak Desy lucu lucu...

bento13


Ini adalah Crab stick yang biasanya dipakai sebagai isian sushi. Sengaja harganya aku photoin barangkali ada yang perlu beli dan pengen tahu berapa harganya. Kalau di sekitaran rumahku, ada di Papaya, Giant dan Superindo di bagian Frozen Food.


bento9


Yang ini, beberapa macam nori yang dibawa oleh mbak Desy. Ada yang lembaran kecil kecil, ada yang besar.


bento8


Dan ini 2 dari hasil kerjaku, Bento Merida si gadis pemberani dalam film Brave sesuai pesanan Cinta. O, btw, sebelum latbar memang kami sudah diminta untuk mempersiapkan contoh gambar bento yang mau dibuat.. dan Cinta minta aku membuat si Merida ini, lantaran masih hangat hangatnya habis nonton filmnya :D. Yang bawahnya, bento emoticon dan yang tadi di atas, owl ungu juga buat Cinta karena dia juga lagi seneng sama Hedwig, own peliharaan Harry Potter...gak mirip sih, secara Hedwig kan putih...tapi aku pengen bikin nasi warna ungu, jadi owlnya dipaksa  berwarna ungu.


bento19


bento20

Akhirnya Latbar Bento selesai sekitar jam 2 siang... 

Terimakasih mbak Desy dan Mods sekalian... Ilmu yang dibagikan sangat bermanfaat. Spirit bikin bento sempat menular ke Cinta , yang setiap mau makan mencetak dulu nasi putihnya lalu diberi hiasan potongan nori..lumayan, bisa menambah semangat makannya :D


  *sementara gini dulu ya...lagi kurang mood mau nulis banyak banyak...ntar kapan kapan aku update lagi postingan ini*

No comments: