Tuesday 14 July 2020

Ontbijtkoek Alias Cake Rempah


Sudah lama aku angen angen bikin cake jadul ini tapi belum terlaksana. Lalu tadi siang ngobrol dengan teman, topiknya Ontbijtkoek juga. Jadi semacam kode alam untuk segera merealisasikan keinginan 😁.

Kebetulan cake ini merupakan salah satu dari sedikit cake yang disukai suamiku. Buat camilan kalau melekan sampai malam dan bisa buat sarapanku besok padi beserta secangkir kopi pahit a😁

Nah rencana pas break makan siang tadi, aku mau eksekusi resep yang sudah lama aku catat. Ndilalah waktu check bahan, ternyata aku tidak punya bumbu spekoek, hanya ada kayu manis bubuk saja, itupun tidak banyak, pasti nanti rasanya kurang nendang. Dengan terpaksa akhirnya ditunda dulu sambil nunggu bumbu spekoek yang nempil dari teman datang.  Oiya, dari  tanggal 17 Maret 2020, aku dan semua teman kantor work from home, bekerja dari rumah karena adanya pandemi Covid-19, virus yang sangat cepat penyebarannya, yang membahayakan orang orang yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang bagus. Entah sampai kapan virus ini bisa dikontrol, karena sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Semoga dalam waktu dekat upaya medis bisa berhasil dan kehidupan kembali seperti dulu. Cross my fingers.

Ok, kembali ke Ontbijtkoek. Akhirnya sore selepas jam kerja aku baru bisa mulai membuatnya.  Kali ini aku pakai resep dari blog mbak Ria Icip Icip di Dapur. Bahannya nggak neko neko, tapi rasanya enak sekali. Dan aku bikin 2 resep sekaligus, karena pengen kasih kado teman yang ultah besok, dan aku tau beliau penggemar cake jadul juga dan aku pakai loyang tulban 😀

Resep Ontbijtkoek
Sumber : Ria Icip Icip di Dapur
Rebake by Hanna Resep Keluarga Cinta
Bahan :
4 btr telur utuh
2 kuning telur
125 gr gula palem/palm suiker
90 gr terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
25 gr bumbu spekoek
50 gr margarin, lelehkan
2 sdm kenari, cincang
Cara membuatnya :
Panaskan oven, lalu olesi loyang 20x20 dengan margarin dan alasi dengan kertas roti.
Kocok telur dan gula palem hingga mengembang.
Masukkan campuran tepung yang sudah diayak, kedalam adonan lalu aduk rata.
Tambahkan margarin cair, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang dan beri taburan kenari cincang lalu panggang sampai matang.
Setelah cake matang dan dingin, masukkan dalam tepak tertutup dan baru dinikmati besok supaya lebih mantap rasanya.

#resepkeluargacinta
#14 Juli 2020

No comments: