Monday, 26 April 2010

Sungguh, saya tidak marah....(postingan saya ada di blog seseorang)

Minggu lalu, waktu iseng iseng googling "resepkeluargacinta.blogspot.com", saya terkejut menemukan satu blog yang isiannya adalah postingan yang di copy paste dari blog saya ini dan dari blog beberapa teman lainnya.

Postingan saya yang diposting di blog tersebut (maaf, saya tidak tega menyebutkan nama blognya), ada beberapa yang disebutkan sourcenya, ada yang ditulis tapi salah ketik dan ada juga yang tidak. Photo photonya, ada yang sudah saya beri watermark, ada yang belum, karena dulu nggak ngerti apa kegunaan watermark :)

Sepanjang ingatan saya, belum pernah ada yang minta ijin untuk copy paste isian blog saya. Kalau yang nge-link, ada...ijin atau tidak, dan saya dengan sangat senang hati mengijinkan. Memang ada yang pernah minta ijin untuk menggunakan photo dari blog saya, tapi sudah saya tolak. Tapi kalau copy - paste....rasanya nggak ada...

Sungguh, saya tidak marah...(ah, setelah semua yang saya lalui dalam kehidupan saya akhir akhir ini, rasanya saya tidak punya tenaga lagi untuk marah, apalagi untuk urusan sepele seperti ini). Saya juga tidak akan menuntut supaya postingan saya di blognya dihapus....nope...mungkin saja blog itu sangat berarti buat pemiliknya dan membuatnya bahagia, dan siapa saya sehingga merasa berhak untuk membunuh kebahagiaan seserang....

Saya hanya berasumsi, pemilik blog ingin memiliki koleksi resep yang menurutnya menarik dan sampai saat ini dia belum tahu, bahwa copy paste dari blog manapun tanpa seijin pemiliknya adalah tidak etis.... Nggak papa, selama tidak dikomersilkan, saya bisa iklas...

Saya berharap, suatu hari nanti, sang pemilik blog punya karya sendiri yang pasti jauh lebih baik dari apa yang telah saya kerjakan, dan bisa memajangnya dengan bangga di blognya.

Sungguh....saya tidak marah.... :)

Tuhan memberkati kita semua !

4 comments:

Anonymous said...

Turut prihatin mbak Hanna...
dan sukses sllu untuk karya mbak Hanna...

Dian_Gresik

Lina Marliana said...

Jadi pengen tahu nih, seperti apa yang di copas ?
Kalau menurutku, asal minta ijin sm yg punya dan dipostingannya ditulis sumber didapat dari mana sih, gpp...

Sukses selalu yah.. :)

Zusana Henny Oktavia, S.H. said...

Dear Mama Cinta,

kenalkan saya susan Ibu muda baru yang lagi belajar masak untuk suami (maklum selama inis elalu mengandalkan ibu dlaam hal memasak jadinya amburadul pas menikah). saya minta izin untuk copas resep2 masakan untuk saya coba praktekkan dirumah. berhubung suami lebih suka makan dirumah daripada beli lauk diluar. jadi walau kadang keasinan saya tetep berusaha menyajikan sarapan-makan malam untuk suami dirumah.

sekali lagi dengana danya blog milik mama cinta saya g kerepotan nyari bumbu waktu kepasr/supermarket. tinggal catet resep dari mama cinta,,,lalu saya tinggal membeli yg saya butuhkan.
saya ucapkan terimakasih atas izinnya dan terimakasih krn blog ini sangat merguna untuk saya. sampai2 blog ini saya save di bookmark notebook saya.

salam kenal,,,

susan di surabaya

Keluarga Cinta said...

Hi, Susan,

monggo, silakan di copas sebagai koleksi pribadi dan selamat mencoba ya...semoga suaminya makin sayang karena Susan makin pinter masak :)

salam,