Monday, 19 April 2010

Terang bulan mini a la Bude Bunda

 

Waktu kami ke Probolinggo hari Minggu kemarin, aku lihat di dapur kakak iparku, yang biasa dipanggil Bude Bunda oleh Cinta, ada alat baru bernama Snack Maker buatan Signora. Seperti biasa kalau kami ketemu, ngobrolnya paling seru kalau soal kuliner....dan siang itu, topik yang dibahas adalah praktisnya bikin snack dengan alat baru ini. Mendengar ceritanya aku langsung tertarik dan ingin pesan juga, tapi waktu Bunda telephone salesnya, dikatakan bahwa stock yang di Probolinggo sedang kosong.



Menjelang sore, Bunda baru ingat kalau Pok suamiku adalah penggemar terang bulan. Bunda langsung mengajak aku praktek bikin terang bulan mini yang resepnya ada di buku bawaan Signora, tapi kemarin dimodifikasi sendiri oleh beliau, bener bener asal cemplung dan hanya menggunakan feeling dan disesuaikan dengan bahan yang ada di dapurnya :). Ini resep a la Bude Bunda :


Bahan :

2 butir telur
50 gr gula pasir
300 gr terigu segitiga
200 cc air
1 sdm fermipan, beri 3 sdm air, aduk sampai berbusa
1 sdt vanili cair
1 sdt soda kue
keju parut
muisyes (coklat beras)
susu kental manis (SKM)

Cara membuat :

kocok telur dan gula sampai gula hancur dan adonan agak naik, tambahkan fermipan, aduk rata
masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan air sampai kentalnya pas aduk dengan menggunakan sendok atau whisker
tambahkan vanili cair
tutup serbet, istirahatkan 45 menit
cairkan soda kue dengan sedikit air, masukkan dalam adonan, aduk rata (adonan akan menjadi berbusa)
panaskan snack maker Signora, olesi dengan sedikit margarine
tuangkan adonan sampai 3/4 penuh, tekan tengahnya dengan sendok sayur supaya tercipta pinggiran kue yang cantik. Tutup dengan tutup kaca yang disediakan.
Masak selama 5 - 7 menit sampai kue matang dan berlubang lubang. angkat.
Panas panas olesi margarine (butter pasti jauh lebih enak), tuangi SKM, coklat beras dan keju parut
Sajikan hangat.

Hasil : 25 pcs.

Hasilnya, enaaaaaaaaaaak banget, terang bulannya empuk dan lembut. Cinta sampai makan berkali kali dan minta sebagian dibawa pulang ke Surabaya, padahal biasanya dia nggak suka terang bulan :)



Ini penampakan snack maker Signora. Cara perawatannya, setelah dipakai, dibiarkan dingin dan di lap saja. Waktu beli dilengkapi dengan piringan yang berfungsi untuk meratakan panas. Harganya Rp 458,000. Selain untuk membuat terang bulan mini, bisa juga untuk membuat kue lumpur, pukis, donat, bakpao, talam,dll, pokoknya kue kue yang bentuknya bulet :)

Kalau mau tahu hasil kue yang lain, tunggu kalau barang pesananku sudah ada ya..hehehe...tadi kata salesnya Signora, hari Selasa baru bisa kirim.

10 comments:

online said...

Bu.. Aq Izin copas y Resep nya.. trims

Anonymous said...

Saya sudah nyoba praktek'in resep bunda,. menurut saya, airnya kurang banyak,. skitar 50 cc gt,.
saya masak di teflon kecil, tp kematangannya kurang pas,. tolong bimbingannya,.

Keluarga Cinta said...

@Online : silakan

@Anonymous : resep ini memang buat terbul yang kecil kecil, dimasak memakai Signora snack maker, dengan api kecil, jadi matangnya pas. Kalau pakai wajan teflon saya belum pernah bikin pakai resep ini. Ada resep terbul lain di blog saya yang khusus untuk wajan besar.

sudrajat said...

Maaf bu saya mau tanya, dimana saya bisa membeli cetakan martabaknya buk. jika ada info saya buk ya di no : 087860024980.

Terimakasih sebelumnya

Anonymous said...

assalam bunda cinta saya mahasiswa dr yogyakarta, saya lagi menempuh tugas akhir saya harus buat suatu produk inovatip sebagai hasil TA saya , saya terinsfirasi dari terang bulan mini, saya lagi menggarap tugas akhir martabak terang bulan mini yang di kombinasi dengan toping seperti pizza, saya sudah penelitian tapi ternyata d jogja tidak ada alat yang seperti bunda yg namanya signora, apakah bunda bisa membantu saya memberi contact person sales atau yg jual, mohon bantuanya bunda saya, bunda bisa hubungi saya lewat ponsel saja smz saja biar tdak merepotkan, terimakasih atas bantuanya, saya menunggu konfirmasi cp signora bunda, ose lijuse pendidikan teknik boga UNY, Hp. 085729621677

annadinara said...

izin copas ya, terima kasih...

Keluarga Cinta said...

Silakan :)

ummu hurum wa jaza' said...

izin share yah...mksih

Anonymous said...

tu kok terang bulannya ndax da bolong2nya???????

asma_syahidah said...

Tolong minta no. HP nya dong...saya jg pengen pesan loyang/cetakan kuenya
Trimakasih