Thursday, 30 September 2010

KBB#19 : Birthday Edition - Onbitjkoek



Duuuhhh….ini benar benar pengerjaan tugas KBB yang paling mepet yang aku kerjakan.

Sebenarnya sudah sejak terima surat tjintah KBB # 19 – Birthday Edition aku sudah niat banget bikin Onbitjkoek karena kali ini semua peserta bebas memilih resep yang pernah dibikin selama tantangan pertama sampai ke 18. Alasanku, karena ingin nostalgia dengan kue bolu yang sering dibuat oleh Mamiku waktu anak anaknya kecil dulu. Dan kebetulan waktu tantangan Onbitjkoek ini, aku belum bergabung dengan KBB jadi belum pernah buat :)

Tanpa bermaksud meremehkan tugas KBB, tapi karena banyak hal yang terjadi selama bulan September ini, akhirnya baru pada hari terakhir aku sempat buat. Itupun aku kerjakan sepulang kerja sambil badan meriang karena serangan batuk berat yang melanda, plus pakai acara ganti regulator gas yang 'bocor halus'...uggghhh...

Namun, karena resepnya juga gampang, bahan semua sudah tersedia, hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam, Onbijtkoek-ku sudah selesai.



Resepnya aku ambil dari tantangan KBB # 11, berikut copy-pastenya berikut sedikit modifikasi dari aku :


KBB#11-Onbitjkoek

Onbitjkoek merupakan kue khas Belanda dan sudah melekat ke dalam kategori kue-kue Indonesia dikarenakan latar belakang sejarah yang melibatkan kedua negara.


Patut kita coba dan lestarikan, karena biar bagaimanapun sejarah juga mencakub dunia kuliner Indonesia yang mempengaruhi komponen-komponen modernisasi saat ini.



Memakai resep ini kita juga belajar membaca resep Indonesia dan bagaimana para praktisi kuliner Indonesia membuat resep (bahan diskusi: metode pembuatan, suhu oven, waktu pemanggangan, cara penulisan bahan, dsb). Ingat, teliti membaca sebelum membuat.


ONBITJKOEK
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

Bahan :




125g gula palem/gula merah

5 kuning telur

3 putih telur

campur rata :

125g tepung terigu,

1 sdt peres kayumanis bubuk,

½ sdtpala bubuk,

¼ sdt cengkih bubuk - aku skip karena nggak punya :(

Note : Resep aslinya memang tidak memakai mentega/margarine, tapi hasilnya seret. Biasanya orang makan Onbijtkoek dengan dioles margarine/mentega, tapi untuk kali ini aku tambahkan 50 gr butter leleh, sehingga hasilnya lebih lembut.
taburan :

50g kenari, iris tipis

Cara :



1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Kemarin aku pakai hand mixer Phillips sekitar 10 menit sudah kental sekali.




2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.




3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Note : aku campurkan sebagian kenari kedalam adonan, dan sisanya untuk taburan.




4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang), keluarkan dari oven, taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat (kurleb 15 – 20 menit lagi).


balik ke atas rak, buka kertasnya dan balik lagi....





Potong menurut selera. Rasanya enak banget menurutku, dan nggak terlalu manis, jadi nggak enegh, apalagi dengan kletis kletis kenari di dalam dan di atasnya. Dinikmati dengan secangkir kopi di pagi hari..hmmm....nyamannn...



Selamat ulang tahun ke 3, KBB, semoga makin seru dan makin kreatif dengan tantangan tantangannya.

Dan ini tanda lulusnya :). Makasih mbak Arfi...


6 comments:

thekyzt said...

fotonya bagus mba, aku suka yang dua dari bawah sendiri.

Kris

Deni said...

alow.. mamanya cinta...
aku baru menemukan blog mu dan sangat terkesan dengan dagangannya... bagus... aku boleh nyontek resepnya ya buat tester di weekend :D
mau buat tapi akhir-akhir ini banyak kerjaan, tiap weekend pasti cape.. huhuhu... anyway, salam kenal yaaa..

Keluarga Cinta said...

Kris : thank you :)

Deni : silakeun...:) salam kenal juga dan thank you sudah dikunjungi ya...

Anonymous said...

Terima kasih atas resep anda. "Ontbijtkoek" berarti kue sarapan pagi. Ontbijt = sarapan pagi & Koek = kue

Monica Adriana said...

mbak hanna, aku repost ya resep modif-an nya.. hehe. soalnya aku jg krg sreg sm resep aslinya, kyny kering banget. jd ak bikin sesuai saran dikau, hasilnya maknyus. hihi. :)

Keluarga Cinta said...

@ Monica : silakan :)