Tuesday, 23 November 2010

Latbar NCC Surabaya : Spicy Fruit Cake & Buttercream


Ini latbar NCC Surabaya kesekian yang aku ikutin....

Berawal dari chit chat di milis NCC khusus Surabaya, yang kalau hari Jumat member dibebaskan mau berbahasa Jawa atau bahasa pasar Atom, dibahaslah acara latbar untuk bulan November 2010 ini. Pertama (kalau nggak salah) materi latbarnya adalah Red Velvet Cake, mentornya mbak Rachmah Setiawati, yang biasa kami sebut mbak R. Nggak tau gimana, akhirnya jadi Spicy Fruit Cake dan Butter Cream :)

Aku menawarkan latbar kali ini diadakan di rumahku saja dan teman teman setuju. Konfirm hari Minggu 21 November 2010 jam 10:00, menyesuaikan dengan jadwal mbak R yang lagi sibuk sibuknya bulan ini. Peserta hanya dibatasi 15 orang, karena keterbatasan tempat :)



Pas hari H, peserta berdatangan, sambil menunggu acara latbar dimulai, teman teman saling ngobrol seru,seolah sudah sering ketemu, padahal sebagian baru pertama kali ketemuan loh. Inilah senangnya berada di komunitas yang sama. Biarpun baru sekali ketemu tapi obrolan nyambung dan nggak jauh jauh dari kuliner, supplier bahan baking, harga yang murah, dll.

Setelah mbak R datang, kami segera mulai dengan bagi bagi resep dan mempersiapkan bahan. Dan ternyata jumlah peserta yang hadir hanya 13 orang karena yang dua orang (Meity dan mbak Yuyun) ada keperluan mendadak.



Dee Risa, Dian Eka, Elfi dan Rita Des yang duduk di dekat mbak R, tanpa diminta membantu beliau mempersiapkan bahan, mengayak tepung, gula, mengocok butter, dll.

Yang lain duduk manis menyimak petunjuk bu guru :)


Setelah sempat mbuang adonan pertama, karena kejatuhan kotoran dari mixer, mbak R membuat 2 adonan lagi sekaligus.

 

Adonan siap dan dicetak dalam loyang cup cake satuan....masuk oven....sambil nunggu cake matang dan dingin, kami makan siang dulu...




Menu potluck yang sempat aku photo adalah :










Selain yang di atas, masih ada beraneka snack, puteri mandi, Amris bawaan mbak R, salad buah bawaan Yuli MH, jus jambu bawaan Dee Risa, jeruk, durian, mangga, semangka, klappertart, japanese Cheese Cake, es puter...hihihi...beberapa  yang terakhir bo'ong ding... Tapi  yang jelas, kemarin bener bener kenyang makan potluck bawaan teman teman.

Habis maksi, mbak R mengajarkan cara membuat butter cream dan cara aplikasinya di atas cupcake. Semua peserta antusias bertanya, dan dijawab dengan sabar oleh bu Guru. Tapi ternyata banyak banget pertanyaan, sampai sampai mbak R menghentikan proses mixing butter creamnya dan bertanya : "Bentar..bentar...emangnya selama ini kalian kalo bikin butter cream bagaimana ?" Qiqiqiqi...ketahuan kalo sebagian besar suka beli jadi aja butter creamnya...



Sementara itu para volunteer membungkusi left over potluck untuk nantinya dibagikan kepada semua peserta...

Mbak R mengajari kami membuat bunga mawar dan swirl dari butter cream....teman teman pada praktek...



dan ini hasilnya,setelah diberi hiasan dari white chocolate....manis kan?



Demo selesai, sudah makan kenyang, tinggal sawerannya... :)


Lalu sebelum pulang kami photo photoan dulu....as usual..

Fabia, mbak R, Dian Eka


Sekitar jam 15:00 latbar yang seru dan sangat bermanfaat ini selesai. Terimakasih, teman teman, acara ini tidak mungkin berlangsung tanpa partisipasi aktif dari kalian semua : mbak Rachmah, Shirley sang motor, Hepi, Dian Eka, Rita Des, Fabia, Yuli MH, Dee Risa,Mia, Elfi, Didin , Fony dan tidak ketinggalan Puteri, gadis kecilnya mbak R yang sudah jago pegang kamera.

Sampai ketemu di latbar latbar NCC Surabaya berikutnya ya...

Oiya, soal rasa Spicy Fruit Cake nya mbak Rachmah, hanya ada satu kata : luar biasa.... :D


4 comments:

Shirley said...

Kenapa ya kalo habis bubaran latbar masih terus terbayang2 potluck2nya. Nyampe rumah jadinya lapeerrrrrrr. Cuman dalam tempo 1 jam, bontotan sambel goreng ati plus 2 piring nasi putih langsung berpindah ke perut, puding mangga dan fruit cake habis dilalap suami dan ponakan.

Next time ganti peran ah, nggak jadi fotografer terus. Biar bisa nyemil sepuas2nya hahahahaaa.

Trims buat reportasenya ya Han. Jangan lupa disharing di milis.

Dian said...

Serune rekk...Okeh men jajane..hehehe
sayang pas iku dino Minggu...suseh dapat ijin dr misua..laen kali mbok ya Sabtu gitu,

Salam,
Dian

nadz said...

Huaaaaaa kook enact makananeeeee! Aku ngga ISA ikutttt! Resepna ya don't forget.... Cantik2 ya hasilna! Hope I can join next latbar

Dapursofia said...

mbk hana resep BC dan spicy fruit cake nya mana?????? masak cuman diiming-imingi serunya acara dan potluck2nya.....hiks hiks...