Tuesday 10 May 2011

Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta

Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta


Sudah beberapa kali suamiku minta dibuatin Beef Teriyaki sekalian saladnya. Aku sebenarnya sudah beli dagingnya lama, tapi kok males ngolahnya, jadi cuma aku simpan di freezer aja. Baru setelah nada bertanya suamiku mulai meningkat 1 oktaf nanyain mana Beef Teriyaki dan saladnya, aku niat niatin nge-marinate dagingnya hari Minggu pagi kemarin..hihihi...males is the best reason for not cooking deh..

Nah,pas buka kulkas baru lihat punya paprika hijau yang duluuuuuuuu rencananya mau dibuat salad sayur, tapi lagi lagi penyakit malas kambuh, jadi ditumpuk aja di laci kulkas. Kalau saladnya Beef Yakiniku kan cuma wortel dan kubis saja, nggak pake paprika. Nah daripada paprikanya nggak kepakai lagi, ya wis, sekalian aja aku bikin daging masak paprika.

Resepnya asal aja, memanfaatkan saus saus yang ada di dapur..yang kalau nuruti rasa malas juga akhirnya pada dibuang karena expired :). Tapi beneran, jadinya enak kok...bahkan setelah beberapa kali dihangatkan malah makin enak...

Ini resepnya :

500 gr daging lulur dalam (biar empuk) iris tipis melintang serat
2 bawang bombay besar rajang kasar
4 bawang putih cincang kasar
6 sdm saus teriyaki (merk Saori)
5 sdm saus tiram (merk Saori juga)
1 sdm gula pasir
4cm jahe, kupas, parut, ambil airnya
1 sdt vetsin
1 sdm minyak wijen
1/2 sdt merica
1 sdt kaldu bubuk
2 paprika hijau , potong potong sesuai selera
minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Campur daging yang sudah diiris tipis dengan air jahe, saus teriyaki, saus tiram, gula pasir, vetsin, merica. Tutupi wadah dengan plastic wrap, simpan dalam kulkas selama 2 - 3 jam.

Sementara itu siapkan saladnya :

Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta


Bahan :
2 wortel (import) kupas, potong korek api
1/2 whole kubis, iris tipis
1 sdm garam
2 sdm gula pasir
sedikit cuka masak
Mayonese secukupnya

Campur wortel dan kubis dalam wadah, beri 1 sdm garam, remas remas sebentar, cuci bersih, tiriskan
Beri gula pasir dan cuka masak, aduk rata, simpan dalam kulkas sampai waktu disajikan

Setelah daging yang dimarinate tadi siap, panaskan minyak dalam wajan, \
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
Masukkan daging, tumis sampai matang dan mengeluarkan juice
Tambahkan kaldu bubuk, masak lagi sampai matang
Terakhir masukkan paprika, masak sampai tingkat kematangan paprika yang dimaui. Kalau aku suka paprikanya sampai benar benar matang...


Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta



Sajikan daging dengan salad yang diberi mayonese dan nasi putih hangat. Kalau suka pedas, tambahkan saus sambal botolan.


Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta


Waktu nunggu dagingnya di marinate, aku buatin suamiku semangkuk besar popcorn dan secangkir besar kopi. Sambil main game dengan Cinta, dia maem popcornnya...sedikit demi sedikit,lama lama popcorn semangkuk dan kopi secangkir habis, alhasil waktu masakannya siap, dia sudah kenyang. Whoaaa....!!

Ya sudahlah, namanya orang sudah kenyang masak mau dipaksa maem.... Akhirnya nasi, daging dan salad yang sudah aku siapkan, aku pakai buat belajar motret aja, kebetulan siang itu dapat sinar yang lumayan bagus... :D

Daging Masak Paprika a la Keluarga Cinta



Tips : kalau nggak pakai daging lulur dalam, pakai daging apa saja bisa asal nggak berlemak, beri 1 sdt Paya (extract getah pepaya, banyak dijual di supermarket) dan campurkan pada saat me-marinate. Tapi nanti waktu masak jangan ditambahkan kaldu bubuk lagi kecuali memang pengen asin, karena Paya rasanya sudah asin.

No comments: