Thursday 2 August 2012

Nastar Keju Femmy Jacob, So Yummy :)

01nastarkeju


Dua minggu lalu Cinta maksa banget pengen dibuatin Kastengels dan Nastar yang ada kejunya. Waktu aku bilang bahwa bikin Nastar nggak bisa 'sak deg-sak nyet", harus nyiapin selai nanasnya dulu (karena aku nggak mau beli selai siap pakai), marutin keju dan gongso tepungnya dulu (kebeneran di rumah lagi nggak ada keju Edam dan tepung juga tinggal dikit :D), dan lain lain, jadi harus bener bener nunggu Mamie senggang #padahal alasan aslinya : aku belum mood bikin kuker :D#.

Eh, dia tetep aja nggak sabar,  setiap hari nagih, sampai akhirnya dia ngasih order Yuk suruh beli nanas di tukang sayur. Trus ngatur jadwal kapan kami bisa ke TBK belanja keju dan tepung... Melihat kegigihannya kok lama lama hatiku leleh :). Kebetulan juga minggu terakhir bulan Juli 2012 kemarin ada tugas dari KBB bikin kukis berbahan dasar keju, akhirnya aku belanja juga sekalian untuk bikin requestnya anakku.

Nyari nyari resep yang cocok, baik di buku maupun browsing, akhirnya aku tertambat di blognya Femmy Jaco yang terkenal dengan Cheese Buttonnya :)

Setelah minta ijin kepada Femmy, ini aku share resep Nastar Keju Femmy Jaco plus tips tips yang ditambahkan oleh Femmy di sini :

Bahan-bahan:


500 gram mentega & margarin (mix 50:50 hasilnya OK dehh)
60-100 gram gula halus (60 gram : hasil kulit kurang manis, 100 gram: buatku kemanisan karena selai nanas biasanya dah manis) ->; Hanna : 80 gr
3 kuning telur
120 gram tepung maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju cheddar parut
450-500 gram tepung terigu
Vanili secukupnya  -> Hanna : tidak pakai


Untuk olesan: 3 buah kuning telur campur dengan 1 sdm margarin leleh atau 1/2 sdm minyak goreng

Selai nanas Femmy:

- 5 buah nanas, kupas, potong2, blender hingga halus  (-> Hanna : 7 nanas, kupas, balur garam cuci bersih, parut)
- Masak hingga kadar air berkurang
- Tambahkan 150-200 gram gula pasir, 1 sdm bumbu spekuk, kayumanis dan cengkeh secukupnya, air jeruk nipis secukupnya (Hanna : aku pakai seujung sendok teh Asam Citrun)
- 1 sdm mentega (Hanna : nggak pakai)
- Masak terus hingga mengering. Gunakan api kecil dan aduk2 terus supaya tidak hangus.

 Tips:

- untuk hasil terbaik, sangrai dulu tepung terigu selama kurang lebih 15 menit
- untuk mendapatkan nastar yang tahan lama, panggang nastar dengan api kecil hingga bagian bawah berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, pindahkan nastar ke cooling rack, biarkan hingga benar2 dingin baru masukkan ke toples.
Tips dari Hanna :

- Supaya olesan Nastar bisa bagus dan rata, oven Nastar sampai setengah matang dulu. Keluarkan dari oven, angin anginkan sampai dingin baru oleskan bahan olesan (telur kuning + minyak goreng), lalu dioven lagi sampai matang. Jangan panas panas diolesi karena telur akan langsung matang dan menjadi tebal
Petunjuk

- Kocok mentega dan margarin hingga tercampur rata (kurang lebih 30-60 detik).
- Masukkan kuning telur satu persatu, kocok sebentar hingga tercampur rata
- Tambahkan keju cheddar parut, tepung maizena
- Tambahkan susu bubuk
- Terakhir masukkan tepung terigu hingga adonan kalis
- Bentuk sesuai keinginan
- Olesi bagian atas dengan campuran kuning telur dan margarin
- Tambahkan keju cheddar parut di atasnya, jika suka
- Panggang dengan api sedang hingga matang.


Thanks, Femmy, Nastar Kejunya bener bener top...

Buat teman teman  yang tertarik, silakan dicoba, dijamin tidak menyesal. Kulit nastarnya lembut, kejunya kretes kretes...so yummy :)


01nastarkeju2

No comments: