Monday 2 February 2009

Donat (pakai resep Roti Empuk NCC)




Sabtu pagi, Sidoarjo masih dingin dan basah karena hujan semalam masih menetes sampai pagi. Setelah mengantarkan Cinta, anak saya ke sekolah, saya pengen sekali meneruskan tidur yang terputus…mumpung weekend. Belum 5 menit di ranjang,tiba tiba saya ingat, ini kan Donat Week NCC…langsung saya bangun dan siap siap bikin donat.

Resep yang saya pilih kali ini adalah resep Roti Empuk NCC…teringat cerita Onny Asri yang sempat dibuatin roti empuk waktu bu Fatmah Bahalwan ke Surabaya, bahwa adonan roti empuk bisa juga dibuat donat. Tapi kali ini, karena pengen nyoba rotinya juga, adonan saya bagi 2, separo buat roti empuk, separo buat donat. Hasilnya??? The best donat yang pernah saya bikin !! Gak percaya? Buktikan sendiri deh..… :)



Ini resepnya yang sudah saya modif sedikit :




Bahan :


500 gr tepung terigu protein tinggi (cakra)

100 gr gula (saya tambahin jadi 120 gr)

100 gr mentega

11 gr ragi instant

½ sdt bread improver

4 btr kuning telor

200 ml air es (resep asli, sediakan 300 ml, 200 ml dipakai, 100 ml buat jaga jaga. Ternyata 200ml pas buat resep ini)

½ sdt garam


Tambahan dari saya (resep asli nggak pakai):

2 sdm susu bubuk

½ sdt vanili


Cara membuat:


Campur semua bahan kering, kecuali garam (karena garam mematikan ragi kalau dicampur bersama adonan kering, sehingga adonan tidak bisa berkembang), aduk rata


Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.

Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai khalis elastis.





adonan elastis = molor kalau ditarik dan bisa ditarik sampai 'transparant' tanpa sobek




Bulatkan sambil sedikit ditarik tarik sehingga permukaannya halus. Diamkan selama 30 menit sampai mengembang 2x. Karena cuaca dingin, saya taruh adonan didalam bowl mixer dan tutup dengan tutupnya. Kempiskan.


Giling setebal 1 cm (beri taburan sedikit tepung di meja dan rolling pin supaya tidak lengket.


Adonan siap dibentuk-bentuk. (saya pakai cetakan donat)



setelah dicetak adonan diistirahatkan 15 menit lagi dengan ditutup plastik


cetakan donat





Goreng dengan minyak banyak dan api kecil. Hanya dibalik 1 kali saja.Tiriskan.

Hias dengan topping sesuai selera (saya pakai dcc leleh dan muisyes pink)




Komentar Cinta anak saya : “Donatnya enak beneran loh, Mam…ini resepnya nggak palsu** lagi ya?” Dan seharian itu, Cinta sudah makan 6 potong donat besar (sekali makan 2 potong). Minggu masih makan lagi 4 plus yang kecil kecil. Senin pagi minta bekal donat lagi buat sekolah...tapi...sayang donatnya sudah habis..minggu depan bikin lagi ya, Nak... :)



sisa potongan donat digoreng tersendiri, makannya dicocol sama dcc cair..



**cerita soal resep donat palsu , kapan kapan saya posting tersendiri ya..bukan ngrasani siapa siapa kok...cuma kayaknya tangan saya nggak cocok bikin donat yang pakai 'biang', cocoknya yang cemplang cemplung hihih**



Moral of the story....resep resep NCC memang is 'nde best !!


9 comments:

Unknown said...

asaalamualaikum...

salam kenal..
saya mau tanya..
cara memberi topping pada donut goreng bagaimana ya? apakah langsung saja setelah digoreng atau dibalut margarin dulu spy meisies tdk jatuh2?

Makasih ya...

Hanna said...

Hai Fenny,

Sebelum diberi meisies, setelah digoreng, tunggu agak hangat atau sekalian suhu ruang, lalu celupkan ke coklat yang sudah dilelehkan dan taburi meisies. Masukkan kulkas sebentar supaya coklatnya kaku.

Kalau mau pakai margarine atau buttercream, tunggu sampai suhu ruangan, olesi, lalu taburi meisies.

Sebaiknya kalau pakai margarine, margarinenya dikocok dulu sampai lembut.

salam,
hanna

Unknown said...

terimakasih ya buat jawabannya..
sangat bermanfaat buat saya yg baru belajar..
sukses selalu buat keluarga cinta.

Anonymous said...

salam kenal mbak..

Saya fitri,mau tanya klo bread improver nama dipasaranny apa ya?

Soalny saya pernah ketbk,minta bread improver,pelayannya bingung,pas saya blg yg bsa bkn donat jdi lmbut dan ga keras,pelayannya blg,pke ragi jga bsa..tpi hasilny tetep aja donatny keras..

Trs,biar donat empuknya tahan lama pke apa ya?soalnya saya donatholic,jdi pgnny klo bkn donat bsa sekalian bwt 2/3 hari gtu..

Mksh ya sblm nya mbak..

bugis elor said...

assalamualaikum,numpang tanya
aq mau tanya gimana ya agar donutx tidak terlalu keras walaupun sampai 3 hari..terima kasih...

fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich...hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH...

Anonymous said...

caranya yang detail gmana?not

Anonymous said...

cerita Donat palsunya bgaimana mba?? saya pengen tau. hehehe :D

Anonymous said...

cerita tentang Donut palsunya bgaimana mba??? *penasaran* hehe.. :D