Tuesday, 19 October 2010

Ayam Kodok - Latbar Foodmonster yang selalu seru...


Bisa membuat Ayam Kodok sendiri adalah obsesi kecilku. Aku sering lihat sajian ayam kodok di buku buku resep, punya banyak resep tentang ayam kodok, pernah merasakan, tapi belum pernah bikin dan belum tahu caranya yang benar.

Dulu waktu NCC ngadain kursus Ayam Kodok di Surabaya aku berhalangan ikut. Karena itu waktu Foodmonster merencanakan latbar dengan thema ini, aku semangat sekali.

Ditunggui berbulan bulan, akhirnya tanggal 16 Oktober 2010 kemarin, kesampaian juga.

Waktu pengumuman pendaftaran latbar ini aku lagi nggak ada di depan computer, trus dapat sms dari mbak Riza Des dan mbak Ais ngasih tau kalau pendaftaran dimulai dan sekarang sudah nomor 11...walaaah...langsung aku lari ke meja kerja dan ndaftar. Puji Tuhan masih kebagian slot...hihihih...

Larbarnya diadakan di rumah mbak Raras yang lega, yang sudah di set up sedemikian rupa, sehingga 4 group yang terdiri dari 4 orang bisa bekerja kelompok, praktek sendiri sambil dibimbing oleh mbak Nana, mbak Desy dan mbak Ary, yang sebelumnya memang sudah pengalaman bikin Ayam Kodok. Tiap orang dalam satu kelompok mendapat tugas membawa bahan dan alat yang saling melengkapi, sedangkan bahan ayam kodoknya sendiri termasuk ayam utuhnya, disiapkan oleh the Mods, kami tinggal membayar uang iuran yang super ringan.

Latbar dimulai tepat jam 9 pagi. Yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan bahan bahan isi. Setelah semua kumpul, mbak Nana mulai mengajari kami cara memisahkan kulit dari daging ayam utuh.

Dengan telaten, pelan pelan (supaya kulitnya nggak sobek) mbak Nana membimbing kami sampai bisa, sekaligus memberikan tips tips penting...


Chef Nana...yang super sabar...



Secara garis besar inilah step by stepnya....

Bagian yang paling susah dalam pembuatan Ayam Kodok ini sebenarnya aku rekam di blackberryku. Tapi karena BBku sekarang sudah ganti pemilik,  maka aku hanya mengandalkan ingatanku saja kalau mau buat nanti.

*Ah, semoga rekaman video itu bisa berguna buat pemilik  BBku yang sekarang, sehingga dia bisa punya penghasilan halal dari membuat dan menjual Ayam Kodok dan in the end, berhenti melakukan kebathilan... semoga... m(^_^)m*



Selesai melepaskan kulit dari badan, adonan isipun dimasukkan.



Jahit bagian bagian yang terbuka atau sobek...




Lalu ayam yang sudah montok ini dikukus sampai matang...

mbak Ary yang sangat helpful...



grupnya Tjita, Mae, mbak Ais dan mbak Dian yang heboh...



Oles dengan bumbu pengolesnya...



Lalu dioven sampai coklat keemasan, sambil sesekali diolesi bumbu pengoles lagi...


bukti kerjasama team yang baik,nggak peduli ayamnya siapa,
pokoknya dioles aja :D


Sambil nunggu oven siap, maksi dulu dengan potluck yang enak enak...



Trus setelah matang mulai diberi garnish..


Aku suka banget lihat wortel grupnya mbak Ceyza ini...aku kirain tadinya baby carrot...ternyata bukan. Terimakasih mbak Ceyza atas tips cara membuat finger carrot ini.





Trus photo photoan deh......



 mbak Nila, Hanna, mbak Dian, Fifi Gresik....groupku, group C



Ini adalah jajaran Ayam Kodok dari tiap group termasuk groupnya Mods...cantik cantik kan? :)












Setelah puas photo photoan, ayam kodokpun dihabisi riwayatnya, bagi empat dan masuk kotak untuk oleh oleh keluarga... :D


 

Foto bersama sebelum bubaran...sayang mbak Lia, bu Ketu belum datang waktu ini....

 


Sekitar jam 4 latbar selesai...total hampir 7 jam kami latbar Ayam Kodok ini...nggak kerasa capeknya, padahal kalo di kantor 7 jam sudah kerasa lama banget..hihih...

Secara keseluruhan latbar Ayam Kodok ini  bener bener luar biasa. Rame dengan lemparan jokes, obrolan akrab, kerjasama yang kompak dan transfer ilmu yang sangat berguna juga potluck yang bikin mulut nggak berhenti mengunyah....padahal perut sudah terasa berat banget :)

Sekali lagi terimakasih buat mbak Lia dan para Moderator Foodmonster yang telah mengadakan latbar ini, mbak Nana yang telah menjadi tutor yang sabar...mbak Raras yang sangat ramah dan menyenangkan sebagai nyonya rumah dan semua teman teman FM yang sangat talented.

Sampai ketemu pada latbar berikutnya....love you all...


7 comments:

Dian said...

I like it....bener-bener rejeki tak dinyana..semula kan aku gak katut, la kok katot.

Eh iya..iya mbak...kmrn kan kamu ngrekam sampe selesai stepnya mbak nana pke BB ya...aduuhhh..sayangnya...

Keluarga Cinta said...

Hihih...luka hatiku (kehilangan BB)seperti dikecruti jeruk pecel begitu inget soal rekaman video ayam kodok itu... Pertama kehilangan nggak sadar tentang video2 yang ada di dalamnya, pas kemarin mau posting soal ayam kodok di blog ini baru inget, termasuk diantaranya les renang Cinta yang pertama....perrrihhh... :D

dee ^o^ said...

Mbak Han, kyknya seru yah! Coba gitu aku ikutan ini aja daripada kursus. Mahalll bu, hehehehe..Caranya join Foodmonster gmn mbak? boleh join kah?

Camelia said...

Mba' Hanaaaaa....
Kalo bikin finger carrots lagi, jangan lupa posting n' ajari ya tips n' tricks nya. Suka deh ngeliatnya, abisnya, imuuuuttt banget!

*hug*

PS : Mudah2an segera dapat ganti BB-nya ya mba', jadi ingat dulu aku kecopetan BB baru 2 hari beli. Yang bikin bete, cicilannya blom lunas, setahun bayar cicilan kartu kredit tanpa barang...hiiiiikksss!!!

Keluarga Cinta said...

Dear Lia,

Finger carrot mudah bikinnya.Hanya wortel (pakai yang import dan besar besar),direbus trus dipotong potong bentuk wortel kecil (ujungnya ditumpulkan) lalu di atasnya ditusuk daun peterseli (dengan bantuan tusuk gigi) :D

Makasih doanya buat BB. Copetnya beruntung banget dapet BB yang masih mulus ya. Kalo BBku sudah 3kali jatoh..hahaha... :)

hugs back...

dentistvschef said...

paha n sayapnya kok ngak diisi mbak...
ayam kodok kan kliatan jd "kodok" klo sayap n pahanya diisi jg,
klo gak diisi chef yg pernah ngajarin aku blg klo itu jdnya just a simple stuffed chicken

Keluarga Cinta said...

@dentistvschef :

hmmm....lain guru lain ilmu kali yah.. :)

kalau paha yang dikulitin saya masih bisa membayangkan, tp kalau sayap yang dikulitin kok rasanya susah ya karena daging dan kulitnya lengket sekali? Chef anda pasti top banget tuh :)

Thanks for visiting anyway :)