Wednesday, 27 October 2010

Oseng Sawi Asin

 
 

Aku suka masakan pake kecap ! Apapun asal ada kecapnya, menurutku enak. Itulah kenapa resep resep di dalam blogku ini banyak yang mengandung saus kedele kental yang hitam manis ini.

Dan aku  juga suka banget sayur asin, atau sawi asin. Di masak apapun aku suka. Mau dimasak kuah, asinan, atau dioseng. Kalau ke supermarket lihat sayur asin, rasanya nggak tahan untuk nggak beli. Kadang aku simpan lama di kulkas karena nggak ada waktu untuk masak. Dan di rumahku, sayangnya, hanya aku yang suka. Suami dan anak nggak mau makan kalau aku masak ini.Tapi tetep aja aku beli dan masak, trus makan sendiri sampai habis, walaupun makan waktu berhari hari, karena sekali masak pasti banyak :)

Hari Minggu kemarin, kakak iparku dan suaminya datang dari Probolinggo ke Surabaya. Karena short notice, aku nggak siap masakan apa apa. Tapi aku punya stock sayur asin, wortel dan kepiting kupas. Planningku mau masak Fu Yung Hai saja buat mereka dan suamiku, karena aku tahu mereka semua suka. Sedangkan untuk aku sendiri, aku pengen bikin oseng sayur asin, karena pengen makan sayur sayuran,setelah lama makan daging dagingan melulu.

Yang pertama aku masak adalah osengnya dulu, karena wortel untuk Fu Yung Hainya masih aku rajang. Waktu iparku datang, dia lihat oseng sayur ini, iseng iseng ngicipin...eh...ternyata dia suka banget, rupanya ini kali pertama iparku ini tahu bahwa sayur asin bisa dioseng. Sementara aku lagi nyiapin orak arik wortel, iparku ngicip ngicip sayur asinnya, tapi lama lama icip icipnya jadi maem beneran. Waktu Fu Yung Hainya matang, iparku nawarin suaminya mau maem sama apa,ada Fu Yung Hai dan ada oseng sayur asin yang enak banget (kata iparku loh...:D). Suaminya penasaran sama rasa osengnya, jadi milih maem pake oseng sayur asin dan setelah maem, katanya 'wuenak' ! Fu Yung Hainya buat nanti sore aja, kata mereka...oalah...hihihih...

Sore pulang dari PGS, sebelum mereka balik ke Probolinggo,kami makan lagi. Eh, iparku dan suaminya masih maem sama sayur asinnya lagi, sementara Fu Yung Hainya malah cuma buat lauk sampingan saja. Gitu loh, suamiku tetep nggak tertarik buat ngicipin :-/

Semalam karena masih belum puas makan oseng sawi asin, aku bikin lagi... dan sempatin photo. Ini photonya dan aku share resepnya buat yang belum pernah bikin dan pengen nyoba...


Bahan :

5 bungkus sawi / sayur asin (kurleb 500 gr)
200 gr Taoge (kadang aku nggak pake taoge juga...tergantung availability si taoge saja :D)
200 gr ayam fillet, potong potong
5 bawang putih keprak, cincang
7 bawan merah, rajang kasar
5 cabe rawit (atau sesuai selera) potong kasar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 - 6 sdm kecap manis

Cara membuat :

Cuci bersih sayur asin, peras, buang bonggolnya, rajang kasar
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
Tambahkan cabe rawit dan ayam fillet
Masak sampai ayam berubah warna
Masukkan sayur asin, tambahkan kecap dan bumbu bumbu lain
Beri 1 gelas  air, masak sampai ayam empuk
Terakhir masukkan taoge, masak sampai layu
Sajikan.

Gampangkan? Rasanya gurih, asem, manis...pokoke wuenak ! :D

2 comments:

thekyzt said...

wah, mb hanna rek membuatku pengen bikin heheh. Ntar siang ngaburrrr ke superindo ahh beli sawi asin...daku pecinta segala oseng2 soalnya...tapi blm pernah nyobain oseng2 sawi asin. Thanks for sharing ya mba..

Keluarga Cinta said...

My pleasure :)

Aku juga paling seneng beli sayur asin di Superindo, seger2 :D