Monday 30 May 2011

KBB # 23 : Lemon Cheesecake (Cheesy Fun)

0 kbbjudul



Tugas KBB kali ini adalah membuat Italian Lemon Cheesecake, tapi berbeda dengan cheese cake yang selama ini aku buat, Lemon Cheesecake ini menggunakan dua macam keju yaitu Mascarpone dan Ricotta dan crustnya terbuat dari kacang kacangan, bukan biscuit seperti yang biasanya. Di oven tanpa au bain marie, jadi nggak kuatir air rendaman bocor dan merusak cheese cakenya.

Di dalamnya, selain campuran kedua keju tadi, ada dried fruits yaitu sultana/kismis dan manisan apricot (tapi aku pakai mixed peel, karena nggak nemu manisan apricot :D

Membuatnya simpel banget....setelah dioven selama hampir 1 jam, lalu didinginkan juga sampai benar benar dingin baru masuk kulkas. Rasanya bener bener nikmat...perpaduan gurihnya crust dan cream cheese serta manisnya dried fruit dan tentu saja wanginya lemon yang nggak bikin enegh .. Worth trying deh pokoknya :)

Ini resep yang aku dapat dari KBB, yang pakai huruf italic itu tambahan dari aku :

--------------------

Lemon Cheesecake , Sumber: Successful Baking


logo kbb#23_uk besar



Cheesecake ala Italian ini memiliki rasa citrusy yang enak sekali disantap dengan espresso kental.

Bahan-bahan :
Untuk 8-10 porsi

1 bhanan


¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti) -> aku pakai apple juice
¼ cup orange juice
75g sultanas (bisa diganti dengan kismis)
150g mascarpone
400g ricotta
125g gula kastor (gula pasir yang diblender sebentar sehingga jadi butiran lembut)
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis (aku pakai mixed peel)


Crust:
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan (aku pakai almond ground)
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar (aku pakai palm sugar)
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice


Cara Membuat :


4 loyang



Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm (aku pakai 7 loyang personal @ 10cm), olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh. Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.  Aku baru memanaskan oven setelah crust terpasang di loyang.


2 sultana


Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

5 siap isi


Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

6 siap oven


Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

7 keluar oven


Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.


8 closeup


Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

9 dalam


Terimakasih mbak Arfi, mbak Rachmah dan Caroline yang jadi host tantangan KBB kali ini, maaf, laporannya bener bener last minutes (padahal sudah janji sama mbak Rachmah mau bikin awal..hiks..)

Sudah dapat kiriman logonya dari Host nih :D

Logo Lulus Cheesy Fun

1 comment:

sherry said...

cantik sekali mbak hasilnya....