Monday, 6 June 2011

Asem Asem Daging a la Keluarga Cinta

Asem asem daging


Bosen baca postingan soal orderan terus, ya? Nah..kali ini aku postingkan resep masakan Asem Asem Daging, favoritenya Keluarga Cinta - yang rasanya gurih, manis, asem...cocok untuk sarapan, makan siang bahkan makan malam :D.

Kalau di Semarang, Asem Asem Daging diberi kecap manis....tapi kalau di rumahku masakan ini ditambahin kecap manis, pasti hanya aku dan mbak Yanti yang mau..karena suamiku nggak suka, terlalu manis katanya :D


Yuk...

Ini bahan bahannya :
500 gr daging sapi (aku suka bagian paha yang ada otot ototnya dikit)
1 tahu Cina, potong potong, goreng setengah matang
6 bawang putih iris tipis
8 bawang merah iris tipis
1 jempol lengkuas (laos) memarkan
3 lembar daun salam buang tangkai daunnya
1 sdm kaldu sapi bubuk
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1 sdt tidak munjung Vetsin
250 gr buncis,bersihkan, potong potong
2 buah wortel, kupas, potong potong
5 buah belimbing sayur/belimbing wuluh, potong potong(bisa juga pakai tomat sayur)
cabe rawit sesuai selera
cabe merah/hijau besar, potong kotak kotak (aku nggak pake soalnya lupa beli :D)
2 liter air (bisa juga pakai air bekas rebusan daging)
Minyak untuk menumis

Asem asem daging


Cara membuat :

  1. Presto atau rebus daging sampai setengah empuk, potong potong,sisihkan, simpan airnya kalau mau dipakai sebagai kuah
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, laos dan daun salam sampai wangi
  3. Masukkan daging, tumis sebentar, lalu tambahkan air (*), masak sampai mendidih
  4. Masukkan kaldu bubuk, vetsin, gula, tahu dan belimbing wuluh, masak lagi sampai daging empuk dan rasanya enak. Tambahkan air bila perlu.
  5. (Kalau mau pedas, potong potong cabe dan dimasak bareng dagingnya. Kalau nggak suka pedas, cabe rawitnya utuh saja, dimasukkan terakhir)
  6. Sesaat sebelum diangkat dari api, masukkan wortel dan buncis. Tunggu sampai sayur sayuran empuk.
  7. Sajikan

Menurutku, paling enak kalau Asem Asem Daging ini disajikan dengan nasi putih, dilengkapi dengan  telur asin atau telur ceplok dan kerupuk udang...suegerrr....

(*) Tips dari Mamieku, kalau menambahkan air pada masakan, gunakan air panas

Asem asem daging


Selamat mencoba :)

4 comments:

Tuty said...

Hanna,
Tadinya aku pikir ini Masak Asem Daging... tau nggak itu? Makanan favoritku wkt kecil sebab nggak ada sayurnya wakakakak

Ini juga keliatan sedap nih apalagi pakai daging shank/paha.

Salam hangat

Tuti said...

Mbak Hanna...sayur Asem-Asem ini juga kesukaan keluargaku....memang seger n enak..jadi pengen nambah terus maemnya....

thekyzt said...

Mba Hanna, aku nyebut masakan kayak gini garang asem.Tapi aku bikinnya pake sistem cemplung2, alias bumbunya gak ditumis, cuma diiris2 trus di cemplungin. Biasanya pake daging iga, wedeww...syeeegerr bangettt...Hampir 2 minggu sekali pasti bikin.

Keluarga Cinta said...

@Tuty : Ase Daging kali ya? hihih...aku belum pernah buat kalo Ase Daging

@Tuti : Iya bener, walaupun sudah nginep masih tetep enak ya :)

@Kris : Hooh, mirip dengan Garang Asem, cuma kalau Garang Asem itu resep aslinya bawang, brambang dan cabenya di garang, alias dibakar trus dicemplungin. Sueger memang :)

thank you, Ladies,