Friday, 28 August 2009

Es blewah wangi a la Keluarga Cinta



Di bulan puasa, jatuh di bulan apapun, buah blewah (dalam bahasa Jawa disebut Garbis) selalu banyak dijual orang. Dari yang kecil sampai yang seukuran bola basket, bahkan kadang ada yang lebih besar lagi. Dari yang jenis biasa sampai yang jenis 'kretek', semuanya ada. Blewah kretek (dibaca seperti rokok kretek) lebih renyah dagingnya dan harganya biasanya sedikit lebih mahal. Memiliki garis retak retak dikulitnya.

Keluargaku punya cara tersendiri untuk membuat es blewah yang wangi. Kalau biasanya orang hanya menambahkan air, syrup atau gula cair kedalam blewah, aku menggunakan gula pasir yang langsung dicampurkan kedalam blewah yang sudah dikeruk, tidak perlu dicairkan dulu. Aduk aduk, lalu diamkan sebentar maka gula akan meleleh sendiri dan akan mengeluarkan sedikit air. Bijinya jangan dibuang.



Berikutnya aku merebus sedikit air sampai mendidih, lalu biji blewah beserta sulur sulur yang di dalam buah aku rendam dengan air tersebut. Setelah dingin, remas remas dan saring. Campurkan airnya kedalam blewah yang tadi sudah dicampur gula. Diamkan sebentar agar meresap lalu tambahkan air es dan es batu (atau simpan di dalam kulkas). Es blewah akan jadi lebih manis dan aromanya lebih wangi.. kuahnya pun jadi sedikit lebih kental sarat dengan sari blewah.

Cobain ya.. :)

5 comments:

jengipee said...

hiks, mbakyuu aku kangen sama es blewah ini, meski yg simple. dulu pas masih di madiun, everyday i love you deh minum es ini. di jogja susah cari yang jualan es blewah. recipe-mu perlu dicoba nih.

Keluarga Cinta said...

Jangan beli jadi...seringnya gulanya bukan gula murni...bikin dewe wae, gampang, cepet, sehat dan sing penting bersih.. :)

saliha said...

hmmm enak banget nih rasanya es blewah wangi...maaf ya mbk aku nyoba eh ngintip resepnya... suami dan putriku seneng banget..yummy...

Keluarga Cinta said...

Bundanya Saliha, monggo, silakan dicoba untuk berbuka puasa nanti sore, pasti seger tenan.... Salam buat Saliha yang lucu :)

*hanna*

ika kurnia said...

mba hanna mau cobain ah es blewahnya....:)ditambah jeruk lemon kayaknya ok bgt ya..:)makasih sharing resepnya mba