Thursday 23 September 2010

Yang tersisa dari jalan jalan ke Jogja dan Semarang

Ini cerita yang tercecer dari perjalanan liburan kami ke Jogja dan Semarang kapan hari :)

Trip kali ini kami tidak banyak mengunjungi tempat makan yang istimewa, karena waktunya terbatas banget dan kami mempertimbangkan menu makanan Cinta yang masih belum suka makanan aneh aneh, kecuali McD, AW, dan masakan rumahan :) 

Yuk, mulai dari Jogja dulu.

Ini adalah Gudeg Permata, gudeg yang menurutku enak banget. Bukanya malam hari saja. Di emperan toko yang sudah tutup gitu. Trus yang makan juga banyak, tapi kali ini kami nggak perlu ngantri terlalu lama.






Karena Cinta sudah ngantuk dan tidur di mobil, kami beli gudegnya dibungkus aja trus dimakannya di hotel :)


Harganya nggak mahal, untuk seporsi nasi gudeg komplit (nasi dengan ayam 1 potong, telur 1 butir, sambel goreng krecek, tahu tempe bacem, dan lain lain hanya sekitar RP 18,000). Yang kami suka, gudegnya nggak terlalu manis.

Kami kenal gudeg ini waktu dulu rutin katekisasi di gereja Ngupasan Jogja menjelang pernikahan. Yang mengenalkan Wisnu,sahabat suamiku yang sering ke Jogja. Tapi karena sudah lama nggak ke Jogja, kami lupa tempatnya. Yang diingat suamiku hanya di dekat Malioboro. Jadilah malam itu kami muter muter ke daerah sekitar kantor pos besar, tapi nggak ketemu juga. Karena itu malam terakhir kami di Jogja dan besoknya sudah ke Semarang, mau nggak mau kudu ketemu, akhirnya suamiku nekad telpon Wisnu di Jakarta yang pasti sudah tidur malam itu :). Akhirnya ketemu juga....seneng bangetttt...

Nah, seingat kami pula, waktu itu porsinya kecil. Kami dulu makan di tempat, pakai piring gitu. Suamiku waktu itu sampai nambah. Kami pikir porsinya kali ini juga masih kecil. Pesanlah kami seorang 2 bungkus. Eh, ternyata setelah dibuka, banyaaaaaaaaaak banget..hiks...dengan berat hati akhirnya ada yang terbuang sia sia. **Maafkan kami yang menyia nyiakan berkat dariMu Tuhan**

Yang berikutnya adalah empek empek bu Kamto. Konon katanya ini empek empek paling enak di Jogja :). Aku belinya yang di daerah Malioboro, pake naik becak, soalnya suamiku mau langsung ke Taman Pintar dengan Cinta. Sementara aku masih perlu mampir Periplus dulu mau ngurus buku yang salah diskon.


Memang aku niat beli empek empek bu Kamto ini buat oleh oleh Mamie dan keluarga cicikku, Eny yang suka sama empek empek dan nggak mau dioleh olehin gudeg, soalnya habis dapat oleh oleh dari mertuanya :)



Kalau rasanya, memang enak sih, deserve dengan harganya yang nggak murah. Tapi agak agak terlalu amis, mungkin karena pakainya ikan asli, nggak banyak campuran tepungnya ya.... Aku hanya suka lenjernya. Sedang Mamie, Eny dan Michael suka kapal selamnya.

Trus, ini yang sebenarnya bukan menu khas Jawa Tengah....yaitu sate ayam. Waktu habis dari Taman Pintar, kami terjebak macet karena ada karnaval 17 Agustusan. Nggak tahan mencium baunya yang sedep banget, dan aku lihat kok daging ayamnya bersih...aku cobain pesen. Satenya kecil kecil, tapi rasanya lumayan. Trus iseng iseng aku ngobrol sama si mbok yang jualan...eh, ternyata dia jawab dengan logat yang sangat familiar buat aku....ternyata dia orang Madura yang mengadu nasib jualan sate Madura di Jogja :D







Sorenya kami jalan ke Semarang. Sampai Semarang sudah malem banget tapi perut laper. Nyari nyari mie Jowo, akhirnya dapat di Stadion, deket gereja Pringgading. Tapi lupa motret mienya. Yang pasti mienya jauh lebih enak dari mie Jowonya pak Pele. Mienya pakai kekian abal abal, yang menurutku khas :)


brandingnya Yamaha Mataram Sakti...hihih....tokonya sapa tuuuuhh....kayaknya kenal nih...


Nah, besoknya setelah di Semarang, kami sempatin makan tahu Pong jalan Gajah Mada. Ini menu wajib kalo aku pulang ke Semarang :). Isinya bisa customized, pilihannya tahu Pong (dipotong kotak kotak), gimbal udang, telur rebus digoreng dan tahu emplek (tahu digoreng utuh trus dipotong potong). Harga per porsi antara Rp 15,000 - Rp 20,000. Biasanya pakai acar lobak, tapi kali ini mungkin habis, jadi hanya pakai acar timun biasa.




Nah, karena di sebelah tahu Pong ini ada orang jualan mie Titee cabang Grajen, aku pesen juga. Tapi aku pesennya bihun Titee. Rasanya? Menurutku enak banget....soale aku seneng...hehehe.. Cuma beda dengan jaman aku masih tinggal di Semarang dulu, sekarang titeenya (kaki babi) dipotong kecil kecil.



Yang terakhir adalah sate kambing (seberang) gereja Blenduk.


Gereja Blenduk yang legendaris..

 
Nama warungnya adalah Sate Kambing 29. Tempatnya sudah kuno banget, sejak aku kecil sudah ada. Dagingnya empuk banget... 1 porsi berisi 5 tusuk, sudah cukup buat sekali makan :)





Bumbunya hanya kecap manis dan merica, sehingga rasa satenya nggak terkontaminasi dengan rasa kacang. Kalau di Surabaya, rata rata sate kambing pake bumbu kacang,kecuali kita request sebelumnya.



Trus karena pengen kuah, aku pesan gule...ternyata gulenya kurang OK..terlalu encer..



Sayang waktu kami di Semarang nggak lama, jadi nggak sempat melepas rindu dengan makanan lain, seperti soto pak Keri, soto Bangkong, sate pak Kempleng, pecel yang setiap hari lewat depan rumah Mamie, Swike, sup  hisit dan bakcangnya pasar gang Baru...aaahhh...pokoknya banyak yang masih belum kebeli. Mungkin Desember kalau libur panjang kami bisa pulang ke Semarang lagi *keep my fingers crossed*.

1 comment:

Bisnis Tiket Pesawat said...

wah lihat gambar makanannya kok malah jadi laper yah,
he2.
tapi emang sih tuh makanan khas, jadi keihatan enak