Tuesday, 25 January 2011

Golden Chicken Wings a la Keluarga Cinta

Golden Chicken Wings

Ini entryku untuk event "Ojok Ndredek Masak, Sing Penting Enak". Hehehe...event apakah ini? Ini event just for fun alias seru seruan yang diadakan oleh milis NCC Surabaya.

Berangkat dari omong omong di milis bahwa kebanyakan bakul kue lebih banyak menghabiskan waktu untuk bikin kue dan kurang menaruh perhatian pada masak memasak untuk keluarga, milis yang setiap hari Jumat boleh bebas ngomong pakai bahasa daerah apapun akhirnya sepakat untuk ngadain event ini. Thema ONMSPE yang pertama adalah "ayam".

Boleh masak apa saja yang penting berbahan dasar ayam. Trus syaratnya juga, untuk ukuran bumbu nggak boleh bilang "secukupnya" atau "sesuai selera, kudu presisi...huikkk...ïni yang berat. Soalnya aku kalo masak bener bener nggak pake ngukur berapa berapanya. Ukurannya lidah :)

Tapi, karena syaratnya begitu, tadi pagi waktu masak, aku sampai berbekal selembar kertas dan pensil di dapur, biar bisa nyatet ukurannya.. :D

Judul masakan ini adalah Golden Chicken Wings, yang merupakan salah satu dari sedikit masakan kesukaan Cinta. Yang aku pakai adalah sayap ayam, karena Cinta seneng ayam yang dagingnya lembut dan banyak kulitnya. Kadang aku pakai kepala ayam dan kaki ayam juga, cuma tadi pagi ndak dapet dari tukang ayam.

OK, ini resepnya, ibu ibu...tapi tetep aja kalo ada kekurangan rasa, kudu ditambah sendiri ya...sing penting ojok ndredek masak :)

Golden Chicken Wings

Bahan :

8 potong sayap ayam, bersihkan (kurleb 1/2 kg)
1 bawang bombay ukuran besar, rajang kasar
4 bawang putih, keprak, cincang kasar
sejumput merica dan sejumput pala bubuk (nggak bisa diukur pake sendok makan to? :D)
1 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis
1 sdm saus teriyaki
1 sdm saus raja rasa
1 sdt gula pasir
2 sdm saos tomat
1 1/2 sdt kaldu bubuk
2 gelas air
Sedikit minyak goreng untuk menumis
1 sdm margarine

Cara memasak :

Panaskan minyak dan margarine
Masukkan bawang bombay dan bawang putih, bubuhi merica, masak sampai layu dan wangi
Masukkan ayam, bolak balik sampai berubah warna
Masukkan semua saus dan kecap, tumis sampai bumbu menjadi caramel
Masukkan air, masak sampai mendidih
Tambahkan kaldu bubuk, gula dan pala bubuk
Masak sampai ayam empuk, kuah mengental dan tinggal sedikit
Tambahkan cabe rawit kalau suka.

Rasanya harus gurih, manis dan sedikit asam karena saus tomatnya.
Total biaya, sekitar 15 ribu deh...tergantung harga ayam di sekitar kalian :)

Golden Chicken Wings

Ini logonya...tanda bahwa sudah kirim laporan :D

OjoNdredegMasak2011 -ncc-

2 comments:

Shirley said...

Sekseh sekaliiiiiii. Dijamin banyak yang ngiler dan pengen nyoba. Thanks sharingnya ya Bu ....

Keluarga Cinta said...

You are most welcome, sista ! :D