Wednesday 22 August 2018

Ayam Barbeque

AYAM BBQ ala Lily Chan
=====================
Resep by 'Lily Chan's kitchen
Recooked by Hanna @resepkeluargacinta

Sejak lihat sharing resep Ayam BBQ cik @lilychans.kitchen aku sudah menduga pasti rasanya enak banget dan tambah jatuh cinta karena simple sekali cara masaknya. 

Dan, malam ini aku masak,  hasilnya bener bener memuaskan,  cocok dengan selera keluargaku.  Ayamnya manis,  gurih,  sedikit pedas dan smokey. Kalau di resep,  ayam di marinate minimal 1 jam,  tapi kalau aku tadi marinatenya hampir 12 jam. Pagi di marinate,  masuk kulkas,  malam sepulang kerja baru aku masak. Dan aku memasaknya hanya secukupnya untuk 1 kali makan biar fresh.

Bisa dinikmati dengan sayur dan kentang atau dengan nasi putih saja.

Untuk bumbu bumbunya,  perbandingannya 1:1:1.

Cik Lily, ijin share ya dan terimakasih untuk resepnya yang yummy 😋

Ini resepnya cik Lily,  aku modify hanya di jumlahnya saja. Untuk caranya,  aku copas persis resep Cik Lily.

Bahan :

750gr paha ayam fillet , potong2 sesuai selera. Aku potong agak besar, sekitar 4x4cm.  Kulitnya juga aku masukkan.
6 sdm kecap manis
6 sdm saus tiram
6 sdm saus tomat
saus sambal botolan (kalau mau pedas)
1 sdm gula pasir
sedikit garam kalau mau agak asin,  tapi aku tadi nggak pakai
200 ml air

Cara :
- Campur semua saus dan ayam , aduk rata , diamkan minimal 1 jam dalam lemari es. Keluarkan menjelang dimasak hingga ke suhu ruang.
- Panaskan wajan teflon , masukkan ayam , aduk2 hingga berubah warna lalu masukkan air dan gula, masak hingga air hampir menyusut seperti syrup (kental) , tuang saus yang seperti syrup tadi ke dalam mangkuk kecil. Lalu lanjutkan memasak ayam hingga timbul tanda bakaran. Matikan api lalu siram sisa saus yang tadi disisihkan. Sajikan.

#recook
#resepkeluargacinta
#chickenbarbeque

No comments: