Wednesday 22 August 2018

Menghilangkan Rasa Pahit Pare

*Menghilangkan Pahit Pare*

Ada orang yang suka pare dan kuat menikmati rasa pahitnya.  Ada orang yang suka pare tapi hanya mau rasa pahitnya tipis tipis saja. Ada juga yang suka pare kalau nggak ada rasa pahitnya sama sekali. Semuanya normal normal saja.

Aku termasuk golongan ke 2, suka pare dengan kadar kepahitan yang rendah..😊

Idealnya memilih pare adalah yang muda, warna hijau cerah (bukan hijau tua banget) , dan yang benjolan kulitnya besar besar. Kalau tidak ada pilihan, ada tips menghilangkan, atau at least, mengurangi rasa pahit pare. Yaitu,  setelah pare dibuang bagian tengah yang seperti kapas, aku biasanya pakai sendok yang ujungnya tipis,  dirajang,  lalu diremas remas dengan garam dan gula pasir. Iya,  gula pasir !  Remas remas sampai keluar airnya banyak,  lalu bilas sampai bersih dan peras sisa airnya, lalu masak sesuai selera.  Takarannya,  untuk 3 pare ukuran agak besar,  dibutuhkan 1 sdm garam dan 2-3 sdm gula pasir kasar.

Dan aku paling suka makan pare dengan bumbu minimalis.  Hanya bawang putih cincang dan merica ditumis,  lalu masukkan parenya.  Beri sedikit air dan kaldu bubuk, lalu masak sampai air habis. Jangan lama lama biar pare tetap crunchy. Udah gitu aja...

#resepkeluargacinta
#menghilangkanpahitpare
#pare

No comments: