Wednesday 22 August 2018

Soto Ayam Bening

Soto Ayam Bening

Ini menu masakanku kemarin. Soto ayam yang sederhana banget bumbunya, tapi gurih dan enak. Awalnya aku kuatir suami dan anakku nggak mau, karena mereka terbiasa dengan soto a la Surabaya atau Lamongan yang banyak bumbunya. Tapi ternyata suka malah bilang enak dan segar.

Resepnya hasil ngintip IG mbak @bunda_didi dan aku hanya sesuaikan jumlahnya saja.

Soto Ayam Bening
Resep : Diah Didi
Recook : Hanna @keluargacinta

Bahan :

Aku : +/- 750 gram ayam
800 ml kaldu ayam bening dari 1 ekor ayam pejantan.  (aku pakai kaldu ayam bubuk)
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk (aku 1 sdm kaldu bubuk)
garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan kecap manis (aku nggak pakai)

Bumbu halus :
3 butir bawang merah (aku 6)
2 siung bawang putih (aku 4)
1/4 sendok teh merica butiran (aku 1/2)
2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.

Cara membuat :

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Susun bahan2 pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto.

Aku : tumis bumbu halus, daun jeruk,daun sereh, lengkuas, kunyit hingga harum, masukkan ayam, aduk sebentar. Tambahkan air +/- 3 liter, kaldu bubuk dan garam, rebus sampai empuk dan meresap. Angkat ayam, lalu goreng. Kuahnya diberi potongan daun bawang. Sajikan dengan soun,rebusan taoge, cabe rawit, seledri, jeruk nipis dan bawang goreng.

#sotoayambening
#resepkeluargacinta

No comments: