Thursday, 22 November 2012

Kaki Ayam masak Taosi a la Keluarga Cinta

Dimsum Kaki Ayam Masak Taosi



Kami, aku dan suamiku adalah penggemar berat Kaki Ayam Masak Taosi.

Setiap kali makan Dim Sum selalu cari menu ini. Dulu di Sinar Jemur Sari (Jemur Sari Plaza) ada outletnya Garden Dimsum....sering kami makan di situ dan membeli menu ini. Enak sih, sayang harganya agak terlalu mahal kalau menurutku. Karena 1 porsi sekitar Rp 10,000 hanya berisi 3 atau 4 potong kaki ayam yang ukurannya tidak terlalu gemuk. Sedangkan kami bisa makan 5 porsi sekaligus, itu juga sebenarnya masih belum puas...**kalau pelitku lagi kumat, rasanya nggak iklas banget goban hanya buat Kaki Ayam...hehehe**

Beberapa waktu yang lalu, Sinar tutup, otomatis makin sulit kami beli Kaki Ayam, kecuali kalau mau ke kota. Ada sih yang jual dimsum di pinggir jalan dekat rumah kami, tapi aku nggak cocok dengan rasa Kaki Ayamnya.

Seorang teman kami dulu ada yang kerja di hotel bintang 5 di Surabaya yang Dimsum Kaki Ayamnya top banget....Temanku ini, sering mengirimi kami10 porsi Kaki Ayam for free. Dan waktu itu (untungnya) aku pernah meminta resep Kaki Ayam dari Chinese Chefnya. Dapet sih, tapi ukurannya dan beberapa bahannya agak kurang jelas. Sekarang si teman sudah pindah kerja jadi tidak pernah kirim Kaki Ayam lagi :D


01kakiayam


Beberapa waktu yang lalu, saking kepinginnya, akhirnya aku memutuskan masak sendiri. Dengan berbekal resep yang dari temanku dan dari beberapa buku Dimsum yang aku miliki. Bahannya cari yang gampang gampang aja, yang ribet aku skip. Dan hasil modifikasi berbagai resep jadilah resep ini :


Bahan :

750 gr kaki ayam, pilih yang besar besar, cuci bersih, kukus 45 menit

Panas2 goreng dg minyak banyak, tiriskan
5 bawang merah cincang
5 bawang putih cincang
1/2 jempol jahe memarkan
4 biji pekak
2 sdt pewarna orange (nggak pakai juga nggak papa)
Cabe merah iris miring tipis
1 kaleng kedele hitam tiriskan
Maizena+air untuk mengentalkan

Campur dlm mangkok :

2 sdm saos hoisin
1 sdm soy sauce
3-4 sdm saus tiram
2 sdm minyak wijen
1/2 sdm vetsin
Merica hitam
3 sdm gula
2 sdm saus cabe

Cara memasak :

Tumis bawang merah+putih+jahe sampai harum
Masukkan bumbu yg sdh dicampur dalam mangkok, tambahkan air, pekak,kedele hitam,pewarna, biarkan mendidih
Masukkan kaki ayam,masak sampai meresap
Kentalkan dg maizena
Panaskan dg dikukus
Sajikan dengan saus sambal dan mantau hangat (kalau punyaaaaa.... :D) 

Ada beberapa resep yang menganjurkan memakai panci presto, tapi kemarin waktu aku buat nggak pakai di presto sudah empuk kok.

Yang masih perlu aku cari tipsnya adalah bagaimana membuat si kulit Kaki Ayam ini bisa keriting keriting gitu... Ntar kalau sudah nemu caranya aku share yah :)

Soal rasa, menurut suamiku sih enak banget,...tapi biar fair, silakan dicoba aja sendiri  :)



Dimsum Kaki Ayam Masak Taosi

2 comments:

Ellen said...

Hai..mbakk.. Saya jg doyan ceker taosi tp blm nemu resep yg rasanya spt resto dimsum bintang 5 hehehe, mau nyoba resep ini kyknya enakk. Mau bagi tips supaya kulit ceker bisa kriting. Biasanya ak g pernah kukus dulu, lgsg goreng trus siapin 1 baskom air es ( kalo perlu sak es'nya skalian ), begitu cekernya kering coklat2, angkat cemplungin k air es langsungg.. Direndem sampe mekar kriting kulitnya, kadang tak massukin kulkas semaleman. Smoga berguna ya tips'ku ;)

Keluarga Cinta said...

Mbak Ellen,

terimakasih tipsnya ya :)

Semoga resepku cocok :)