Friday, 16 January 2009

SOSIS BABI

Favorite keluarga Oei May Pong, sampai ke cucu cucu....sayangnya sampai sekarang anak anaknya belum ada yang bisa masak se-enak mak Kiem ! Tangan ternyata berpengaruh, ya Ren...:(



9 ons babi kasim
1 pala diparut
8 bh bawang gelondong digoreng
2 siung bawang mentah diparut
100 gr brambang goreng
1 kaleng hamworst merk 'magling' atau 'maling'
3 sdt merica
14 sdt gula pasir
12 sdt vetsin
1 sdm saus inggris
kecap manis

2 ½ m usus babi bisa dibuat menjadi 20 buah sosis besar/kecil

Cara:
Semua bahan diuleni.
Siapkan usus, rendam dengan air, cuci sampai bersih dan dibalik.
Isikan campuran daging kedalam usus, ikat dengan benang kasur setiap 15cm.
setelah selesai, coblos ronga ronga dengan jarum supaya tidak pecah waktu dimasak.

Untuk kuahnya :
bawang putih digecek, digongso diberi kecap asin, air dan kecap manis.
Setelah rasanya pas, masukkan sosis, masak sampai matang.
Bisa ditambah telur rebus.

6 comments:

Evi said...

halo mbak Hanny, salam kenal ya.. mampir nih lihat resep sosis babinya. bedanya hamenworst maling sama maling hamworst apa ya? kalau nggak ada bisa di ganti apa? di sini adanya brawurst yg di botol gitu. Sori ya..banyak nanya. Kangen sama masakan ini soalnya. Makasih ya..:)

Keluarga Cinta said...

Sama..hamenworst itu cara Mamieku tulis..hihih...pilih gampangnya aja. Sedangkan Maling itu kayaknya brandnya. Kalau nggak ada, nggak dipakai juga nggak papa kok. Aku nggak tau brawurst itu seperti apa. Kalau bentuk dan rasanya kayak si hamworst ya bisa aja. Thanks for visiting ya...

Love, hanna

Pamela Ariani said...

Ce Hanna, berarti hamworst maling nya itu pake 1,5 kaleng apa 1kaleng? Soalnya di resep kok tertulis 1/2 kaleng, terus bawahnya ada lagi 1 kaleng..hehe..terus itu di ancurin ya?

Keluarga Cinta said...

Pamela : double ngetiknya..heheh..yang benar 1 (satu) kaleng (ditulisnya kg). Aku revisi ketikannya ya..

Anonymous said...

mba... mau tanya bawang gelondong yang digoreng sama bawang yang diparut itu,bawang merah atau bawang putih? txs

Keluarga Cinta said...

Bawang putih :). Kalau bawang merah disebutnya brambang