Friday 13 March 2009

Quiche Lorraine dan Pudding Tape Ketan Hijau pesanan Yuni




Belasan tahun yang lalu, ada sebuah tempat di Tunjungan Plaza (TP) yang menjual aneka quiche yang enaaaaaaaaaaak banget. Kulit pienya fragile, fillingnya creamy dan lezat. Yang aku ingat adalah yang mengandung bayam dan smoke beef. Waktu itu aku walau sering makan (kalau lagi jalan sama Etty temenku jalan at that time) tapi nggak pernah kepikiran untuk nyari resepnya dan buat sendiri, maklum masih anak kost.

Nah, waktu join NCC, aku sempat browse resep resepnya dan nemu resep quiche lorraine. Masih nggak PD untuk mbuat, takutnya nggak ada orang rumah yang suka (seperti waktu bikin cheese cake kapan hari), jadi resepnya hanya di print dan di file aja.

Akhir akhir ini, karena sering bikin fruit pie, aku kepikiran kenapa nggak nyoba bikin quiche, kan pasti cara buatnya nggak jauh jauh beda. Tinggal skip gulanya aja. Tapi masih belum bisa membayangkan bagaimana membuat fillingnya. Aku pernah beli buku Quiche dan Pie, trus browsing juga resep2 quiche, tapi kok nggak ada yang sama..sempat bingung juga mana yang benar. Kalau Pok sih menasehatkan, kalau bingung bikin aja resep sendiri, nyoba nyoba sendiri maksudnya.

Kesempatan baru datang waktu kemarin Yuni temen sekantor, pesen snack asin dan manis untuk meetingnya hari ini. Aku tawarinlah Quiche Lorraine. Dia tanya enak gak…aku bilang jujur, aku gak tau karena baru pertama kali buat dan niatnya juga sambil pengen belajar…eh, dia took the risk. OK, katanya.

Ya wis, akhirnya setelah tanya tanya sama bu Fatmah, semalam aku bikin kulitnya dan tadi pagi bikin fillingnya. Pesan bu Fatmah, bayamnya nggak boleh diganti. Oh, OK....tapi tadi bayamnya aku rebus dulu sebentar trus diperas dan dicincang kasar, ditaruh didasar pie.







Begitu keluar dari oven langsung aku dan Pok nyobain. Ternyata…enak banget saudara !!. Malah Pok sempat makan 2 sekaligus….dan sambil mengangguk angguk nikmat, dia bilang enak…aduh…leganya. Sampai di kantor, Ningyum, mbak Dayak (yang aku kasih tester), Yuni,dan Ar juga bilang enak banget. Bahkan Mr. Phang yang sempat aku bawain 2 pieces langsung dimakan dan bilang ‘Damn good. Very very good….!!’ Berarti enaknya universal beneran nih, soalnya beliau selalu jujur soal taste. .

Nah, untuk resepnya aku share disini :

Quiche Lorraine
:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:


350 gr tepung terigu protein sedang - Segitiga
200 gr mentega
3 btr kuning telur
100 ml air es


Bahan isi:

450 gr jamur kaleng
100 gr bayam
100 gr bawang bombay
125 gr keju parut 250 gr sosis, iris tipis


Bahan saus:
1 ltr susu
10 btr kuning telur
1 sdt garam
¼ sdt lada halus
¼ sdt pala bubuk

Cara membuatnya:


Aduk tepung terigu, telur dan mentega hingga berbutir-butir, tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni, bulatkan. Gilas, cetak dalam cetakan pie.

Saus : aduk semua bahan menjadi satu.

Isi pie dengan bahan isi yang telah diiris halus. Tuangi saus. Oven hingga matang.

Untuk resep kulit pie, aku njiplak resepnya bu Fatmah plek…Tapi untuk fillingnya aku modif sedikit.


Kulit pie siap diisi

.


adonan filling quiche


Quick melt Kraft


Trus dikasih garnish seiris cabe merah.


sajikan dengan saus sambal



Mantap ! Kapan kapan mau bikin untuk dimakan sendiri yang ukuran cetakan pienya lebih besar, ah...





Pudding tape ketan hijau - pesanan lainnya,
perpaduan manisnya pudding, asemnya tape, gurih santan

Dan peserta meetingnya ternyata juga suka, jadi semua yang disajikan habis disantap, padahal Yuni berharap ada yang nggak suka, jadi ada sisa....heheh...gak papa Yun, next time pesen lagi aja...dan ntar kita coba bikin yang pakai isian smoke beef ya. And thank you for throwing order to Depot Kidung Cinta :D

3 comments:

Anonymous said...

mba,salam kenal ya?
aku jeane,iseng nyari resep pie ketemu bloknya mba,mo tanya donk mba resep pie ini jadi brapa biji ya?makasih ya mba..skalian ijin nyontek ya mba resepnya....makasih!!!

Hanna said...

Hai, Jeane..

Untuk kulit pie, 1 resep jadi 25 biji, pakai cetakan pie yang sedang ya.

Silakan dicontek dan dicoba :)

Thanks for visiting ya.

salam,

Anonymous said...

Mbak Hanna,

Salam kenal, saya Dian dr Gresik. Saya sering banget blog walking ke blog ini, ngiler dengan aneka snack nya. Kali ini boleh dong mbak di share resep puding ketan hijaunya.
Klo bisa send email ya mbak...dian_jepara@yahoo.co.id

TIA,
Dian