Monday 11 May 2009

Bunch of Chocolate for my beloved Chocolate Monsters



Ceritanya Sabtu 9 May 2009 kemarin aku ajak Cinta ke satu TBK yang juga jualan kue. Di sana Cinta pengen beli 1 whole kecil cake yang ada lapisan chocolatenya, mirip mirip black forest gitu. Tapi aku nggak setuju, karena aku lihat ini toko sepi, pasti cake cakenya juga nggak laku laku amat, bisa jadi cakenya sudah lama dan sudah tidak layak makan lagi. Tapi si Genduk Cilik ngotot pengen beli. Sama mbak Sus dikasih tau, mendingan beli black forest di Giant yang sudah ketahuan enaknya. Salahnya mbak Sus ngomongnya di depan si mbak penjaga toko yang langsung nyolot dan melotot, katanya 'Ya pasti enakan cake yang di sini daripada di Giant !!'. Ya ampun....biasa aja po'o kalau bicara...di depan anak kecil, lagi.



Hmmm....ya wis, karena Cinta masih ngotot minta beli akhirnya aku belikan saja 3 cake potongan kecil yang ada lapisan coklat di atasnya,whipped cream dan potongan cherry. Di mobil langsung makan 2 potong. Dan katanya enak. Aku jadi penasaran...aku cuil dikit. Halahhhh..... benar feelingku, cakenya rasanya payah dan kerasa kalau sudah lama, tengik semuanya, ya cakenya, ya coklatnya, ya butter creamnya, cherrynya pun kering. Untungnya hanya beli 3 biji yang kecil.



Sampai rumah, Cinta minta dibikinin sendiri cake coklat, tapi mintanya cake lapis yang di coating coklat. Aku bilang, OK, tapi Minggu aja, soalnya hari ini Mamie cape :)


Minggu pagi sampai sore, hujan deras dan di rumah mati lampu. Nggak bisa ngapa ngapain. Pok yang lagi nggarap kerjaannya pengen nyamil yang manis manis...tapi yang ada hanya buah dan sisa muffin di kulkas. Kasihan..



Agak sorean lampu nyala, aku ditagih lagi janji bikin cake sama si Genduk Cilik. Akhirnya aku buatkan cake dengan resep sponge cakenya bu Fatmah Bahalwan ini tapi aku buat menjadi 3 lapis :



SPONGE CAKE


(resep bu Fatmah Bahalwan)

Bahan:


8 butir Telur
200 gram Gula kastor (aku kurangin jadi 175 gr saja)
225 gram Tepung terigu (aku pakai Segitiga)
1 sdm Emulsifier (aku pakai SP)
100 gram mentega dilelehkan + sejumput garam
2 sdm coklat pasta


Pelapis :




2 sdm Selai apricot
250 gr DCC lelehkan
100 gr DCC serut untuk hiasan

Cara Membuat:

Panaskan oven, alasi loyang dengan kertas roti, olesi margarine dan ditaburi sedikit tepung

Kocok telur & gula sampai naik, masukkan emulsifier, kocok lagi hingga kental
Masukkan terigu, aduk rataTuangkan mentega cair, aduk balik hingga rata.

Bagi menjadi 3 bagian, 1 bagian biarkan kuning, 2 bagian aku beri 2 sdm coklat pasta, aduk rata
Tuang ke dalam loyang.
Oven hingga matang pada suhu 180 °C, +/-45 menit.

Setelah dingin, olesi dengan selai apricot, susun, tuangi dengan lelehan DCC dan hias dengan serutan coklat




keluar dari loyang





hias dengan serutan DCC
Waktu menghias, pura puranya pengen bikin coklat cruel. Tapi ternyata...hasilnya jauhhhhhhh.......heheh...aku tidak telaten sama sekali dan DCCku agak lembek karena waktu habis beli sama si mbak ditaruh di lemari di atas oven. Jadinya asal serut dan diputer puterin seperi bunch of chocolate. Tapi si Genduk Cilik dan Bapaknya seneng tuh. Sengaja aku kasih coklat banyak banyak, karena mereka berdua adalah chocolate mosters :)


No comments: