Wednesday, 20 May 2009

Kursus Cake International NCC Surabaya


NCC Surabaya, mejeng setelah kursus... ada Endang Paloepiningrum, Lia, Nunung, Nila, Fensy, Riza, Rita He, Lily (yang pake kaos biru sebelah kiri gambar)...dan lain lain (maksudnya : yang lain lain ini aku nggak sempat kenalan..hiks..)





Masih dalam rangkaian kunjungan kerja bu Fatmah Bahalwan dan team NCC ke Surabaya, hari Selasa 19 Mei 2009 kemarin aku ikutan kursus Cake International yang diajar oleh beliau di Tbk. Arvian, jalan Margorejo.



Kali ini pesertanya bukan hanya member milis NCC, tapi campur dengan pelanggannya Arvian. Kursus dimulai jam 10 pagi, tapi aku sudah datang jam 9, karena itu aku bisa melihat persiapan persiapan yang dikerjakan bu Fat, Riana, Nadrah dan Ita.



Sambil nunggu waktu mulai, bu Fat membuat coklat pagar. Asyikkk...pelajaran gratis nih.. Ibu pakai piping bag yang ujungnya dikasih lubang kecil, jadi rapi.




Riana membuat choco curl. Semua peserta jadi pengen ikut nyobain..hasilnya ? Nggak semua bagus, banyak yang hancur, tapi lumayan buat nambah ilmu..





choco curl




Nah, materi kursus kali ini adalah :






Black forest cake




Devil's food cake




Sacher torte


Opera cake (yang ini enakkkk banget)





Bu Fat dan Riana mempraktekkan bikin keping coklat bergambar dengan chocolate transfer sheet dan cetakan berbentuk hati. Waktu coklatnya sudah jadi, chocolate transfer sheetnya dibuang, walaupun masih banyak gambar bunganya....aduhhh...sayang banget...coba kalau aku yang bikin di rumah, pasti sisa sisa gambar itu aku pakai lagi, kalau perlu ngolesin coklat lelehnya pakai kuas.....gak mau rugi. Tapi kata Riana : ' sudahhhh...iklaskan saja...' hihihih...








Nah, yang aku paling demen adalah cara Riana memisahkan kuning telor dari putihnya. Ternyata pakai cara dipecahin semua, taruh di mangkok besar trus kuningnya diambilin pakai tangan. Aku sering lihat cara ini kalau lihat acara chef di AFC, aku pikir ini cara sesat, saking si bule pada males repot aja...ternyata kata bu Fat dan Riana, ini cara yang paling praktis. Wah, kalo pakai cara gini pasti tambah seneng si Cinta ntar kalau aku suruh ngobok ngobok baskom ngambilin kuning telur... cuma cuci tangannya kudu 10x sebelum dan sesudahnya ya. Sebelum, biar steril, sesudah biar amisnya hilang lenyap dari tangan.





Kursus selesai jam 15:00 tepat sebelum hujan deras yang mengguyur Surabaya. Seperti biasa para 'banci blanja' nyempatin dulu ngubek ngubek Arvian...termasuk aku :)





Kidung Cintaku waktu jemput...photo dulu sama tante tante guru


Nadrah, Riana & bu Fatmah



7 comments:

Angela Mulianie / Lia said...

wuihh..beritanya dah update di blog eeuyy.. emang mbak Hana bakat jadi reporter..hahahaha

Keluarga Cinta said...

bukan bakat jadi reporter, Lia...tapi saking nganggurnya di kantor nih..boss gak ada, mo pulang siang juga gak mungkin, kan dibayar untuk duduk dikantor sampai minimal jam 17:00..heheh..

jengipee said...

ooo jadi gitu toh kerjaannya kalo di kantor... samaaaaaaaa hehehhe. kerjaan aku rampungin sampe sebelum makan siang. istirahat sampe jam pulang surfing ke mana mana. cake int'l enak enak yo...slupruuut.

Keluarga Cinta said...

hahahah...mudah mudahan boss bossku nggak ada yang iseng browsing internet dan masuk ke blogku ini yo, Jeng..

cake international, iya, bener bener mantap, terutama di opera itu. dan akan lebih OK lagi kalau dikasih rhum..waaaahhhhh...anget tekan dodo rasane..

PennyLane said...

Aaaah, seru yaaaa.....
Miss you, Hana... xoxoxo

Lily said...

wahhh..akhirnya bs liat jg foto bersama setelah kursus.
udh lama aku cb lacak, br hr ini nemu...
aku yg plg kiri, pk kaos biru...Lily... :).
salam kenal ya...

Keluarga Cinta said...

Lily,

Salam kenal juga. Sayang kita nggak sempat ngobrol waktu itu ya. Next time mudah mudahan bisa ketemu kalau ada kursus lagi :)